Comscore Tracker

5 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Cuti Kerja

Kalo cuti emang pada ngapain sih?

Setiap karyawan tentu mempunyai hak untuk cuti dari rutinitas yang melelahkan. Sebagai pekerja, kamu harus memanfaatkan waktu cuti dengan sebaik mungkin. Jika tidak ada jatah cuti, tentu setiap pekerja akan sangat stres dengan segala rutinitas yang dilakukannya setiap hari kerja. Untuk itu cuti menjadi sangat berharga bagi para karyawan.

Adapun cuti tidak melulu dihabiskan dengan pergi travelling atau hang out bersama teman-temanmu. Kamu bisa mengisi waktu cutimu dengan beberapa kegiatan positif. Diantaranya dengan melakukan 5 kegiatan positif berikut ini.

1. Mengistirahatkan tubuh dengan tidur

5 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Cuti KerjaUnsplash.com/Kasper Rasmussen

Rutinitas yang padat membuatmu butuh istirahat maksimal, apalagi jika kamu bekerja sejak pagi dan baru pulang malam hari. Tentu waktu tidurmu akan berkurang. Unttuk itu manfaatkan momen cuti dengan tidur untuk memulihkan kondisi tubuhmu agar kembali fit. Tidurlah dalam beberapa jam, tapi jangan sampai seharian ya. Karena tidur seharian itu tidak baik dan berpengaruh negatif terhadap kebugaran tubuh. Kamu bisa semakin lelah jika tidur berlebihan.

2. Melakukan pijat refleksi

5 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Cuti KerjaUnsplash.com/ Katherine Hanlon

Umumnya hal ini kerap dilakukan kaum hawa, yakni dengan mendatangi tempat pijat refleksi. Tubuh yang lelah akibat bekerja membutuhkan pijatan untuk membuatnya kembali bugar, untuk itu banyak orang terutama karyawan melakukan refleksi tubuh untuk menghilangkan letih pada badan. Pijat dapat memberi dampak positif pada tubuhmu seperti melancaran peredaran darah, mengurangi stres, hingga membantu memperbaiki keseimbangan fungsi pada tubuh. Jadi setelah pijat, kamu bisa lebih bugar dan segar kembali. Mungkin kamu bisa mencoba hal ini saat menghabiskan waktu cutimu.

3. Membaca buku

5 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Cuti KerjaUnsplash.com/ Tamarcus Brown

Waktu cuti bisa kamu manfaatkan juga dengan bersantai sambil membaca buku-buku yang telah kamu beli, atau kamu pinjam dari perpustakaan. Buku adalah jendela untuk melihat dunia. Habiskan stok buku yang belum kamu baca saat sedang memiliki waktu senggang. Kamu bisa mencoba membaca beberapa genre buku menarik seperti sejarah, ensiklopedia, biografi tokoh, buku motivasi, hingga buku fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen.

Selain bermanfaat menambah pengetahuanmu, membaca buku juga memberi dampak seperti memperkaya kosakata, menghilangkan stres, hingga meningkatkan konsentrasimu. Yuk membaca.

Baca Juga: Sayang Jatahmu Gak Diambil, Ini 5 Manfaat Cuti untuk Kualitas Karier

4. Bersih - bersih rumah

5 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Cuti KerjaUnsplash.com/ NeONBRAND

Kegiatan ini sangat bermanfaat dan bisa kamu lakukan saat sedang cuti. Sibuk dengan pekerjaan mungkin membuat kamu tidak punya waktu untuk beres-beres rumah. Untuk itu momen cuti bisa menjadi ajang sapu-sapu bersih lingkungan rumah. Singkirkan debu-debu pada perabotan rumahmu dan lakukanlah hal tersebut dengan hati riang. Dengan begitu waktu cutimu gak terbuang percuma. Saat rumah sudah bersih, kamu akan lega sendiri karena tampilan rumahmu sudah rapi dari sebelumnya.

5. Mengunjungi keluarga atau kerabat

5 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Cuti KerjaUnsplash.com/ David Calderón

Cuti sejatinya adalah  hari yang tepat untuk mengunjungi sanak keluarga terdekat. Padatnya aktivitas membuat waktumu tersita banyak untuk bekerja. Kini, cuti sebagai ruang jeda untukmu menghirup udara dan menghabiskannya bersama orang-orang tercinta. Kamu bisa mengunjungi keluarga atau kerabat di waktu cutimu. Sambung lah tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang mungkin sudah lama tidak kamu kunjungi. Mereka pasti akan senang dengan kehadiranmu.

Jangan lupa untuk membawa buah tangan untuk menyenangkan hati keluarga dan kerabat saat kamu mengunjungi mereka. Kamu bisa membawa beberapa jenis kue, atau buah-buahan favorit keluarga atau kerabat yang kamu datangi. Yakinlah, bertemu sanak keluarga seperti terapi yang membantumu untuk rileks dari penatnya rutinitas kerja.

Demikianlah 5 kegiatan positif yang bisa kamu lakukan saat cuti kerja. Kegiatan positif tentu lebih bermakna bagi hidupmu ketimbang menghabiskannya untuk hal yang sia-sia, seperti menghamburkan uang ke pusat perbelanjaan misalnya. Manfaatkan waktu cutimu sebaik mungkin ya, karena setelah cuti kamu akan kembali dihadapkan pada rutinitas kerja.

Baca Juga: Dear Pekerja, Ini 6 Hak Cuti yang Sudah Sepatutnya Kamu Dapatkan

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You