Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Rajin Memperbarui CV 

Biar orang yang melihatnya tahu perkembanganmu

Curriculum Vitae atau CV menjadi berkas utama yang harus kamu masukkan saat melamar pekerjaan. Ini karena di dalam CV memuat gambaran diri kamu plus skill atau kemampuan yang kamu punya untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan yang sedang mencari karyawan.

Untuk itu, kamu perlu untuk terus memperbarui CV. Jangan sampai CV yang kamu ajukan ke perusahaan terkait sudah tidak relevan lagi dengan kegiatanmu kini.  Berikut ini 5 alasan mengapa kamu perlu rajin memperbarui CV.

1. Agar selalu up to date

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Rajin Memperbarui CV Unsplash.com/Green Chameleon

Mungkin dalam beberapa tahun terakhir saat kamu sedang meniti karier, ada beberapa pencapaian kerja yang telah kamu raih. Misalnya kamu lulus sertifikasi wartawan dari dewan pers jika kamu adalah seorang jurnalis.

Pencapaian tersebut tentu sangat perlu untuk kamu cantumkan dengan memperbarui CV yang kamu punya. Jadi, kamu perlu memasukkan pencapaian tersebut ke dalam dokumen CV yang baru. Dengan kata lain, memperbarui CV sama dengan melakukan upgrading agar CV kamu gak usang alias selalu up to date.

2. Untuk mengevaluasi kembali hal-hal yang telah kamu tulis pada CV

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Rajin Memperbarui CV Unsplash.com/ Bench Accounting

Jika kamu terlewat alias luput memasukkan pencapaian atau prestasi yang pernah kamu peroleh pada daftar riwayat hidup atau CV, maka kamu perlu rajin memperbarui CV kamu. Ingat, jangan sampai hal-hal penting luput dalam pencapaian kariermu selama bekerja. Sebab perusahaan menjadikan CV sebagai bahan evaluasi dalam mencari kandidat yang sesuai kualifikasi.

So, jangan bosan untuk evaluasi ulang CV yang sudah pernah kamu buat ya, mungkin masih ada beberapa hal yang terlupa untuk kamu masukkan ke dalam bagian dari daftar riwayat hidupmu. Selain itu, mengevaluasi CV juga penting sebagai upaya mengukur kemampuan dan capaian yang sudah kamu raih dalam meniti karier selama ini, sehingga kamu bisa menilai kemampuan diri sendiri apakah masih stagnan atau mengalami peningkatan yang baik. 

Baca Juga: Sering Ditolak Lamaran Kerja? Hmm... Mungkin Ini Sebabnya!

3. Agar kamu bisa mendesain ulang CV sehingga terlihat menarik

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Rajin Memperbarui CV Unsplash.com/ Campaign Creators

Di internet, tentu kamu bisa menemukan sejumlah situs online  yang menyediakan layanan template CV dengan berbagai desain yang menarik secara gratis.  Ingat, tampilan CV juga menjadi penilaian bagi perusahaan yang sedang mencari karyawan baru. Jadi, jangan ragu mendesain ulang CV kamu agar tampilannya menarik sehingga kamu tidak perlu lagi memakai CV lama yang tampilannya kurang maksimal.

4. Biar kamu punya dokumen yang siap kirim ketika

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Rajin Memperbarui CV Unsplash.com/ Damian Zaleski

Saat ini, melamar kerja tidak lagi sesulit zaman dahulu di mana hanya menggunakan jasa pos untuk mengirimkan surat atau berkas lamaran kerja ke alamat perusahaan terkait. Kini, melamar kerja bisa dilakukan secara daring menggunakan surat elektronik atau e-mail.

Ketika kamu mendapatkan informasi lowongan kerja yang bersifat urgen atau terbatas dengan syarat harus mengirimkan CV terbaru, maka kamu sudah aman dan siap untuk melamar pekerjaan tersebut. Sebab CV kamu sudah diperbarui sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan yang kamu tuju.

5. Agar CV yang kamu buat gak basi bagi orang lain

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Rajin Memperbarui CV Unsplash.com/Thomas Lefebvre

Ketika kamu melamar pekerjaan, maka jangan sampai mengirimkan dokumen CV yang sudah lama ke perusahaan yang kamu tuju. Sebab bisa kurang relevan lantaran CV lama belum sepenuhnya memuat pencapaian kerja yang telah kamu raih. Maka dari itu, penting sekali memperbarui dokumen tersebut agar CV yang kamu buat terus menyesuaikan dengan kondisi yang kamu alami saat ini.

Jadi, jika banyak pencapaian, prestasi, dan kemampuan baru yang kamu peroleh dalam beberapa tahun terakhir ini, maka jangan lupa untuk mencantumkannya ke dalam CV ya.

Kamu bisa memperbaruinya setiap tahun. Catat selalu prestasi penting yang kamu peroleh sebagai modal untuk melamar pekerjaan di bidang terkait. Jangan malas untuk memperbarui CV agar gambaran tentang dirimu semakin lengkap dan aktual. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin CV Lamaran Kerja Lebih Menarik di Mata HRD

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You