Comscore Tracker

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai Karier

Karier mana yang kira-kira cocok untuk kamu?

Industri video game saat ini sedang berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut maka tentu saja dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. Jika kamu memiliki passion di dunia game, tidak ada salahnya mencoba berkarier di sini. Selain passion kamu juga harus memiliki kemampuan yang bisa kamu dapatkan dari belajar otodidak atau akademis.

Berikut ini pekerjaan yang layak dipertimbangkan untuk kamu yang ingin berkarir di industri video game.

1. Game programmer

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai Kariergameprime.org

Salah satu peran yang paling penting dalam industri game adalah game programmer, tanpa programmer maka sebuah game tidak akan bisa diwujudkan. Jika video game artist telah membuat karakter dan animasinya, maka seorang programmer memastikan bahwa karakter dapat dimainkan dan dapat dikontrol dengan baik. Kamu harus memiliki logika pemrograman yang baik dan kemampuan coding untuk menjadi seorang programmer.

2. Video game artist

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai Karierukrlider.org.ua

Setiap video game membutuhkan seniman berbakat untuk menghidupkan ide-ide desainer dengan menciptakan karakter-karakter yang mendukung sebuah game. Tugas seorang video game artist adalah untuk menghasilkan visual dalam game, baik itu 3D ataupun 2D. Jika kamu memiliki kemampuan menggambar yang baik, kamu bisa memilih pekerjaan ini sebagai karier.

3. Audio engineer

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai KarierPexels/Roman Pohorecki

Seorang audio engineer bertanggung jawab untuk merekam musik, suara efek, dan pengisi suara untuk mendukung sebuah game. Selain itu, kamu harus bisa menciptakan suasana dan pengalaman bermain yang sempurna dalam game melalui musik yang kamu buat.

4. Game designer

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai KarierPexels/Startup Stock Photos

Banyak orang yang beranggapan seorang game designer berhubungan langsung dengan visual atau desain grafis suatu game. Pada kenyataannya profesi ini bertanggung jawab atas alur permainan dan memastikan para pemainnya dapat menikmati game yang dimainkan. Tugas kamu adalah menggambarkan karakter, lingkungan, level permainan, dan visi misi permainan yang akan dibuat. Semuanya digambarkan dalam bentuk ide atau flowchart.

5. Game producer

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai KarierPexels/rawpixel.com

Game Producer bertanggung jawab atas berjalannya sebuah project game. Produser akan menjadi orang yang paling aktif berkomunikasi dengan publisher ataupun perwakilan dari studio luar yang ikut terlibat dalam pengembangan (untuk tim berskala besar). Selain itu kamu akan mempunyai keterlibatan langsung dalam urusan anggaran, manajemen proyek, dan promosi

6. Game tester

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai KarierPexels/Soumil Kumar

Jika kamu senang bermain game, maka game tester menjadi profesi yang sangat menarik untuk kamu. Peran seorang game tester sangatlah penting. Kamu harus memainkan game yang sama setiap hari, mengulanginya terus menerus, dan mencoba melakukan hal-hal aneh yang bisa merusak game untuk mencari celah di game yang sedang dikembangkan.

Kamu juga harus memiliki kemampuan bermain game yang baik, ketelitian yang detail, serta harus mampu menjelaskan masalah yang kamu temukan dengan sangat jelas ke programmer untuk diperbaiki.

7. Game journalist

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai Kariermediabistro.com

Jika kamu tertarik dengan dunia game dan jurnalistik, tidak ada salahnya mengambil profesi yang satu ini. Profesi ini meliputi pembuatan review game, menulis berita tentang video game, melakukan wawancara dengan pelaku-pelaku di industri game, hingga menyajikan konten-konten yang menarik.

8. Game writer

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai KarierPexels/Startup Stock Photos

Game writer harus membuat naskah untuk menguatkan cerita di dalam game. Selain itu kamu juga akan bertanggung jawab untuk membuat semua dokumentasi permainan, seperti instruksi manual dan menu dalam game. Bagi kamu yang hobi menulis tidak ada salahnya untuk mencoba profesi ini.

9. Professional gamer

9 Profesi di Industri Game yang Layak Kamu Pertimbangkan Sebagai Karieriqglobal.intel.com/

Menjadi seorang gamer professional perlu latihan yang rutin dan berat, game yang kamu kuasai pun tidak bisa asal-asalan. Menjadi professional gamer membuat hidup kamu sepenuhnya hanya untuk bermain. Akan ada kepuasan sendiri saat kamu memenangkan sebuah kompetisi game. Professional gamer juga dapat menghasilkan ratusan juta bahkan milayaran rupiah melalui kemenangan turnamen yang disponsori.

Tuh, buat kamu yang suka banget main game, bukan berarti gak ada karier di bidang ini. Jenis karier yang mana nih yang pengen kamu geluti?

ankpristoriko Photo Community Writer ankpristoriko

@ankpristoriko

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You