Comscore Tracker

Sukses Mulai Sekarang, Ini 5 Tips Membangun Karier dari Muda

Jangan tunda suksesmu!

Jika kamu seorang pelajar, maka membangun karier dari muda sangatlah penting untukmu! Mengapa? Karena itu akan membuatmu lebih siap ketika terjun ke dunia kerja. Kamu sudah lebih berpengalaman dan kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai targetmu.

Kamu bisa mulai membangun kariermu dari sekarang lho! Kamu tidak harus menunggu lulus SMA atau kuliah untuk meniti kariermu. Justru, lebih baik jika kamu mulai dari awal karena itu akan memberikanmu banyak sekali keuntungan.

Apakah kamu siap menjadi sukses dari sekarang? Yuk, mari kita lihat lima tips membangun karier dari muda ini!

1. Tentukan pekerjaan yang kamu sukai dan yang mau kamu lakukan dalam jangka panjang

Sukses Mulai Sekarang, Ini 5 Tips Membangun Karier dari MudaPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertama, kamu harus menentukan apa pekerjaan yang mau kamu lakukan. Kamu harus mencari sesuatu yang kamu sukai, dan itu bisa kamu lihat dari hobi dan ketertarikanmu. Carilah sesuatu yang membuatmu semangat agar kamu tidak bosan jika harus mengerjakannya setiap hari!

Kemudian, tentukan jika kamu melihat dirimu melakukan pekerjaan itu di masa depan. Apakah kamu ingin melakukan pekerjaan itu dalam jangka yang panjang? Ataukah itu hanya hobi yang sementara? Yang penting, kamu harus benar-benar fokus dalam pekerjaan yang kamu pilih dan melihat itu sebagai hal yang bisa kamu lakukan seterusnya.

2. Mulailah pelan-pelan dan teruslah belajar

Sukses Mulai Sekarang, Ini 5 Tips Membangun Karier dari MudaPexels.com/Gustavo Fring

Ketika kamu sudah menemukan pekerjaan yang kamu mau, tekuni pekerjaan itu dan teruslah belajar. Dengan memulai dari usia yang muda, kamu punya banyak waktu untuk belajar dan benar-benar mengasah kemampuanmu.

Kamu bisa memulai dengan terus melatih dirimu. Contohnya, jika kamu mau menjadi seorang desainer busana suatu hari, maka kamu bisa mempelajari teknik-teknik menggambar dan melatih kemampuanmu. Kamu bisa mulai mendesain busana-busanamu sendiri dan menyimpannya agar suatu hari kamu bisa mewujudkannya. Kamu juga bisa mencoba menjahit busana yang kamu gambar dan terus mengembangkan dirimu.

Dengan melakukan itu, kamu sudah mulai membangun kariermu, jadi teruslah belajar dan berkembang.

Baca Juga: Dari Karier Sampai Jodoh, ini Dilema yang Kamu Rasa saat Masuk Usia 26

3. Carilah kesempatan dan bangunlah koneksi sebanyak mungkin

Sukses Mulai Sekarang, Ini 5 Tips Membangun Karier dari MudaPexels.com/fauxels

Mulailah mencari kesempatan dari sekarang dan bangun koneksi dengan orang lain. Kamu bisa melakukan itu dengan cara memanfaatkan media sosialmu, mencari kesempatan bekerja, atau mengikuti berbagai macam lomba.

Kamu bisa mulai mengunggah karyamu atau pekerjaanmu (seperti gambaranmu, masakanmu) di media sosial dan memasarkannya. Walaupun itu terlihat seperti langkah yang kecil, suatu hari itu bisa menjadi hal yang besar jika kamu terus menekuninya! Kemudian, kamu bisa mencari kesempatan bekerja yang tersedia untuk pelajar.

Kamu bisa mulai magang di perusahaan yang kamu sukai dan membangun portfolio-mu. Kamu juga bisa mengikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati agar orang-orang lebih mengenalmu. Itu akan membuat orang lain tahu tentang keterampilanmu, dan siapa tahu suatu hari mereka mau bekerja sama denganmu!

Kamu juga harus mulai membangun koneksi dari sekarang. Kenalkan dirimu ke komunitas orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu. Mungkin suatu hari, kamu dapat bekerja sama atau mendapatkan kesempatan bekerja dari mereka!

4. Jangan takut memulai karena kamu takut gagal, kegagalan adalah proses yang normal

Sukses Mulai Sekarang, Ini 5 Tips Membangun Karier dari MudaPexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan takut memulai karena kamu takut gagal. Kegagalan adalah proses normal yang akan kita lalui suatu hari, jadi jangan membiarkan itu menjadi hambatan bagimu.

Sama halnya ketika kamu mengikuti sebuah lomba. Selalu ada kemungkinan bahwa kamu akan menang atau kalah. Tapi, jika kamu tidak mengikuti lomba itu sama sekali, maka kamu tidak mungkin menang. Justru dengan mengikutinya, kamu memiliki kesempatan menang walaupun ada kesempatan kalah juga, dan itu tidak apa-apa.

Jadi, jangan takut mulai hanya karena kamu takut gagal. Kegagalan adalah proses yang dapat membantu kita mencapai kesuksesan, jadi jalani saja proses itu.

5. Terus fokus dan jangan menyerah, memulai sesuatu memang susah, tapi kamu bisa melakukannya!

Sukses Mulai Sekarang, Ini 5 Tips Membangun Karier dari MudaPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kamu pertama mulai meniti kariermu, tentunya pasti ada tantangan-tantangan yang harus kamu lalui. Mungkin, kamu akan berpikir kalau ini tidak membuahkan hasil. Atau, mungkin kamu merasa bahwa kemampuanmu kurang baik dibandingkan dengan orang-orang lain. 

Apapun itu, teruslah fokus dan jangan menyerah. Jika kamu merasa bahwa kamu ingin berhenti, jangan. Lawanlah itu dan pertahankan semangatmu. Memulai sesuatu memang tidak mudah, tetapi yang penting kamu sudah mau mulai dari sekarang dan kamu harus terus mempertahankan usahamu.

Itulah lima tips membangun karier dari muda yang bisa kamu lakukan dari sekarang. Ingat ya, tidak ada salahnya untuk mulai dari awal. Jadi, jangan takut untuk memulai dan jangan tunda suksesmu!

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menjadi Wanita Karier yang Sukses!

Angie Hosea Photo Verified Writer Angie Hosea

Hi, I'm Angie! I'm a passionate writer who is currently living in Surabaya, Indonesia. For any inquiries, please contact me through⁣ my E-mail: angiehoseaaa@gmail.com⁣ or reach out to me through my Instagram: @angiehosea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya