Comscore Tracker

5 Cara Jitu Cegah Stres Berkepanjangan Akibat Tekanan Pekerjaan

Biar gak stres, kamu wajib coba!

Belakangan istilah burnout syndrome tengah menyeruak di kalangan masyarakat. Burnout syndrome sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah kondisi stres berkepanjangan yang dialami oleh seorang individu baik secara fisik maupun mental akibat pekerjaan.

Burnout syndrome ditandai dengan adanya rasa lelah berkepanjangan, menurunnya kinerja, serta lebih banyak mengasingkan diri. Oleh karenanya, agar kamu terhindar dari bahaya stres berkepanjangan akibat tekanan pekerjaan, ada beberapa cara jitu untuk mencegahnya. Apa sajakah? Simak uraiannya berikut ini.

1. Berolahraga secara teratur

5 Cara Jitu Cegah Stres Berkepanjangan Akibat Tekanan PekerjaanPexels.com/Andrea Piacquadio

Selain dapat memberi manfaat yang baik untuk kesehatan, olahraga juga dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh. Tubuh pun juga akan lebih segar setelah berolahraga. Sehingga, fokusmu akan teralihkan dan jauh dari rasa stres.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan jogging selama 30 menit. Kamu bisa memilih untuk melakukan olahraga di pagi maupun sore hari. Dua-duanya punya dampak yang sama, utamanya dalam upaya pencegahan stres berkepanjangan akibat tekanan pekerjaan.

2. Rutin mengonsumsi makanan bergizi

5 Cara Jitu Cegah Stres Berkepanjangan Akibat Tekanan PekerjaanPexels.com/Buenosia Carol

Secara tidak langsung makanan yang kamu konsumsi juga akan berpengaruh pada pola pikirmu. Makanan tentu punya peran penting dalam produktivitas dan aktivitasmu selama bekerja. Untuk itu, konsumsilah makanan yang bergizi seperti sayur dan buah.

Dengan begitu, pikiran jadi lebih fresh dan terhindar dari stres berkepanjangan. Sebaiknya juga hindari untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti junk food. Karena, makanan seperti junk food selain tak baik untuk kesehatanmu juga punya efek samping memicu timbulnya stres.

Baca Juga: 5 Tips Biar Kamu Gak Gampang Stres, Langsung dari Psikolog!

3. Membatasi kontak dengan rekan kerja yang toxic

5 Cara Jitu Cegah Stres Berkepanjangan Akibat Tekanan PekerjaanPexels.com/Rodnae Productions

Tak dipungkiri, salah satu faktor penyebab burnout syndrome atau stres berkepanjangan yang kamu alami dikarenakan rekan kerja sendiri. Sering menggunjing, suka mengeluh, membicarakan orang di belakang, drama queen, dan sebagainya disadari atau tidak energi negatif  yang mereka bawa akan terserap olehmu.

Energi negatif inilah yang sedikit banyak mempengaruhi kinerjamu dalam bekerja. Pasti kamu tidak mau, bukan semakin tertekan oleh hal-hal seperti ini. Oleh karenanya, penting bagimu untuk membatasi kontak dengan rekan kerja yang seperti itu.

Kontaklah seperlunya saja dan perbanyaklah bergaul dengan rekan kerja yang membuatmu merasa lebih nyaman saat di dekat mereka.

4. Bersosialiasi dengan teman atau sahabat

5 Cara Jitu Cegah Stres Berkepanjangan Akibat Tekanan PekerjaanPexels.com/Jack Sparrow

Salah satu cara mencegah stres berkepanjangan adalah dengan bersosialiasi dengan teman atau sahabat. Entah bertemu secara langsung, atau sebatas ngobrol via telepon. Kalian bisa saling bertukar pikiran satu sama lain. Kamu juga bisa menceritakan masalah yang kamu hadapi di kantor.

Teman atau sahabat yang baik pasti akan memberikan pandangan mereka terhadap masalahmu.  Dengan bersosialisasi, kamu juga dapat mengurangi sedikit demi sedikit beban yang ada dalam pikiranmu. Sebelum stres yang kamu rasakan semakin parah, mulai untuk bersosialisasi lagi dengan temanmu, yuk.

5. Lakukan relaksasi

5 Cara Jitu Cegah Stres Berkepanjangan Akibat Tekanan PekerjaanPexels.com/Andrea Piacquadio

Ada berbagai macam relaksasi yang bisa kamu lakukan diantaranya pergi spa, melakukan body care di rumah, meditasi, tidur, menyalakan aromaterapi dan sebagainya. Beberapa kegiatan ini dipercaya dapat mencegah serta menghilangkan stres atau efek burnout syndrome yang kamu alami, lho.

Kamu bisa mencoba melakukan hal tersebut di akhir pekan atau di akhir hari sepulangnya kamu dari bekerja. Dijamin tubuh dan pikiran semakin rileks, deh. Stres pun juga enggan untuk menghampiri. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba?

 

Itulah beberapa tips mencegah stres berkepanjangan akibat tekanan pekerjaan atau burnout syndrome yang bisa kamu lakukan. Jangan sampai kinerjamu terganggu karena hal ini, atau justru sampai depresi. Mengambil cuti sejenak juga tidak ada salahnya untuk memulihkan dirimu lagi, kok. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: Gak Perlu Keluar Banyak Uang, 5 Tips Mengatasi Stres secara Natural

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya