Comscore Tracker

5 Ciri Sederhana yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Kerja Kantoran

Kira-kira, kamu cocoknya kerja apa ya?

Untuk memenuhi kebutan hidup sehari-hari seorang manusia pasti akan mengupayakan sebuah kegiatan untuk mendapatkan uang atau biasa kita kenal dengan bekerja. Di dunia ini ada banyak sekali jenis-jenis pekerjaan. Salah satu yang paling sering ditemui adalah dengan menjadi pegawai sebuah kantor atau perusahaan.

Banyak orang menyebutnya dengan kerja kantoran. Mereka yang bekerja di balik meja dan komputer hampir setiap harinya. Namun, nyatanya gak semua orang cocok kerja kantoran, lho. Seperti misalnya terlihat pada beberapa ciri berikut ini. Kira-kira apa saja, ya ciri yang dimaksud? Cari tahu bersama, yuk!

1. Gak suka diperintah orang lain

5 Ciri Sederhana yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Kerja KantoranIlustrasi seseorang sedang presentasi (Pexels.com/The Coach Space)

Bekerja di kantor itu berarti ada susunan hierarki yang mau gak mau harus kamu hormati. Mulai dari dewan direksi hingga kepala bagian semua tersusun rapi. Itu tandanya di manapun posisi kamu saat ini, kamu harus siap menerima perintah dari atasan kamu.

Bila kamu termasuk tipe orang yang gak suka banget diperintah, mungkin kerja kantoran memang bukan passion kamu, nih. Kamu lebih suka bekerja dengan situasi yang lebih nyaman dengan adanya koordinasi setiap bagian tanpa harus membuatmu tertekan.

2. Bekerja keras dibanding yang lainnya

5 Ciri Sederhana yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Kerja KantoranIlustrasi seorang pria (Pexels.com/cottonbro)

Di saat yang lain bermalas-malasan, kamu selalu menunjukkan sikap yang sebaliknya. Kamu merasa bahwa setiap kali yang kamu lakukan masih terasa kurang. Bahkan kamu gak segan memikirkan apa yang harus kamu lakukan esok hari supaya kinerjamu makin baik.

Namun, sayangnya meski sudah bekerja sekeras itu usaha kamu masih juga gak terlihat di mata atasan. Kalau sudah berat sebelah begini ada baiknya re-evalusi, deh adakah yang salah denganmu, atasanmu atau bahkan mungkin passion kamu memang bukan sebagai seorang pegawai kantoran?

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja Kantoran

3. Selalu punya ide segar dan menarik

5 Ciri Sederhana yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Kerja KantoranIlustrasi rapat (Pexels.com/fauxels)

Pernah gak, sih, saat kamu melemparkan ide segar dan menarik saat rapat, idemu justru malah ditangkis habis-habisan oleh atasan atau bahkan seniormu? Padahal maksudmu juga baik, lho, kamu ingin membuat tempat kamu bekerja semakin maju.

Tapi, kalau ide segar dan menarik kamu terus-terusan gak pernah digunakan, mungkin bisa jadi kamu harus memutuskan untuk keluar dan mencari atau bahkan membuat sendiri perusahaan yang bisa merealisasikan ide-ide tersebut.

4. Gak nyaman jika harus mematuhi aturan

5 Ciri Sederhana yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Kerja KantoranIlustrasi bekerja di kantor (Pexels.com/Yan Krukov)

Sebetulnya bekerja dimanapun pasti punya aturan masing-masing yang harus dipenuhi. Namun, terkadang beberapa perusahaan punya aturan yang membuat seseorang gak nyaman termasuk kamu di antaranya.

Entah mengenai absen, tata berpakaian, dan sebagainya. Kalau kamu merasakan hal yang seperti ini bahkan berkali-kali berganti tempat kerja masih merasakan hal yang sama juga, mungkin memang kamu gak cocok untuk kerja kantoran.

5. Pintar membaca peluang atau situasi

5 Ciri Sederhana yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Kerja KantoranIlustrasi sekelompok orang tengah bekerja (Pexels.com/Canva Studio)

Gak semua orang punya keterampilan dalam bidang yang satu ini, lho. Istilah dari orang yang pintar membaca peluang atau situasi adalah oportunis.

Kalau kamu merasa keterampilanmu ini gak diberi wadah oleh kantor tempat kamu bekerja, atau mungkin beberapa kantor sebelumnya, bisa jadi kamu gak cocok untuk kerja kantoran. Mungkin kamu lebih cocok untuk membuka usaha sendiri atau bekerja di bidang lainnya.

 

Demikian tadi beberapa ciri yang tunjukkan kalau kamu gak cocok kerja kantoran. Apakah ciri di atas ada pada dirimu? Bisa jadi, kamu lebih cocok jadi entrepreneur dibanding kerja kantoran, lho.

Baca Juga: Sering Diabaikan, 10 Risiko Kesehatan yang Mengintai Pekerja Kantoran

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya