Comscore Tracker

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat Kerja

Jangan sampai kita dianggap tak beretika di tempat kerja

Di manapun tempat kerjanya, kita tidak akan terlepas dari yang namanya etika. Mau suasana tempat kerja sesantai apapun tetap ada sederet etika yang wajib kita laksanakan meski tidak tertulis. Tapi, dewasa ini orang sering kali abai dan menganggap sepele etika di tempat kerja.

Lalu apa saja, etika yang sering dianggap sepele dan diabaikan itu? Apakah mungkin kamu pernah melakukan di antaranya? Penasaran, kan? Simak bersama ulasannya di bawah ini.

1. Datang dan pulang tidak tepat waktu

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat KerjaUnsplash.com/Saulo Mohana

Biasakan untuk hadir di kantor 15 menit sebelum jam kerja di mulai. Jika terkendala jarak rumah yang jauh, kamu bisa mengusahakan dengan datang lebih awal. Untuk beberapa alasan tertentu kita terkadang datang dan pulang tidak tepat waktu.

Namun, jika dilakukan setiap hari itu menandakan kamu orangnya tidak disiplin. Patuhilah apa yang sudah menjadi ketentuan di kantormu, jangan malah bertindak seenaknya. Etika seperti ini sering kali dianggap sepele oleh para pekerja, bagaimanapun juga orang akan menilai etikmu tak hanya sebatas kinejamu di kantor.

2. Tidak bisa memisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaan

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat KerjaUnsplash.com/Austin Distel

Meski tidak tertulis dalam kontrak kerja namun, hal yang satu ini perlu kamu bedakan, lho. Jangan pernah untuk membawa urusan pribadi ke tempat kerja begitupula sebaliknya. Apa yang terjadi di rumah biarkan tertinggal di rumah dan apa yang terjadi di tempat kerja biarkan tertinggal di sana.

Hindari juga untuk terlibat konflik dengan sesama rekan kerja karena akan berpengaruh pada kinerja serta profesionalitasmu. Selain itu, jangan pernah sekalipun menceritakan masalah pribadimu dengan rekan kerja selama di kantor, ya. Ceritakan masalahmu pada orang yang benar-benar kamu percaya.

3. Menghubungi di luar jam kerja

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat KerjaUnsplash.com/Christian Wiediger

Masih banyak yang belum paham atau justru malah sering mengabaikan hal yang satu ini. Apabila ingin memberitahukan urusan pekerjaan, diskusi atau lain sebaginya yang berkaitan dengan pekerjaan usahakan untuk menghubungi pada jam kerja.

Hari libur, weekend, tanggal merah merupakan waktu istirahat bagi semua orang. Apalagi sudah menghubungi saat hari libur dilakukan di jam yang tak semestinya pula seperti malam di atas jam 8, dini hari bahkan pagi buta sekalipun.

Bila memang terpaksa dilakukan jangan lupa untuk mengimbuhkan kata seperti ‘mohon maaf menghubungi di waktu seperti ini’, atau bila sifatnya hanya pemberitahuan katakan ‘mohon maaf mengganggu waktu istirahat, pesan ini hanya bersifat pemberitahuan dan tidak harus di balas’ kalimat sekecil itu akan membawa perubahan yang besar, lho.

Karena saat kita menghubungi orang di luar jam pekerjaan dan hanya berisikan inti dari apa yang kita sampaikan akan berdampak pada kondisi mental di penerima. Otak mereka akan diajak untuk terus bekerja tak jarang terserang panic attack karenanya.

Baca Juga: 5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih Tua

4. Sering membicarakan kejelekan orang lain

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat KerjaPexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak semua orang di tempat kerja itu sempurna begitu juga dengan dirimu. Mungkin ada satu dua yang sikap atau sifatnya tak berkenan untukmu. Namun, tidak etis rasanya bila  harus membicarakan kejelekan mereka dengan rekan kerja lainnya.

Bila memang tidak berkenan sebaiknya tegurlah secara personal. Apabila kita terlalu sering membicarakan kejelekan orang lain yang ada hanya akan mengubah kita menjadi pribadi yang toksik. Untuk apa kamu membicarakan kejelekan orang lain padahal kamu sendiri jika dicari kejelekannya juga marah, bukan?

5. Menggunakan toilet terlalu lama

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat KerjaUnsplash.com/Juan Marin

Toilet yang ada di tempat kerja jumlahnya juga pasti terbatas, kan? Saat kamu menggunakan toilet terlalu lama yang ada hanya akan menyusahkan orang lain. Gunakanlah toilet dengan semestinya. Kamu juga pasti tidak suka saat sudah ingin menggunakan toilet tapi semua toilet penuh.

Menahan buang air pasti sangat tidak menyenangkan selain itu juga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Bila ingin merokok, lakukanlah di smoking area yang sudah digunakan jangan sekali-kali menggunakan toilet karena baunya akan tertinggal dan sulit menyebar.

6. Menghormati semua pegawai di kantor

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat KerjaUnsplash.com/Collin Armstrong

Tidak peduli mereka jauh lebih tua atau jauh lebih muda kamu wajib menghormati semua pegawai di kantor. Mulai dari atasan hingga satpam sampai office boy sekalipun. Jangan lupa tersenyum atau menyapa saat bertemu dengan mereka.

Ucapkan terima kasih pula saat kamu diseberangkan oleh satpam. Meski mungkin mereka menyebalkan tetaplah untuk menghormati mereka. Karena bagaimana pun mereka juga termasuk di dalam bagian dari keluarga besar di kantor.

7. Berpakaian rapi

7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat KerjaPexels.com/fauxels

Meski tempat kerjamu membebaskan dalam hal berpakaian tetap kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Bila tempat kerjamu memiliki seragam tertentu yang harus digunakan, patuhilah juga apa yang sudah menjadi ketentuan. Jangan malah berpakaian seenaknya sendiri.

Bahkan, tak jarang sulit membedakan mana busana kerja mana busana untuk ke pesta, ke mall dan sebagainya. Karena disadari atau tidak busana adalah cerminan atas dirimu. Hindari pula menggunakan pakaian yang kekecilan karena selain tidak nyaman dipandang juga terasa tidak nyaman saat kamu gunakan.

 

Demikian tadi sederet etika yang sering dianggap sepele bahkan diabaikan di tempat kerja. Meski tidak tertulis kamu tetap wajib menjunjung tinggi etika, agar kamu menjadi pribadi yang berkualitas serta profesional, ya!

Baca Juga: Hubungan Tetap Baik, Patuhi 5 Etika Ini Saat Mengajukan Resign

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya