Comscore Tracker

5 Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Gagal Saat Wawancara Kerja

Jangan sampai diulangi agar kamu gak gagal wawancara lagi!

Saat akan melamar pekerjaan akan ada sederet proses yang harus kamu lewati. Salah satu di antaranya yang paling ditakuti adalah proses wawancara.

Bagi kamu yang tengah berjuang mencari kerja pasti kamu sering bertanya mengapa kamu kerap gagal saat proses wawancara. Bisa jadi sederet hal sepele berikut yang menjadi penyebabnya.

Lalu, kira-kira apa saja hal-hal sepele yang dimaksud, ya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Terlalu pasif

5 Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Gagal Saat Wawancara KerjaPexels.com/Sora Shimazaki

Saat wawancara kerja usahakan untuk terlihat aktif, salah satunya adalah dengan cara mencoba untuk mengakrabkan diri dengan lawan bicaramu dalam hal ini recruiter atau pihak pewawancara. Mulailah dengan wajah yang tersenyum dan penuh semangat.

Jangan lupa untuk memberi salam atau menjabat tangan orang di hadapanmu. Buatlah suasana menjadi cair dan santai namun tetap serius. Apabila kamu  terlihat pasif dan tak berusaha untuk mengakrabkan diri, bisa jadi mereka langsung tak akan memproses lamaranmu lebih lanjut.

2. Tidak memiliki persiapan yang matang

5 Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Gagal Saat Wawancara KerjaPexels.com/Alex Green

Sebelum melakukan wawancara pekerjaan ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Baik riset terhadap background perusahaan tempat kamu melamar maupun jabatan yang akan kamu tuju.

Apa yang kamu tulis di CV juga jangan lupa kamu persiapkan jawabannya, ya. Umumnya, banyak orang yang kebingungan saat ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri sendiri, lho.

Pelajari dengan baik hal-hal penting seperti itu agar wawancara yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar. Bila kamu datang tanpa persiapan yang matang, sudah bisa disimpulkan apa yang akan terjadi selanjutnya, bukan?

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Wawancara Kerja Online Buat Para Fresh Graduate

3. Jawabanmu terlalu sulit dipahami

5 Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Gagal Saat Wawancara KerjaPexels.com/Tima Miroshnichenko

Terlalu berputar-putar bahkan jawaban yang diutarakan begitu berbelit, membuat siapa saja yang mendengarnya kebingungan. Termasuk pula orang yang tengah mewawancaraimu.

Tak ada salahnya untuk menyiapkan jawaban-jawaban atas beberapa pertanyaan yang menjadi kemungkinan, atau yang biasanya diajukan saat wawancara. Latihlah untuk berbicara di depan kaca seolah kamu sedang menjalani tes wawancara.

Umumnya setiap wawancara pekerjaan memiliki tipe pertanyaan yang hampir sama, kok. Jadi, saat wawancara tiba kamu sudah benar-benar siap dan lugas saat menjawab pertanyaan.

4. Tidak terlihat antusias

5 Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Gagal Saat Wawancara KerjaPexels.com/Christina Morillo

Salah satu penyebab gagalnya wawancara kerja, adalah karena kamu tidak terlihat antusias sama sekali. Ketika ditawari oleh pewawancara adakah yang ingin ditanyakan, tanyalah apapun itu.

Dengan bertanya, secara tidak langsung mengindikasikan bahwa kamu sangat antusias untuk diterima di tempat yang kamu lamar. Setidaknya, persiapkan satu atau dua pertanyaan dan manfaatkanlah momen tersebut dengan baik.

5. Sikap yang kurang sopan

5 Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Gagal Saat Wawancara KerjaPexels.com/Gabby K

Tempatkan dirimu sebagai seseorang yang memang butuh untuk mendapat pekerjaan tersebut. Meski dalam hati kamu merasa pertanyaan yang dilemparkan terlalu berputar-putar, atau kamu sudah malas menanggapi, jangan pernah menunjukkan sikap yang kurang sopan.

Tetap jagalah sopan santun selama wawancara berlangsung. Sikap yang kurang sopan akan membuatmu bisa dipastikan untuk gagal dalam tahap wawancara ini. Jadi, lebih berhati-hati, ya guys.

 

Demikian tadi beberapa hal sepele yang bisa membuatmu gagal dalam wawancara pekerjaan. Persiapkan semuanya dengan matang, semoga ada kabar baik di minggu ini untuk kamu yang tengah berjuang mencari kerja. Semangat!

Baca Juga: 6 Pertanyaan Jebakan HRD saat Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya