Comscore Tracker

5 Sikap yang Menunjukkan Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah 

Sangat berkaitan dengan kepercayaan dirimu

Self esteem secara sederhana dapat dimaknai sebagai harga diri. Harga diri dimana seseorang individu memberikan penilaian secara utuh terhadap dirinya sendiri. Gak semua orang, lho bisa memiliki self esteem yang tinggi. Sebagian lagi selalu merasa rendah diri.

Nah, kalau kamu sendiri kira-kira punya self esteem yang mana, nih? Rendah ataukah tinggi? Jika kamu masih sulit menemukan di titik mana self esteem kamu berada beberapa sikap ini barang kali bisa membantumu untuk menunjukkan apakah kamu punya self esteem yang rendah atau gak?

Waduh, pasti udah makin penasaran, dong? Daripada berlama-lama lebih baik langsung saja simak penjelasannya berikut ini. Check this out!

1. Kerap memandang negatif diri sendiri 

5 Sikap yang Menunjukkan Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah Ilustrasi seorang wanita yang sedang melihat dirinya di dalam cermin (Pexels.com/Johannes Plenio)

Mungkin kamu sering kali gak sadar pandangan negatif yang selama ini kamu rasakan sesungguhnya bukan datang dari penilaian orang lain melainkan, penilaianmu sendiri. Kok bisa?

Kamu pasti suka gak sadar kalau kamu sering meragukan diri sendiri dan selalu berpikir kamu gak akan mampu melewati masalah atau rintangan dalam hidupmu.

Itulah titik dimana kamu kerap memandang negatif diri sendiri. Kalau kamu punya self esteem yang tinggi hal semacam itu gak akan pernah terlintas di benakmu sedikitpun, deh!

2. Sering meminta maaf untuk hal yang gak perlu 

5 Sikap yang Menunjukkan Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah Ilustrasi seorang wanita sedang menutup wajahnya (Pexels.com/Liza Summer)

Saat kamu berbuat salah, kamu memang diwajibkan untuk meminta maaf. Tapi, gimana kalau kamu sering minta maaf bahkan untuk hal-hal yang perlu?

Misalnya di dalam sebuah forum diskusi saat kamu mengutarakan pendapatmu kamu mengawalinya dengan meminta maaf terlebih dahulu. Padahal namanya juga forum diskusi semua pendapat ditampung, gak ada yang benar dan gak ada yang salah. Gak perlu rasanya meminta maaf untuk hal-hal semacam itu.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Self-Esteem Pasanganmu Secara Perlahan

3. Suka sekali mencari validasi dari orang lain 

5 Sikap yang Menunjukkan Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah Ilustrasi pria dan wanita sedang berjabat tangan (Pexels.com/fauxels)

Kamu pasti sering banget, dong mendengar kata ‘validasi’ belakangan ini. Validasi itu apa, sih? Validasi itu pengakuan, guys. Dari sini saja tentu kamu udah lebih dari paham, dong kenapa jika seseorang suka mencari validasi dari orang lain dikatakan punya self esteem yang rendah?

Yup, betul banget dia merasa kurang percaya diri atas apa yang ia miliki atau bahkan ia lakukan. Orang-orang semacam ini baru merasa bangga dan puas apabila sudah mendapat pengakuan dari orang lain. Sebaliknya mereka akan merasa kurang percaya diri bila belum mendapat validasi dari yang lainnya.

4. Gak berani ambil resiko 

5 Sikap yang Menunjukkan Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah Ilustrasi seorang wanita tengah berpikir (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Salah satu perilaku yang menjukkan bahwa kamu punya self esteem yang rendah adalah di momen saat kamu gak berani ambil resiko. Kamu terlalu takut mengambil keputusan. Namanya juga keputusan pasti akan ada sisi baik dan buruk.

Tapi, karena keberadaan self esteem yang rendah itupulalah yang akhirnya mempengaruhi pengambilan keputusan yang akan ditentukan. Kamu terlalu lama berpikir. Bahkan bukan gak mungkin banyak peluang-peluang emas yang terlewatkan akibat perbuatan kamu yang satu ini.

5. Sering banget berubah pikiran 

5 Sikap yang Menunjukkan Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah Ilustrasi seorang wanita tampak berpikir keras (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Paling terakhir, nih kamu sering banget berubah pikiran. Kalau hanya sekali dua kali tentu saja wajar, dong. Tapi, kali ini entah mungkin ratusan kali kamu berusaha untuk berubah pikiran.

Nah, hal semacam inilah yang jadi salah satu indikator bahwa kamu punya self esteem yang rendah. Ketidakonsistenan ini yang pada akhirnya juga berpengaruh pada perilaku serta tindakanmu dalam kehidupan sehari-hari. Bukan gak mungkin juga, produktivitasmu terkena imbas dari seringnya kamu berubah pikiran.

Nah, lho sekarang udah tahu, dong pastinya dimana letak self esteem kamu selama ini? Buat kamu yang masih punya self esteem rendah semangat, yuk tingkatkan lagi. Semoga ke depannya kamu bisa jauh lebih berani dan percaya diri, ya!

Baca Juga: 7 Metode Sederhana Self-Healing Buatmu, Yuk Sehat Mental! 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya