Comscore Tracker

5 Cara Bijak Mengapresiasi Orang yang Bekerja dengan Kamu

Sudahkah kamu mengapresiasi rekan kerjamu?

Dalam dunia kerja atau organisasi, apresiasi merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Selain memberikan dorongan agar rekan kerjamu lebih bersemangat, memberikan apresiasi juga dapat memberikan citra bahwa kamu merupakan orang yang peduli. Bagi kamu yang ingin melakukan apresiasi, berikut 5 cara mengapresiasi rekan kerja yang dapat kamu jadikan referensi.

1. Berikan kado atau hadiah

5 Cara Bijak Mengapresiasi Orang yang Bekerja dengan Kamufreepik.com/freepik

Memberikan kado atau hadiah merupakan salah satu cara umum untuk menunjukkan afeksimu kepada seseorang. Kamu tak harus membelikan kado yang mahal, cukup berikan kado yang sekiranya berkesan bagi rekan kerjamu itu. 

Kamu bisa bertanya kepada orang terdekatnya mengenai barang kesukaannya. Memberikan suatu hadiah kesukaannya menandakan kamu merupakan orang yang sangat pedrhatian.

2. Cukup ucapkan "terima kasih"

5 Cara Bijak Mengapresiasi Orang yang Bekerja dengan Kamupexels.com/MoosePhotos

Mengucapkan terima kasih merupakan suatu hal yang paling mudah dilakukan untuk mengapresiasi seseorang. Pastinya ucapan terima kasih tersebut harus dilakukan dengan tulus dan tak terkesan dipaksakan. 

3. Lakukan kegiatan menyenangkan bersama dia saat bekerja

5 Cara Bijak Mengapresiasi Orang yang Bekerja dengan Kamupexels.com/ReneAsmussen

Siapa bilang bekerja tidak bisa menyenangkan? Kamu bisa mengapresiasi rekan kerjamu dengan melakukan hal-hal sederhana yang menyenangkan. Kamu bisa merayakan ulang tahun rekan kerjamu, memberikan penghargaan staff of the month, dan lain-lain. 

Dengan melakukan hal tersebut, rekan kerjamu akan merasa sangat dihargai atas pekerjaan yang telah dilakukan.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Mengatasi & Menghargai Perbedaan dengan Pasangan

4. Traktirlah rekan kerjamu sesekali

5 Cara Bijak Mengapresiasi Orang yang Bekerja dengan Kamupexels.com/DariaShevtsova

Ketika kamu mempunyai waktu luang, ajaklah rekan kerjamu untuk makan bersama. Sesekali untuk mentraktirnya juga tidak masalah untuk mempererat hubungan kalian. Hal ini juga dapat mendorong rekan kerjamu agar lebih semangat lagi dalam bekerja. 

5. Berikanlah program pengembangan diri terhadap rekan kerjamu 

5 Cara Bijak Mengapresiasi Orang yang Bekerja dengan Kamupexels.com/nappy

Jika kamu seorang atasan atau mempunyai wewenang yang lebih, kamu bisa mengapresiasi rekan kerjamu dengan memberikan program-program pengembangan diri. Misalkan kamu dapat memberikan workshop, career planning, hingga konseling terhadap rekan kerjamu.

Nah, itu dia 5 tips untuk mengapresiasi rekan kerja kamu yang dapat diterapkan. Semoga dapat menambah wawasan kamu ya. Selamat mencoba.

Baca Juga: Gak Mau Jadi Bawahan Orang Lain? Coba 7 Bisnis Kreatif yang Datangkan Untung Besar Ini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya