Comscore Tracker

Wajib Tahu, 6 Manfaat Punya Mentor Saat Memulai Menjadi Entrepreneur

Sangat membantu dalam membangun usahamu loh! 

Banyak dari generasi millennial yang berkeinginan menjadi seorang entrepreneur. Tentunya menjadi seorang entrepreneur tidaklah mudah. Seperti halnya bekerja yang memiliki resiko dan tantangan, menjadi seorang entrepreneur juga banyak resiko dan tantangan yang akan dihadapi. 

Terkadang saat memulai sebuah bisnis atau usaha, banyak kerisauan yang ada dibenak kita. Pertanyaan mengenai bagaimana langkah yang tepat untuk memulai serta pertanyaan-pertanyaan seputar mempertahankan usaha sering menghantui kita. Salah satu solusi yang tepat adalah dengan memiliki mentor. Tentunya, kamu harus mencari mentor yang tepat dan sesuai dengan usaha yang akan kamu buat. Nah, berikut adalah 6 manfaat memiliki mentor bagi kamu yang baru menjadi entrepreneur. Yuk, simak! 

1. Mengurangi kesalahan

Wajib Tahu, 6 Manfaat Punya Mentor Saat Memulai Menjadi Entrepreneurpexels/marcelo dias

Manfaat pertama dan berguna sekali dengan memiliki mentor saat memulai usaha adalah dapat meminimalisir kesalahan yang kamu buat. Hal ini dikarenakan, sebelumnya mentormu tentunya sudah mencoba dan melalui sehingga tahu mana yang sekiranya akan menjadi hambatan dalam bisnis atau usahamu.

Selain itu, mentormu juga dapat memberikan saran-saran yang dapat mengurangi kesalahan di saat kamu harus mengambil keputusan. Manfaat lainnya, dengan memiliki mentor kamu juga bisa belajar bagaimana cara terbaik dalam mempersiapkan rintangan yang akan terjadi. Tentunya, hal ini bisa menyelematkanmu dari kegagalan dan menghemat waktumu. 

2. Menaikkan rasa percaya diri

Wajib Tahu, 6 Manfaat Punya Mentor Saat Memulai Menjadi Entrepreneurpexels/CoWomen

Memiliki mentor saat baru memulai usaha tentunya memberikan efek positif bagi kamu. Dengan adanya mentor, kekhawatiran-kekhawatiran yang ada di benakmu dapat kamu bagikan pada orang yang tepat dan tentunya dapat menenangkan ketakutan-ketakutan yang kamu risaukan.

Tentunya hal ini akan membuatmu yakin dan lebih percaya diri. Mentor juga bisa memberikan keyakinan ketika kamu menghadapi keadaan yang tidak kamu prediksi sebelumnya juga membuatmu merasa tertantang untuk terus berjuang ketika melihat mentormu yang juga telah bisa melalui fase yang sekarang kamu hadapi. 

3. Memperluas jaringan

Wajib Tahu, 6 Manfaat Punya Mentor Saat Memulai Menjadi Entrepreneurpersonalitytutor.com

Salah satu keistimewaan dari memiliki seorang mentor saat memulai bisnis adalah dapat membantumu dalam memperluas jaringan atau kenalanmu. Tentunya, mentormu adalah seseorang yang telah berpengalaman, sehingga dia dapat membantumu untuk mempertemukan dengan orang-orang yang bergerak lebih dulu dalam bidang bisnis atau usaha. Tentunya, hal ini dapat mempermudah kariermu dan menyelamatkanmu dalam membangun sebuah nama untuk kariermu. 

Baca Juga: Kian Sukses, Ini 5 Tips Jitu Agar Kariermu Terus Meroket di Kantor!

4. Berbagi sudut pandang

Wajib Tahu, 6 Manfaat Punya Mentor Saat Memulai Menjadi Entrepreneurpexels/Christina Morillo

Memiliki seorang mentor juga dapat membantumu dengan memberikan sudut pandang yang lain. Meski sarannya tidak sepenuhnya harus kamu terima, setidaknya kamu bisa memutuskan sesuatu dengan pertimbangan lebih dari sudut pandang yang lain.

Mentor akan membantumu memberikan perspektif lain sebelum kamu menarik kesimpulan dan mengambil keputusan, Tentunya, perspektif realistis, serta memberi saran atau sudut pandang yang sekiranya mampu untuk menaikkan usaha kalian sangat kamu butuhkan. Sangat membantu bukan? 

5. Berbagi pengalaman

Wajib Tahu, 6 Manfaat Punya Mentor Saat Memulai Menjadi Entrepreneurpexels/nappy

Memulai sebuah usaha tentunya tidaklah mudah. Banyak rintangan yang tak terduga yang terjadi tanpa kita prediksi sebelumnya. Meski buku bisa memberimu informasi atau kiat-kiat dalam membangun usaha, tetapi memiliki mentor yang tepat adalah suatu keistimewaan.

Keuntungan terbesar dalam memiliki mentor adalah kamu dapat belajar dari apa yang sudah dia alami. Banyak pepatah yang mengatakan pengalaman adalah guru paling berharga. Nah, kamu bisa belajar dari kesuksesan maupun kegagalan yang telah mentormu alami sebelumnya. Tentunya hal ini dapat membantumu menghemat waktu untuk menemukan jalan atau formula yang tepat dalam mengembangkan usahamu. 

6. Menjadi pendukung setia

Wajib Tahu, 6 Manfaat Punya Mentor Saat Memulai Menjadi Entrepreneurpexels/elevate digital

Memiliki seseorang yang selalu meyakinkan dan mendukung adalah sesuatu yang sangat berharga. Kamu bisa mendapatkan hal itu dari memiliki seorang mentor. Rintangan dalam merintis sebuah usaha adalah hal biasa, namun berkeyakinan dan mencoba kembali setelah jatuh adalah hal yang luar biasa. Tentunya dalam menjalani itu, kamu butuh seseorang penyemangat yang paham akan dunia usaha sekaligus mampu menarik semangatmu kembali untuk memulai. Selain itu, mentor juga dapat membantu mencegah rasa percaya diri yang ada pada dirimu dan membantumu mencari jalan keluar dari permasalahanmu. Hal ini bisa banget membantu kamu untuk tetap termotivasi serta yakin untuk terus berjuang. 

Nah, itulah 6 manfaat memiliki mentor saat baru memulai usaha. Yuk, mulai bisnismu dan temukan mentor yang tepat! 

Baca Juga: Gak Cuma Berbisnis, 5 Hal Ini Juga Perlu Dilakukan Seorang Enterpreneur

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya