Comscore Tracker

5 Risiko Memaafkan Pasangan yang Pernah Selingkuh, Pikir Dua Kali!

Memaafkan pasangan yang selingkuh butuh pertimbangan matang

Perselingkuhan kerap terjadi dalam suatu hubungan. Entah itu yang masih berstatus pacaran atau yang sudah berumah tangga. Respons seseorang ketika menghadapi hal ini pun terbagi jadi dua. Ada yang langsung memilih berpisah, ada yang memberi kesempatan kedua dengan harapan dia bisa berubah. 

Memaafkan merupakan sebuah hal yang baik. Namun, memaafkan seseorang yang pernah berselingkuh tetap memiliki risiko tersendiri yang perlu kamu renungkan.  Apa saja itu? Ketahui lima risikonya di bawah ini!

1. Diselingkuhi lagi

5 Risiko Memaafkan Pasangan yang Pernah Selingkuh, Pikir Dua Kali!ilustrasi perempuan bersedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Risiko kamu bakal diselingkuhi lagi pasti ada. Hati orang gak ada yang tahu, bahkan jika itu pasanganmu sendiri. Bisa saja di depanmu dia mengatakan dengan serius bakal berubah, tapi di belakang dia tetap menikmati hubungan dengan orang lain. 

Sebab itu, kamu perlu berpikir dua kali sebelum ambil sikap. Pertimbangkan konsekuensi dari setiap pilihanmu. Usahakan pilihan yang kamu buat membawamu pada kebahagiaan bukan kekecewaan untuk kedua kalinya. 

2. Hidupmu jadi waswas

5 Risiko Memaafkan Pasangan yang Pernah Selingkuh, Pikir Dua Kali!ilustrasi pasangan (pexels.com/Alena Darmel)

Memaafkan dia yang pernah selingkuh bakal membuat hidupmu jadi waswas, lho. Setiap pergerakkannya akan membuatmu khawatir dan lebih protektif. Jika hal ini terus berlangsung, maka pada akhirnya kamu yang bakal capek sendiri. 

Kamu juga bisa jadi gak tenang menjalani hari-harimu. Bukan tak mungkin konflik baru muncul lagi sehingga hubunganmu renggang kembali. Pusing menjalani hubungan yang seperti ini, lho!

Baca Juga: 9 Drama Perselingkuhan Ini Bikin Emosi, Ada Show Window: Queen's House

3. Hubunganmu jelas tak sama seperti awal bertemu

5 Risiko Memaafkan Pasangan yang Pernah Selingkuh, Pikir Dua Kali!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Kembali merajut kasih dengan pasangan yang ketahuan selingkuh rasanya pasti berbeda. Selain hidupmu jadi waswas, perasanmu tentu belum pulih benar dari luka. Namun, kamu berusaha menyembuhkannya dengan memaafkannya.

Tentu gak mudah melakukan itu karena kenyataan bahwa dia pernah selingkuh akan selalu menghantui. Butuh waktu untuk benar-benar menghilangkannya atau bahkan tidak sama sekali. Pada akhirnya kamu harus bertarunf dengan perasaanmu sendiri.

4. Kamu harus korbankan waktu

5 Risiko Memaafkan Pasangan yang Pernah Selingkuh, Pikir Dua Kali!ilustrasi perempuan frustrasi (pexels.com/Liza Summer)

Memilih memaafkan, berarti kamu berharap bahwa dia akan berubah. Tentunya, hal itu gak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Butuh proses bagi seseorang untuk bisa berubah. Mau gak mau, kamu harus korbankan waktu untuk bersabar. 

Bersyukur kalau memang dia sungguh-sungguh mau bertobat. Namun, bagaimana jika hal tersebut gak terjadi? Waktumu tentu terbuang sia-sia.

5. Kamu akan dianggap lemah

5 Risiko Memaafkan Pasangan yang Pernah Selingkuh, Pikir Dua Kali!ilustrasi pasangan (pexels.con/cottonbro)

Memberi kesempatan kedua bisa membuat dia merasa superior. Dia akan merasa bahwa kamu gak bisa hidup tanpanya. Pribadimu akan dianggap lemah oleh dia. 

Alhasil, bisa saja dia yang kembali mengatur hidupmu dan kamu hidup dalam perbudakkannya. Menjalani hal semacam ini sudah pasti bikin lelah pikiran dan batin. 

Semua orang memang pernah melakukan kesalahan. Namun, untuk persoalan selingkuh, kamu perlu memikirkan dua kali sebelum memaafkan. Beberapa risiko di atas semoga bisa membantumu mengambil sikap jika hal buruk ini terjadi, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Selingkuh Gak Ada Gunanya, Catat sebelum Berbuat!

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya