Comscore Tracker

Mau Jadi Profesional Muda di Bidang Sustainability? Cek Lowongan Ini!

Kamukah kandidat program ASPiRE berikutnya?

Job seeker ayo merapat! IDN Times mau kasih informasi lowongan pekerjaan di perusahaan multinasional nih. Asia Pacific Resources International (APRIL) Group saat ini tengah membuka kesempatan untuk kamu yang ingin meniti karier profesional di bidang sustainability lewat program ASPiRE.

For your information, saat ini profesional muda yang menekuni bidang sustainability sendiri masih jarang lho di Indonesia. Padahal, profesi ini sangat dicari dan diprediksi akan marak dalam beberapa tahun ke depan.

Apalagi, saat ini dunia sedang meminta bisnis untuk berjalan beriringan dengan konsep sustainability (keberlanjutan). Makanya, IDN Times yakin banget deh kalau karier ini punya prospek yang menjanjikan di masa depan.

Nah, kalau kamu penasaran sama program ASPiRE dari APRIL Group ini, simak artikelnya sampai habis ya! Keep reading!

1. Apa sih ASPiRE itu?

Mau Jadi Profesional Muda di Bidang Sustainability? Cek Lowongan Ini!Karyawan perusahaan pulp dan kertas APRIL Group saat bekerja (Instagram/sahabatrapp)

ASPiRE (APRIL Sustainability Professional Readiness Program) adalah program akselerasi untuk mencetak calon pemimpin keberlanjutan di APRIL Group. Untuk kamu yang belum tahu, APRIL Group merupakan produsen serat, pulp dan kertas berkelanjutan yang beroperasi di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau.

Salah satu produknya, kertas PaperOne telah dipasarkan hingga ke-70 negara. Kamu pasti udah familiar dong sama merek kertas yang satu ini?

Saat ini, APRIL Group tengah membuka kesempatan bagi para milenial untuk bergabung sebagai talenta profesional dalam program ASPiRE. Program yang dimulai sejak 2018 ini telah menghasilkan sejumlah profesional muda yang bekerja untuk department sustainability APRIL.

Baca Juga: Job Seeker Merapat! Begini 4 Cara Hindari Penipuan Lowongan Kerja

2. Dilatih untuk jadi calon pemimpin sustainability di masa depan

Mau Jadi Profesional Muda di Bidang Sustainability? Cek Lowongan Ini!Karyawan perusahaan pulp dan kertas APRIL Group saat bekerja (Instagram/sahabatrapp)

Apa saja sih manfaat yang akan kamu dapat kalau ikut program ASPiRE ini? Banyak banget, guys! Selama mengikuti program akselerasi kepemimpinan dalam 18 bulan, kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keahlian di bidang pembangunan berkelanjutan.

Tak hanya itu, kamu pun akan diperkenalkan dengan bisnis dan operasional APRIL Group. Mulai dari komitmen keberlanjutan perusahaan, hingga mendapat bimbingan dalam mengikuti program lintas operasional bisnis.

"Kami membuka lebar kesempatan bergabung di ASPiRE, tak hanya terbatas untuk lulusan dari Indonesia namun juga dari seluruh dunia. Kandidat yang kami cari adalah orang-orang yang gigih dan dapat terlibat dalam memecahkan masalah dengan baik,” kata Craig Tribolet yang merupakan mentor dari program ASPiRE, dalam LinkedIn live yang diselenggarakan APRIL baru-baru ini.

3. ASPiRE siap dukung career path-mu di dunia profesional!

Mau Jadi Profesional Muda di Bidang Sustainability? Cek Lowongan Ini!Peserta ASPiRE batch pertama, Ika Citra Marlia (Dok. APRIL Group)

Nah kalau kamu telah menyelesaikan masa program ASPiRE selama 18 bulan, nantinya kandidat yang terpilih akan berpeluang ditempatkan pada beragam pilihan posisi di bidang sustainability yang dimiliki APRIL Group lho.

Seperti Ika Citra Marlia yang bergabung dengan APRIL Group pada tahun 2018 lalu. Sebagai kandidat ASPiRE batch pertama, Ika merasa bahwa bekerja di APRIL dapat mendukung agenda pribadinya untuk belajar lebih banyak tentang keberlanjutan.

"Setelah menyelesaikan program tersebut, saya terlibat langsung dalam merumuskan APRIL2030 sebagai Project Management Officer. Saya semakin menyadari bahwa keberlanjutan bukan hanya tentang bagaimana melestarikan lingkungan," kata Ika.

"Tetapi yang paling penting adalah tentang kita mengubah perilaku sehingga dunia tempat kita hidup dapat menopang populasi global yang meningkat dalam aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial dengan cara yang paling terjangkau," tambahnya.

Mau Jadi Profesional Muda di Bidang Sustainability? Cek Lowongan Ini!Chandra Kusuma, salah satu kandidat program ASPiRE (Dok. APRIL Group)

Tak hanya Ika, ada Chandra Kusuma yang akhirnya menemukan jalan untuk bekerja sesuai dengan passion-nya di bidang keberlanjutan. Usai menamatkan pendidikan master di bidang Structural Engineering and Building Technology, di Chalmers University of Technology Swedia, ia merasa dilema. 

Berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia saat itu tak membutuhkan keahlian di bidang keberlanjutan seperti yang ia pelajari semasa kuliah. Namun, takdir akhirnya membawa Chandra ke perusahaan penghasil pulp dan kertas berkelanjutan ini.

“Saya apply dan bergabung dengan Grup APRIL setelah menemukan lowongan pekerjaan untuk program APRIL Sustainability Professional Readiness (ASPiRE). Program ini menarik minat saya karena tidak banyak program pascasarjana di Indonesia yang berfokus pada bidang keberlanjutan,” kata dia.

4. Tertarik untuk join? Cek persyaratannya dulu yuk!

Mau Jadi Profesional Muda di Bidang Sustainability? Cek Lowongan Ini!Persyaratan mengikuti program ASPiRE (Dok. APRIL Group)

Gimana guys, tertarik untuk mengikuti program ASPiRE ini? Kalau iya, ada beberapa ketentuan dan syarat utama yang harus kamu cek terlebih dahulu nih. Simak dan catat baik-baik ya!

Persyaratan utama:

  • Telah menamatkan studi strata II (magister) di universitas yang terakreditasi
  • Berasal dari jurusan yang relevan dengan bidang sustainability seperti studi lingkungan, kebijakan sosial dan publik, administrasi bisnis, kehutanan, atau ekologi
  • Diutamakan memiliki pengalaman bekerja minimal 1,5 tahun (termasuk magang)
  • Memiliki minat membangun karier di bidang sustainability
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik secara lisan maupun tertulis

5. Last but not least, jangan lupa siapkan dokumen berikut ini ya

Mau Jadi Profesional Muda di Bidang Sustainability? Cek Lowongan Ini!Karyawan perusahaan pulp dan kertas APRIL Group saat bekerja (Instagram/discoverapril)

Tuh guys, udah IDN Times spill kan apa saja syarat yang dibutuhkan kalau kamu mau join di program ASPiRE ini. Jika tertarik dan merasa cocok dengan kriteria di atas, yuk langsung kirim aplikasimu melalui email sustainability_april@aprilasia.com dengan melampirkan beberapa dokumen berikut: 

  • Curriculum Vitae (CV) & Cover Letter
  • Transkrip akademik
  • Surat rekomendasi dari dosen
  • Surat rekomendasi dari atasan (jika kandidat telah memiliki pengalaman bekerja)

Pendaftaran dibuka hanya sampai 22 Mei 2022 aja lho, guys. Makanya, jangan sampai kelewatan untuk mengirim CV dan portfolio kalian ke email di atas ya. Yuk, segera kirim aplikasimu dan jadi agen perubahan selanjutnya di APRIL Group!

Untuk informasi lengkap tentang program ASPiRE, kamu bisa langsung cek Instagram @discoverapril atau website resmi APRIL Group ya. Jangan sampai menyesal karena melewatkan kesempatan emas ini!

Semoga ulasan dan informasi yang IDN Times berikan tadi bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga beruntung! (WEB)

Baca Juga: Awas Jangan Terjebak! 7 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu

Topic:

  • Asri Muspita Sari

Berita Terkini Lainnya