Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pekerjaanmu di Kantor Selalu Tertunda

Hayo, siapa yang kayak gini?

Di setiap perusahaan, ada peraturan mutlak di mana setiap karyawan harus menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Pekerjaan tadi adalah bagian dari tanggung jawab yang harus diselesaikan, karena kelancaran operasional perusahaan juga tergantung dari ketangkasan para pekerjanya. Tapi, memang semua gak bisa selalu berjalan mulus. Ada saja beberapa hal yang menyebabkan pekerjaan jadi terhambat alias tertunda. 

Gak bisa dipungkiri, kadang penyebabnya bisa berasal dari diri sendiri. Hal-hal sepele, meski kelihatannya kecil, malah bisa jadi alasan kuat kenapa pekerjaanmu jadi sering tertunda. Karena kalau sudah jadi kebiasaan jelek, tak menutup kemungkinan bisa merusak reputasimu sebagai karyawan, lho. Nah, berikut ini lima hal sepele yang bikin pekerjaanmu jadi sering tertunda. 

1. Tidur larut malam sehingga kamu bangun kesiangan

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pekerjaanmu di Kantor Selalu Tertundadramabeans.com

Begadang semalaman memang asyik, tapi efeknya bikin kamu kesiangan. Harusnya pagi hari di awali dengan tubuh yang segar, pikiran yang fresh untuk memulai hari. Sehingga kamu dalam kondisi mood yang bagus saat menjalankan aktivitas. Tapi, lain hal kalau sudah memulai pagimu dengan keributan akibat kesiangan. Apalagi ditambah jalanan yang macet, bikin emosi naik seketika.

Ketika tiba di kantor, semangat bekerja jadi menguap begitu saja karena sudah mengawali hari dengan kekacauan. Syukur-syukur gak ketahuan atasan atau yang lebih parah, gajimu di potong karena datang telat.

2. Karena bangun kesiangan, kamu jadi gak sempat sarapan

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pekerjaanmu di Kantor Selalu Tertundaaminoapps.com

Jangankan bisa segera bekerja setelah tiba di kantor, kamu malah sulit konsentrasi akibat perut keroncongan yang teriak minta di isi. Yah, kamu memang melewatkan sarapan karena bangun kesiangan tadi. Bagaimanapun juga, sarapan itu penting karena tubuh butuh nutrisi untuk beraktivitas.

Lagi-lagi, kamu mengorbankan jam kerja untuk mencari sarapan di kantin. Karena kalau tidak mengisi perut, otak jadi gak sinkron dan sulit diajak bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Menghadapi Suasana Kantor yang Kurang Menyenangkan

3. Menunda pekerjaan karena asyik browsing-an, cek akun olshop, atau main game

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pekerjaanmu di Kantor Selalu Tertundakoreaboo.com

Ada banyak penyebab kenapa pekerjaanmu jadi tertunda dan gak selesai tepat waktu. Misalnya seperti asik browsing, cek akun online shop atau bahkan main game. Awalnya, cuma iseng-iseng baca portal berita, belanja mata di online shop atau push rank. Katanya sih, hitung-hitung menghilangkan penat. Tapi,  gak terasa kamu malah kebablasan menghabiskan waktu untuk kegiatan tadi. Efeknya kerjaan jadi terbengkalai.

Gak cuma kamu aja yang dirugikan, tapi rekan kerja juga demikian. Jadi, gak heran kamu suka di tegur atasan karena tak bisa bekerja dengan profesional. 

4. Saat makan siang, kamu kalap menyantap makanan dalam porsi yang banyak. Alhasil, malah jadi mengantuk

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pekerjaanmu di Kantor Selalu Tertundafavim.com

Saat jam makan siang, jangan pesan makanan terlalu banyak. Mentang-mentang awal bulan, kamu kalap makan dengan alibi perbaikan gizi sebelum tiba di pertengahan bulan dan jadi bokek lagi. Makanlah yang secukupnya, sehingga kamu gak ngantuk setelah beberapa jam ke depan.

Kalau sudah mengantuk, nanti akan sulit konsentrasi bekerja. Ujung-ujungnya pekerjaanmu tak kunjung selesai dan malah menumpuk semakin banyak. Makan siang dalam porsi wajar akan menjaga stamina tetap fit saat bekerja, kecuali kalau ditraktir teman, maka lain lagi ceritanya, hehe. 

5. Terlalu asyik mengobrol dengan rekan kerja sampai lupa waktu

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pekerjaanmu di Kantor Selalu Tertundadramabeans.com

Mengobrol dengan sesama rekan kerja memang wajar, tapi akan jadi tak wajar kalau sampai lupa waktu. Mulai dari gosipin atasan, obrolan random soal cuaca atau bahkan politik. Saking asyiknya, kamu gak sadar sudah berapa banyak waktu yang terbuang karena ngobrol.

Lagi, pekerjaanmu terkena imbasnya dan makin menumpuk setiap harinya. Kamu malah jadi rugi sendiri karena kadang-kadang harus lembur supaya pekerjaan bisa selesai. Bercengkrama dengan teman kerja boleh saja kok, tapi jangan sampai mengabaikan tanggung jawabmu di kantor ya. 

Kamu punya kuasa untuk mengendalikan dirimu termasuk memperbaiki kebiasaan buruk jadi lebih baik. Terlebih di saat di kantor, supaya pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu dan gak tertunda lagi. Asal ada kemauan, kamu pasti bisa kok.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pekerja Kantor Tetap Sehat

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You