Comscore Tracker

5 Cara Self Love untukmu yang Masih Bekerja di Kantor

Jangan lupa jaga kesehatan mental dan fisik, ya!

Bagi orang yang tidak mendapat langkahwor from home (WFH) dan terpaksa bekerja di rumah, virus corona mengakibatkan efektifitas kerja terganggu. Di tengah kondisi kritis seperti sekarang, penting untuk menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Sisipkan waktu luang dan atur porsi pekerjaan sesuai dengan kemampuan agar tidak menjadi beban fisik maupun pikiran, yuk lihat gimana caranya!

1. Berhenti ketika kamu mulai kewalahan

5 Cara Self Love untukmu yang Masih Bekerja di Kantorunsplash.com/JESHOOTS.COM

Kamu mampu mengerjakan pekerjaan kantor yang semakin hari semakin menumpuk dengan baik, rekan kerja dan atasanmu percaya dengan hasil kerjamu. Meski bekerja keras sering diartikan positif jangan sampai kamu kewalahan, apalagi sampai mengabaikan kesehatan. Ketika beban pekerjaan terasa semakin berat, jangan ragu untuk jujur dan ungkapkan isi pikiranmu. 

2. Gunakan jatah cuti dengan bijak

5 Cara Self Love untukmu yang Masih Bekerja di Kantorunsplash.com/Aaron Robinson

Setiap pegawai memiliki hak cuti dalam satu tahun di masa kerjanya, hak cuti yang diberikan ini tidak termasuk izin sakit dari perusahaan. Kamu memiliki hak menentukan harinya, tidak perlu merasa tidak enak dengan kantor atau rekan kerjamu. Kamu bisa mengambil hari cuti untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sekedar bersantai menonton film di rumah untuk menyegarkan pikiran dari rasa penat.

3. Pulang On-time tapi kerjaan beres

5 Cara Self Love untukmu yang Masih Bekerja di Kantordramabeans.com

Ketika kerjaanmu selesai, tidak perlu berlama-lama di kantor mengerjakan pekerjaanmu untuk lain hari. Kewajibanmu untuk hari itu telah selesai, sekarang waktumu untuk beristirahat dan mengumpulkan tenaga untuk kembali bekerja esok hari. Jika keadaan memaksamu untuk lembur jangan lupa memberi kabar atasan atau rekan kerja untuk mendapat kompensasi.

Baca Juga: 6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFH

4. Tidak melayani pekerjaan di hari libur

5 Cara Self Love untukmu yang Masih Bekerja di Kantorunsplash.com/LUM3N

Kamu mendapat jatah libur dalam seminggu, meski hanya satu atau dua hari jatah ini harus kamu gunakan sebagai hadiah dirimu sendiri. Tinggalkan revisi, laporan dan segala urusan pekerjaanmu dan habiskan libur akhir pekanmu dengan kegiatan yang kamu cintai.

5. Catat setiap pencapaian yang berhasil kamu peroleh 

5 Cara Self Love untukmu yang Masih Bekerja di Kantorunsplash.com/Markus Winkler

Saat kamu memenangkan penghargaan, menyelesaikan pelatihan atau menjadi sorotan media tidak ada salahnya mencatat, menyebarkan dan menikmati pujian yang diberikan padamu karena pencapaian yang berhasil kamu lakukan.

Gunakan media sosial, LinkedIn atau platform lainnya bagimu untuk mencatat dan menyebarkan prestasi yang kamu raih. Prestasi ini bisa menjadi penyemangatmu dikala suntuk hingga menjadi bagian dari resume pengalaman kerjamu. 

Pekerja keras memang dianjurkan dalam bekerja, namun jangan lupa menjadikan kesehatan dirimu sebagai prioritas utama.

Baca Juga: Ngeluh Bosan? Ingat 5 Orang Ini Tetap Kerja di Tengah Ancaman Pandemi

Lil Syifa Photo Verified Writer Lil Syifa

An ordinary girl who loves boba milk tea and sometimes lost on her own universe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya