Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Karier Edisi Tahun 2020, Wajib Baca!

Jaga atensi kerja lewat baca lima buku ini

Dalam proses membangun karier bukanlah perkara yang gampang. Dalam membangun karier dibutuhkan dedikasi untuk diri sendiri dan juga bagi pekerjaan yang tengah dilakukan. Menciptakan karier juga dibutuhkan tuntunan agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan positif.

Nah, salah satu tuntunan pengembangan karier adalah buku. Lima buku berikut ini sangat pas untuk menavigasi kehidupanmu selama proses berkarier. Apa saja buku itu? Ini dia daftarnya!

1. Lagi Probation

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Karier Edisi Tahun 2020, Wajib Baca!goodreads.com

Buku karya Samuel Ray ini di rilis pada Februari lalu. Samuel Ray adalah merupakan sosok HRD yang suka memberikan bantuan seputar karier kepada warganet lewat media sosialnya.

Buku Lagi Probation ini sangat pas di baca oleh mereka yang menyandang status sebagai fresh graduate yang ingin membangun karier. Karena buku ini membaca seputar tips dan trik serta bagaimana lingkungan kerja itu. Bahasanya juga mudah dicerna dan gaya penyampaiannya kekinian.

2. Do What You Are

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Karier Edisi Tahun 2020, Wajib Baca!scribepublications.com.au

Mungkin kamu pernah menanyakan hal seperti, '"Apakah saya bisa menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian saya?" "Bagaimana saya jika tidak menemukan yang pas?" 

Buku ini akan mengulas semuanya, termasuk pertanyaanmu ini. Buku karya Paul D. Tieger dkk ini akan memandumu melalui setiap langkah untuk mencari tahu tipe kepribadiamu, dan pekerjaan apa yang populer di kalangan masyarakat dan menghubungkan dengan tipe kepribadianmu.

Buku ini mengajakmu untuk fokus pada kekuatan dan kelemahan unikmu. Kamu juga akan mendapatkan insight baru tentang bagaimana proses kerja yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Judul Buku yang Laris Manis Gara-gara Idol KPop. Sudah Baca?

3. Body of Work

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Karier Edisi Tahun 2020, Wajib Baca!bustle.com

Buku karya Pamela Slim ini akan mengulas ide-ide yang bisa kamu jadikan sebagai batu loncatan dalam proses karier yang lebih baik. Bukan hanya berisikan refleksi diri seputar dunia karier, pembaca juga akan disuguhkan dengan berbagai latihan yang mampu membangun motivasi dan pola pikir baru dalam bekerja yang punya pengaruh besar dalam pola kerja. 

4. Get A Life, Not a Job

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Karier Edisi Tahun 2020, Wajib Baca!Instagram.com/basriwijayapakpahan

Ini adalah salah satu buku yang keren. Coba bayangkan, kamu menghabiskan sebagian besar waktumu hanya untuk mengerjakan pekerjaanmu, padahal kamu belum tentu nyaman dengan pekerjaanmu ini. Pertanyaannya adalah, mengapa kamu menghabiskan waktu itu untuk melakukan pekerjaan yang kamu saja tidak cintai?

Kemudian, banyak dari kita terjebak di dalam kebiasaan berpikir bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang kita inginkan atau passion. Bahkan katanya dengan passion ini kita bisa mendapatkan kehidupan yang benar-benar memuaskan. Apakah demikian? Lalu bagaimana jika terjadi sebaliknya? Apa yang harus dilakukan? Buku ini akan membantumu.

5. So Good They Can’t Ignore You

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Karier Edisi Tahun 2020, Wajib Baca!mattcreynolds.com

Sadar atau tidak sangat banyak orang yang menyarankan untuk mengikuti pekerjaan yang datangnya dari bisikan hati. Dengan mengikuti kata hatimu, kamu akan lebih bahagia, kamu akan puas dengan pekerjaanmu. Namun untuk buku ini, itu adalah hal yang salah. Mengapa?

Salah satunya, Cal Newport menjelaskan bahwa mengembangkan keterampilan daripada berfokus pada keinginan yang sudah kamu miliki adalah kunci untuk pengalaman kerja yang sukses. Ini bukan asal ucapan, penulis telah mengalami banyak pengalaman dan bertemu dengan para pekerja. Apapun jenis pekerjaannya dan hal itulah yang mereka ucapkan.

Itulah lima buku keluaran 2020 yang bisa kamu baca untuk mengembangkan karier dan pola pikirmu. Bagaimana, tertarik membacanya?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Seru untuk Menemani Stay at Home Kamu

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya