Comscore Tracker

Sadar Atau Tidak, 5 Hal Ini Ternyata Membunuh Motivasi Kerjamu

Apa kamu baik-baik saja sekarang?

Apa pekerjaan yang tidak butuh motivasi untuk mengerjakannya? Semua hal pasti membutuhkan motivasi meskipun alasannya tidak pernah kita pikirkan. Secara khusus dalam dunia kerja. Banyak orang yang bilang, dunia kerja itu sulit da keras. 

Untuk merespon pekerjaan kita, bukan hanya kemampuan untuk melakukan juga butuh motivasi untuk menyelesaikannya. Namun terkadang, ada saja hal secara langsung atau tidak membunuh motivasi kerja kita. Berikut lima hal itu.

1. Memelihara pesimisme

Sadar Atau Tidak, 5 Hal Ini Ternyata Membunuh Motivasi KerjamuPexels/AndreaPiacquadio

Ini adalah masalah umum yang pernah semua orang alami. Kepercayaan yang berlebihan atas rasa pesimisme. Ingin mencoba melakukan sesuatu namun rasa ketakutan akan kegagalan menghantui. Mau mengajukan project, namun karena merasa insecure jadinya tertunda.

Karena takut akan kegagalan otomatis ingin tetap bertahan di zona nyaman. Padahal untuk jangka panjang zona nyaman bukan hal yang baik untuk perjalanan karier. Ketahuilah, pikirkan rasa pesimisme bukan jaminan yang akurat bahkan hanya membunuh roh pejuangmu. 

2. Lingkungan kerja yang toxic

Sadar Atau Tidak, 5 Hal Ini Ternyata Membunuh Motivasi KerjamuPexels/AndreaPiacquadio

Ini memang kenyataan yang cukup mengganggu di dunia kerja. Bagaimana kita harus bekerja dengan manusia-manusia toxic yang secara klise menghancurkan kita. Mulai dari bos yang tidak toleran hingga rekan yang individual.

Ketika lingkungan kerja tidak senyaman seperti yang kita duga, akan banyak gangguan yang tidak terkontrol. Berusaha berteman dan berdamai malah membuat kita merasakan dampaknya. Untuk jangka panjang jika tidak bisa di toleransi, segeralah berhenti demi kesehatan karier dan mentalmu.

Baca Juga: 5 Anggapan Negatif yang Sering Banget Ditujukan pada Wanita Karier

3. Monoton dan tidak punya harapan karier 

Sadar Atau Tidak, 5 Hal Ini Ternyata Membunuh Motivasi KerjamuPexels/AndreaPiacquadio

Bagi anak-anak muda yang merasa punya kesempatan untuk memiliki jenjang karier yang lebih baik ini adalah masalah penting. Pekerjaan yang begitu monoton alias pekerjaan yang itu-itu saja. Alaminya akan lahir rasa bosan sehingga menurunkan kapasitas kerja. 

Namun itulah kenyataan dalam dunia kerja. Pekerjaan yang menonton sampai berdampak pada gaji yang menonton. Akhirnya motivasi kerja menurun. 

4. Minim interaksi

Sadar Atau Tidak, 5 Hal Ini Ternyata Membunuh Motivasi KerjamuPexels/bongkarnthanyakij

Kurangnya interaksi seperti komunikasi juga berpengaruh dalam motivasi kerja seseorang. Baik atasan hingga rekan yang susah dia ajak diskusi akan mempengaruhi mental yang melunturkan motivasi kerja. 

Bukan hanya menimbulkan hubungan semakin renggang, minimnya interaksi juga membuat kesalahpahaman dalam proses kerja. Semua akhirnya berdampak pada psikis, motivasi menurun sehingga ke tempat kerja saja malas. 

5. Memelihara sifat mengeluh

Sadar Atau Tidak, 5 Hal Ini Ternyata Membunuh Motivasi KerjamuPexels/AbbyChung

Terlalu banyak mengeluh dan hanya memberikan kritik secara tidak langsung mengambarkan bagaimana minimnya motivasi yang seseorang miliki. Pikiran yang negatif yang cenderung tidak menemukan sisi positif dari setiap kejadian. 

Itulah mengapa cara pandang sangat mempengaruhi motivasi yang dimiliki seseorang. Cobalah menemukan hikmah dan rasakan apa yang kamu miliki. Temukan sisi terang dalam gelap dan jaga cahaya tersebut. 

Itulah lima hal yang secara perlahan membunuh motivasi kerjamu. Yang bisa kamu lakukan adalah koreksi dirimu sendiri dan perhatikan cara orang lain. Tidak ada orang yang bisa memotivasi dirimu kecuali kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat Bekerja

Basri Pakpahan Photo Verified Writer Basri Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya