Comscore Tracker

Ingin Memfokuskan Diri jadi Copywriter? Simak Dulu 6 Jenisnya Ini

Biar makin spesifik, semakin ahli jadinya

Sederhananya, copywriting adalah teknik atau aktivitas penulisan teks iklan atau materi publikasi yang mendorong konsumen untuk melakukan tindakan tertentu. Tindakan yang dimaksud seperti membeli barang, mengunjungi situs, mengeklik link, mendaftakan diri, menghubungi kontak tertentu, mengikuti akun media sosial dan bentuk konversi lainnya.

Copywriting sendiri bisa datang dalam banyak bentuk termasuk verbal, tertulis, audio maupun visual. Iklan yang kamu lihat di jalan, naskah video, jingle dan podcast yang kamu dengar, nama dan deskripsi di kemasan produk, konten media sosial, tagline perusahaan, email marketing, brosur, hingga website adalah beberapa contoh produk dari copywriting.

Jika kamu ingin fokus menjadi copywriter, kamu harus memahami bahwa copywriting dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis karena bentuk dan penerapannya yang beragam. Beberapa jenis copywriting itu antara lain.

1. Sales copywriting

Ingin Memfokuskan Diri jadi Copywriter? Simak Dulu 6 Jenisnya IniPexels/fauxels

Jenis copywriting yang satu ini adalah yang paling umum dan kerap digunakan dalam berbagai aspek pemasaran. Biasanya meliputi teks pada advertorial, deskripsi produk, kategori produk dan iklan. Hasilnya sangat mudah kamu temukan lewat kata-kata yang ada di kalimat pengiklanan tersebut.

Untuk kemampuan yang satu ini sangat penting di dalam memikat kata-kata yang tepat agar produk dapat di jual. Seperti memasang tagline di produk makanan atau minuman, sales copywriting sangat berperan disitu.

2. SEO copywriting

Ingin Memfokuskan Diri jadi Copywriter? Simak Dulu 6 Jenisnya IniPexels/GeorrgeMorina

Jenis copywriting ini diperlukan untuk mengoptimalkan konten secara SEO agar mudah ditemukan oleh audiens pada mesin pencarian. Dalam pengembangan di sektor media sosial seperti Youtube, blog hingga toko daring, SEO copywriting sangat banyak dimanfaatkan.

Sekarang ini pekerjaan ini tengah naik daun. Apalagi di tengah kemajuan teknologi saat ini. Makanya, beberapa organisasi atau komunitas telah membuka kursus hanya untuk belajar SEO. 

Baca Juga: 5 Tips jadi Penulis Pemula Meski Bukan Lulusan Komunikasi

3. Web copywriting

Ingin Memfokuskan Diri jadi Copywriter? Simak Dulu 6 Jenisnya IniPexels/TobiasDziuba

Copywriting web, sering juga disebut dengan istilah "menulis untuk web", adalah proses menulis konten daring, teks iklan, posting media sosial, dan materi pemasaran lainnya. Copywriting web yang dibuat dengan baik dapat membuat pembaca tetap terlibat dan sering kali mengarahkan mereka untuk melakukan beberapa tindakan, seperti melakukan pembelian atau mengirimkan formulir.

Peran web copywriting adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan untuk menceritakan cerita atau kisah tentang suatu produk. Biasanya dapat ditemukan dalam bentuk postingan blog, artikel dan konten media sosial yang panjang.

4. Technical copywriting

Ingin Memfokuskan Diri jadi Copywriter? Simak Dulu 6 Jenisnya IniPexels/AndreaPiacquadio

Tecnical copywriting adalah istilah terbaik untuk copywriter yang mengkhususkan diri dalam menjual perangkat lunak atau produk dan layanan teknis. Pekerjaan ini seperti pedang bermata satu dimana adanya tumpang tindih antara penulisan teknis dan copywriting, dengan kecenderungan ke arah copywriting meskipun tunduk pada beberapa aturan khusus untuk memasarkan produk yang berorientasi teknis.

Jenis ini dibutuhkan dalam penulisan user manual atau panduan untuk pengguna. Technical copywriting ini tidak bertujuan untuk menjual sesuatu melainkan fokus pada pemilihan kata-kata sederhana yang dapat menjelaskan penggunaan suatu produk secara detail.

5. Creative copywriting

Ingin Memfokuskan Diri jadi Copywriter? Simak Dulu 6 Jenisnya IniPexels/cottonbro

Penggunaan creative copywriting dapat dengan mudah ditemui pada iklan seperti iklan televisi dan radio. Dalam jenis copywriting ini fokusnya tidak hanya menuliskan banyak tulisan, tapi menghasilkan slogan, jingle, naskah atau kalimat yang dapat menarik sisi psikologis dan emosional dari penonton sambil di saat yang sama menonjolkan visi, standar atau tone dari sebuah brand.

Mereka yang ingin terjun ke bidang ini harus punya kepekaan dengan apa yang sedang trend di masyarakat. Untuk perusahaan yang menjual produk kebutuhan masyarakat dan punya banyak pesaing. Kebutuhan akan creative copywriting sangat dibutuhkan.

6. Public relations copywriting

Ingin Memfokuskan Diri jadi Copywriter? Simak Dulu 6 Jenisnya IniPexels/fauxels

Public relations copywriting merupakan konten tertulis yang disampaikan oleh media cetak atau media daring. Jenis copywriting ini ditujukan untuk membuat konten-konten yang mewakili perusahaan di mata publik, seperti melalui siaran pers atau pernyataan perusahaan.

Biasanya perusahaan membutuhkan jasa ini untuk memberikan informasi terkait pemberitaan perusahaan. Salah satu tujuannya adalah untuk membuat perusahaan di kenal masyarakat atau menjaga ingatan masyarakat terhadap perusahaan. 

Itulah jenis-jenis copywriting yang perlu kamu ketahui. Jadi bagaimana, kamu mau fokus ke bidang yang mana?

Baca Juga: Ingin Berkarier Sebagai Copywriter? Ini 5 Tips untuk Mengasah Skill-mu

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya