Comscore Tracker

Yuk, Ucapkan Terimakasih Bagi 5 Tipe Orang Pendorong Kariermu

Apa kamu memiliki mereka sekarang?

Banyak orang memberikan pendapat bahwa diri kitalah yang menentukan kita sukses atau tidak. Ada benarnya memang. Namun coba pikirkan lebih dalam, bukankah kesuksesan kita sangat di pengaruhi oleh orang lain. Contohnya secara khusus yang bekerja di dunia organisasi. Saat kita akan mengajukan suatu proyek, namun jika tidak di setujui orang lain. Apakah akan berhasil? Meskipun sebenarnya bagi kita proyek tersebut sangat luar biasa.

Dalam menjajaki proses karier dari bawah sampai tingkat yang lebih baik. Tentu pasti ada beberapa orang yang memberikan sumbangsih besar dalam setiap prosesnya. Berikut lima tipe orang yang selalu akan ada dalam mendorong kariermu. 

1. Role model atau panutan

Yuk, Ucapkan Terimakasih Bagi 5 Tipe Orang Pendorong KariermuPixabay/mohamed_hassan

Setiap orang di bumi ini pasti memiliki sosok yang menjadi role model atau panutan dalam hidupnya secara khusus dalam dunia kerja. Role model akan memberikan pengaruh kepada diri kita baik itu langsung maupun tidak. Role model tentunya akan menjadi mood booster bagi diri kita sendiri.

Dalam dunia kerja atau organisasi lainnya, umumnya yang menjadi role model adalah ketua tim, bos atau atasan karena di nilai pas dijadikan sosok mentor karena gaya kepemimpinannya. Atau dalam dunia pendidikan misalnya, bisa saja guru hingga YouTuber kesukaan yang jadi role model.

2. Si pemberi nasihat

Yuk, Ucapkan Terimakasih Bagi 5 Tipe Orang Pendorong KariermuPixabay/Free-Photos

Kamu sangat bersyukur jika memiliki tipe orang seperti ini. Mereka akan memberikan nasihat terbaik agar kinerja atau usahamu berjalan dengan lancar. Masukan akan sangat begitu mudah saat pikiran lagi blank. Selain itu dalam dunia bisnis, penasihat adalah sebuah kebutuhan karena mengingat menjadi aspek penting dalam pengambilan keputusan. 

Namun dalam dunia nyata, penasihat bisa semua orang. Bisa saja pengamen jalanan, penatua agama, istri, anak ataupun teman sebaya yang paling kenal dengan kita.

Perhatikan apa yang mereka katakan, bukan siapa yang mengucapakan.

Baca Juga: 5 Alasan Rutin Berolahraga Bisa Bermanfaat untuk Kesuksesan Karier

3. Mediator atau si penghubung

Yuk, Ucapkan Terimakasih Bagi 5 Tipe Orang Pendorong KariermuPexels/StartUpStockPhoto

Si mediator atau penghubung ini sangat sering kita temui dalam perjalanan kariermu. Bisa saja mereka ini adalah rekan kerja yang memberikan koneksi pekerjaan baru, mereka yang suka memotivasi atau bahkan mereka yang merekomendasikanmu untuk dipromosikan.

Mediator bisa saja seperti media massa atau mungkin "orang dalam" yang memberikan kamu privelege akan kemudahan dalam mendapatkan posisi karier yang kamu inginkan. Be thankful for them.

4. Anak didikmu

Yuk, Ucapkan Terimakasih Bagi 5 Tipe Orang Pendorong KariermuPexels/nappy

Jika orang yang mendampingi kamu di sebut sebagai mentor, maka yang kamu sedang mentori inilah yang menjadi orang yang berpengaruh dalam proses karier. Dalam dunia profesionalisme di sebut dengan mentee.

Ada sebuah efek bahagia atau kepuasan saat kita memberikan ilmu yang kita miliki meskipun kita juga masih terpelajar. Seorang mentee yang kita didik ini akan menjadi pendorong karena kita merasa tidak mau gagal padahal kita adalah seorang guru baginya. 

5. Karyawan

Yuk, Ucapkan Terimakasih Bagi 5 Tipe Orang Pendorong KariermuPexels/fauxels

Mereka inilah harta yang sangat berharga jika kamu adalah seorang bos atau pimpinan. Mereka yang menjadi sponsor usaha yang kamu miliki dan juga dirimu sendiri. Mereka mau membela usahamu meskipun kamu tidak tahu.

Logikanya memang kamu bayar atau memang timmu. Namun karena memang ini bagi mereka penting, dirimu dan usahamu agak didelegasikan sebagai prioritas. 

Jika kamu belum memiliki mereka, segeralah temukan. Jika sudah berterima kasihlah. Memberikan apresiasi pada setiap orang yang memberikan dorongan atas kesuksesan kariermu membuat mereka lebih menghargaimu.

Baca Juga: Gampang Puas Usai Raih Kesuksesan Sesaat? Ini Lho 5 Kerugiannya!

Basri Pakpahan Photo Verified Writer Basri Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya