Comscore Tracker

Grogi? Ini 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Bicara di Depan Umum

Mampu bicara di depan umum adalah kemampuan tak ternilai

Kata "bicara di depan umum" menyebabkan takut dan cemas dalam pikiran walau pada orang yang percaya diri sekalipun. Biasanya harus bicara di depan orang banyak membuat berkeringat, jantung berdebar-debar, dan gagap bicara.

Ketakutan bicara di depan umum adalah salah satu hambatan bagi pekerja profesional yang berhadapan dengan orang banyak. Namun, berikut tips-tips sederhana agar kamu tidak gagap bicara di depan umum.

1. Mulai dari hal kecil

Grogi? Ini 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Bicara di Depan Umumpexels.com/Canva Studio

Jika kamu baru di dunia presentasi, mulai dari hal kecil untuk belajar. Carilah teman atau keluarga untuk berlatih. Mulai latihan bicara dari kelompok kecil dan terus tingkatkan. Banyaknya audiens tidak terlalu berpengaruh. Jika kamu menguasai topik, rasa takut dan gagapmu akan perlahan menghilang.

2. Buat persiapan matang

Grogi? Ini 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Bicara di Depan Umumpexels.com/mentatdgt

Tidak ada yang bisa membantu mengurangi ketakutan bicara di depan umum selain kamu menguasai topiknya. Kemampuan terhubung dengan audiens berasal dari kepercayaan diri selama kamu bicara. Latih penyampaianmu beberapa kali sebelum menyampaikannya ke orang lain.

3. Kuasai topik dan jangan menghapalnya

Grogi? Ini 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Bicara di Depan Umumpexels.com/Christina Morillo

Menguasai seni bicara di depan umum bukan berasal dari menghapal kata demi kata dari seluruh pembicaraanmu. Metode terbaik menguasai topik adalah dengan mengingat kata kunci dari topik dan contoh-contoh yang bisa ditunjukkan.

Baca Juga: 5 Cara Biar Gak Grogi Saat Tampil Presentasi di Kampus

4. Jangan terlihat stres

Grogi? Ini 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Bicara di Depan Umumpexels.com/fauxels

Momen paling menakutkan dari presentasi manapun adalah menit-menit akhir sebelum kamu mulai presentasi. Meski grogi, gunakan taktik dengan menunjukkan sikap positif dan tarik napas dalam-dalam untuk mengurangi stres dan membangun kepercayaan diri.

5. Buat kontak mata dengan audiens

Grogi? Ini 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Bicara di Depan Umumpexels.com/fauxels

Yakinkan diri bahwa kamu pantas berdiri dan bicara di depan orang banyak. Perkenalkan dirimu pada audiens yang hadir. Selama kamu bicara, lihat mata orang-orang yang hadir, bisa mengurangi grogi dan membuat kamu terhubung dengan audiens.

Nah, itulah lima tips untuk mengatasi rasa takut bicara di depan umum. Apakah kamu termasuk orang yang percaya diri bicara di depan umum?

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Agar Gak Grogi Memulai Percakapan dengan Orang Baru

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya