Comscore Tracker

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resign

Mungkin ada yang pernah ngalamin

Banyak yang menyatakan bahwa penentu utama suatu pekerjaan dianggap nyaman adalah manajernya. Manajer yang buruk menjadi penyebab nomor satu terbanyak karyawan resign. Kenapa sih manajer bisa sefatal itu menjadi penentunya? Dilansir dari tulisan Brigette Hyacinth di LinkedIn, inilah tujuh kesalahan fatal manajer yang bikin karyawan resign!

1. Manajer terlalu tidak fleksibel dan selalu mempersulit keadaan

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resignfosterpartnership.co.uk

Manajer yang seperti ini bisa membuat tugas menjadi setinggi gunung, yang awalnya hanya bukit-bukit kecil, ketika seorang karyawan ingin hari libur atau ingin istirahat lebih awal karena bekerja lebih cepat. Karyawan harusnya merasa nyaman mendekati manajernya setiap saat. Namun jika manajernya tidak fleksibel, ini akan membangun dinding di antara dirinya dan karyawannya.

2. Menunjukkan favoritisme yang nyata di dalam tim kerja yang sama

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resignfacilitatoronfire.net

Mungkin kita sudah terbiasa dengan politik kantor dan favoritisme. Memang menyedihkan bila para karyawan sudah bisa menebak siapa yang dipromosikan naik jabatan sebelumnya karena semua sudah bisa melihat siapa yang paling dekat dengan manajer. Selalu pilih kasih karyawan untuk dipromosikan dan diberi tugas khusus itu bisa menghancurkan moral tim.

3. Sangat cepat dalam menyalahkan dan menghukum karyawan

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resignbackstorebox.com

Bos yang buruk suka berasumsi yang terburuk. Mereka suka melempar karyawan untuk menghadapi cercaan yang ada, bukan berdiri dengan tegak melindungi timnya. Padahal mereka justru perlu melakukan sebaliknya. Jika kamu mengharapkan kesetiaan karyawan, kamu harus menunjukkan kesetiaan itu.

4. Manajer tidak menunjukkan bahwa mereka peduli

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resignthekinigroup.com

Bos yang buruk akan memperlakukan karyawannya seakan bisa digantikan dengan sangat mudah. Sehingga makin banyak karyawan yang ingin bekerja pada perusaan, yang manajernya memperlakukan mereka selayaknya manusia. Mulai dari pengaturan jam istirahat, jam pulang, jadwal shift, beban kerja dan faktor-faktor lainnya. Karyawan juga tetap perlu memiliki waktu istirahat, waktu hiburan dan waktu bersama keluarga.

5. Manajer tidak mengakui pencapaian-pencapaian yang ada

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resignrubincommunications.com

Apa yang lebih menyakitkan daripada ditolak atau dikasari? Ya, tidak dianggap atau tidak dipedulikan. Bisa dibilang salah satu penyebab banyak karyawan resign adalah ketika mereka telah bersusah payah melakukan kerjaan yang jauh lebih dari seharusnya, tapi tidak dihiraukan. Bayangkan jika kamu berjuang akan sesuatu, mendapatkannya, terus dihancurkan begitu saja.

6. Micromanaging (mengurusi hal-hal yang terlalu remeh) soal karyawan

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resignthenational.ae

Memantau sesekali boleh lah, tetapi mengurusi sampai mengatur hal-hal sekecil-kecilnya itu bukannya membantu malah memberi tekanan pada karyawan. Kebebasan kerja juga perlu didapatkan oleh karyawan, sehingga mereka merasa sebagai manusia bermanfaat yang dihargai sepenuhnya. Jika hal sekecilnya pun diatur, berarti bahkan pemikiran mereka pun tidak dihargai, seperti anak kecil yang belum bisa apa-apa.

7. Manajer tidak tertarik pada pengembangan karyawan

7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resigngreatist.com

Lebih buruk lagi jika mereka hanya peduli tugas dan tanggung jawab mereka selesai. Ketidakpedulian pada perkembangan karyawan akan dirasakan oleh karyawan yang bersangkutan. Makin lama semangat dan harga diri mereka semakin luntur, karena seakan hanya dianggap seperti mesin pencetak uang.

Di antara contoh-contoh perilaku manajer di atas, yang mana saja yang pernah kamu alami dari atasanmu. Atau jika kamu seorang manajer, kesalahan mana yang kamu sadar pernah melakukannya? Yang mana pun kamu, setidaknya kamu tahu bahwa tujuh contoh di atas bisa menyebabkan karyawan resign lho!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Tania

Just For You