Comscore Tracker

Gak Mau Kerjaan Tertunda? Hindari 5 Kesalahan Saat Work From Home Ini

Kerja dirumah harus tetap efektif supaya produktif

Sejak pandemi banyak pekerja profesional yang memulai bekerja dari rumah. Meskipun telah berlangsung lama, banyak orang belum menemukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

Kalau kamu juga merasa demikian, coba hindari kesalahan-kesalahan saat work from home berikut yang sering bikin kerja tertunda.

1. Tidak ada jadwal kerja yang jelas

Gak Mau Kerjaan Tertunda? Hindari 5 Kesalahan Saat Work From Home Inipexels.com/anastasia-shuraeva

Jadwal akan membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih efektif dan efisien. Seperti di kantor, disarankan untuk punya panduan sejak kapan dan berapa jam kamu perlu bekerja. Meskipun bekerja di rumah, kamu juga harus tetap disiplin terhadap jadwal.

2. Bekerja tidak di meja

Gak Mau Kerjaan Tertunda? Hindari 5 Kesalahan Saat Work From Home Inipexels.com/olly

Kesalahan paling umum ketika WFH adalah bekerja dari tempat tidur atau sofa yang membuatnya kurang kondusif. Ketika tidak bekerja di meja, otak bisa berpikir bahwa kamu sedang bersantai. Hal ini akan membuat pekerjaan jadi tertunda dan kurang konsentrasi. 

Baca Juga: 8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home 

3. Mencampur urusan kerja dan pribadi

Gak Mau Kerjaan Tertunda? Hindari 5 Kesalahan Saat Work From Home Inipexels.com/jack-sparrow

Bekerja tanpa jadwal yang jelas, membuat kamu jadi mudah mencampur urusan pekerjaan dan pribadi. Waktu yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan tugas malah dipakai untuk menonton film atau tidur. Kerja jadi terbengkalai dan waktumu jadi tidak efektif.

4. Menutup komunikasi

Gak Mau Kerjaan Tertunda? Hindari 5 Kesalahan Saat Work From Home Inipexels.com/elijahsad

Bekerja dari rumah seringkali jadi kurang menyenangkan karena rasa bosan tidak adanya teman kerja.Tetaplah jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat agar tidak merasa kesepian. Selain rekan kerja, hubungi juga teman membicarakan hal-hal di luar pekerjaan.

5. Gagal menginformasikan pada keluarga

Gak Mau Kerjaan Tertunda? Hindari 5 Kesalahan Saat Work From Home Inipexels.com/anastasia-shuraeva

Pada saat WFH, kamu pun sebaiknya harus menahan diri untuk tidak membantu melakukan pekerjaan rumah. Kamu perlu menjelaskannya pada keluarga, termasuk anak-anak. Informasikan bahwa pada jam-jam tertentu kamu harus menyelesaikan pekerjaan.

Semoga dengan memahami kesalahan-kesalahan tersebut aktivitas WFH kamu jadi lebih efektif. Setidaknya pekerjaan kamu tidak terbengkalai, meski kerja dari rumah.

Baca Juga: 5 Cara Menciptakan Zona Kondusif Saat Work from Home, Biar Fokus

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya