Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! 

Yuk, hindari!

Seperti kondisi saat ini, dirimu sebagai seorang pekerja dituntut untuk bekerja dari rumah atau sering disebut dengan work from home (WFH). Namun, dengan adanya kebijakan work from home ini, terkadang membuat sebagian para pekerja produktivitasnya menjadi menurun. Hal tersebut, haruslah kamu hindari, ya!

Nah, berikut akan ada ulasan mengenai lima hal yang harus kamu hindari agar tetap produktif, meski saat WFH. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Telat bangun   

5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! Unsplash/Gregory Pappas

Jika kamu menganggap bila sudah work from home, maka dirimu dapat sesuka hati bangun kapan saja. Pandangan ini sangatlah salah, sebab bila kamu tidak bangun seperti waktu biasanya, maka hal ini dapat menurunkan produktivitas mu saat WFH.

Cobalah untuk bangun lebih awal, agar kamu memiliki waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dirimu butuhkan saat WFH dan kamu memiliki waktu untuk sarapan sebelum melakukan pekerjaan.

2. Tidak tersedianya alat kerja  

5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! Unsplash/Jonathan Francisca

Sebelum kamu memulai bekerja dari rumah, dirimu harus memperhatikan dan mempersiapkan segala sesuatu peralatan kerja yang kamu butuhkan. Misalnya, laptop, earphone, mouse, ataupun komputer.

Dengan peralatan yang sudah lengkap, maka kamu dapat bekerja dengan mudah, tanpa adanya hambatan. Sebab, jika peralatan atau alat kerjamu tidak tersedia, maka dapat menghambat pekerjaanmu dan membuat dirimu kehilangan produktivitas dalam berkerja.

Baca Juga: Akui Saja, 5 Kebiasaan Buruk Ini Pasti Kamu Lakukan Saat Sedang WFH

3. Koneksi internet yang tidak lancar  

5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! Unsplash/Thought Catalog

Hal yang paling penting kamu persiapkan saat WFH adalah memastikan bahwa koneksi  lancar. Sebab, menjadi suatu masalah apabila koneksi internet mu lambat, dan membuat pekerjaan mu menjadi tertunda. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi produktivitas dan kinerja mu dalam bekerja.

4. Belum selesai mengerjakan pekerjaan rumah  

5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! Pexels/Andrea Piacquadio

Ada baiknya jika sebelum memulai WFH, kamu harus mempersiapkan dan mengerjakan segala pekerjaan rumah terlebih dahulu. Seperti, memasak dan membersihkan rumah. Nah, jika semua tugas rumah telah selesai maka kamu dapat bekerja dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Sebab, bila kamu belum selesai melakukan pekerjaan rumah, maka hal itu akan membuat fokus mu menjadi terpecah, antara bekerja atau mengerjakan pekerjaan rumah. Alhasil, hal tersebut bisa membuat produktivitas mu menjadi menurun.

5. Bekerja pada tempat yang tidak nyaman  

5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! Unsplash/Charles Deluvio

Saat sedang bekerja dari rumah, cobalah untuk mencari tempat yang nyaman dan aman. Jangan bekerja pada tempat yang ribut, atau bahkan bekerja sambil berbincang dengan anggota keluarga. Sebab, hal itu dapat mengganggu produktivitas kerja mu dan membuat dirimu menjadi tidak fokus terhadap pekerjaan mu.

Mulai sekarang, ingat selalu untuk jangan pernah melakukan hal-hal yang telah disampaikan di atas, agar produktivitas mu tidak menurun saat WFH.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengoptimalkan WhatsApp Selama WFH

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya