Comscore Tracker

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Demam Panggung, Presentasi Lancar!

Hadapi dengan penuh ketenangan

Siapapun pasti pernah mengalami dan merasakan demam panggung. Entah itu menjelang presentasi, atau bahkan melakukan hal baru yang belum pernah dikerjakan. Banyak yang bisa dilakukan untuk meredakan demam panggung ini.

Namun, tidak semua tips bisa dipraktikkan dengan mudah begitu saja. Paling penting adalah berusaha untuk mencoba. Nah, kalau kamu ada di posisi ini tidak ada salahnya untuk mempraktikkan beberapa tips berikut. Jangan lupa juga untuk membiasakannya, ya!

1. Membaca catatan kecil yang telah dibuat sebelumnya

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Demam Panggung, Presentasi Lancar!ilustrasi membaca buku (unsplash.com/Joel Muniz)

Demam panggung bisa saja muncul akibat terlalu banyak pikiran negatif akan materi yang belum maksimal. Nah, supaya materi yang kamu sampaikan lebih dikuasai, sangat disarankan supaya kamu baca catatan kecil yang berisi ringkasan materi presentasi.

Tentu saja kamu bisa menyiapkan ini jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi, memang sangat penting untuk menulis di catatan kecil sebagai antisipasi. Buku yang kamu gunakan juga tidak perlu terlalu besar. Cukuplah yang sekiranya ringan dan tidak memberatkan.

2. Minum air putih yang cukup namun tidak berlebihan

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Demam Panggung, Presentasi Lancar!ilustrasi menyiapkan minum (unsplash.com/Bluewater Sweden)

Sangat jelas terbukti bahwa air minum mampu meningkatkan daya ingat juga fokus bagi siapapun. Sudah banyak penelitian yang melakukan penyelidikan akan manfaat air putih yang begitu beragam. Nah, supaya presentasi kamu lancar dan bisa meredakan demam panggung, maka sangat disarankan untuk mencoba hal ini.

Sewajarnya saja, tidak perlu berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, kamu juga bisa mempersiapkan air minum baik dingin ataupun dengan suhu normal. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dan keinginan yang membuatmu lebih lega. Air putih juga bermanfaat untuk menghindarkan dehidrasi saat presentasi.

Baca Juga: 5 Tips Miliki Public Speaking yang Bagus, agar Mudah Menguasai Audiens

3. Mengonsumsi makanan favorit yang bisa meningkatkan mood

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Demam Panggung, Presentasi Lancar!ilustrasi makan bersama (unsplash.com/Dan Gold)

Sembari menanti waktu presentasi kamu tiba, manfaatkan waktu untuk hal yang bisa meningkatkan mood. Salah satunya adalah mengonsumsi camilan ringan yang manis ataupun favorit. Tidak perlu terlalu banyak, kamu hanya perlu melakukan ini sembari terus berlatih dan mengingat-ingat materi presentasi.

Jangan lupa juga untuk minum dan berkumur setelah selesai makan. Ini bertujuan supaya tidak ada sisa makanan yang membekas di sekitar gigi. Tentunya akan sangat mempengaruhi performa kamu saat presentasi. Meskipun ini terkesan sepele, namun juga harus kamu perhatikan!

4. Menenangkan diri di ruang privat terlebih dahulu

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Demam Panggung, Presentasi Lancar!ilustrasi sendirian (unsplash.com/Allef Vinicius)

Sebelum presentasi, tentu saja kamu akan berada di ruangan privat terlebih dahulu. Kamu bisa memanfaatkan ruangan itu untuk menenangkan diri. Kamu bisa mengatur nafas dan suara supaya tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk memeriksa penampilan barangkali ada yang kurang tepat.

Tidak perlu ragu untuk sejenak berdiam diri di ruangan privat itu, karena memang sudah dikhususkan untuk kamu. Selagi masih ada waktu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan sebaik mungkin. Daripada kamu hanya melamun dan memikirkan beragam hal negatif yang tidak bermanfaat sama sekali.

5. Melakukan peregangan kecil untuk meningkatkan semangat

5 Tips Sederhana untuk Meredakan Demam Panggung, Presentasi Lancar!ilustrasi olahraga (unsplash.com/Karsten Winegeart)

Peregangan sangat bermanfaat dalam hal apa saja. Kamu bisa melakukan sedikit pemanasan supaya rasa canggung dan demam panggung bisa berkurang. Selain itu, kamu juga bisa berlari-lari kecil di tempat untuk melemaskan kaki. Tidak perlu malu dan ragu, karena ini sangat bermanfaat untuk kamu.

Peregangan kecil ini juga bermaksud untuk meningkatkan gairah dan semangat saat presentasi nanti tiba. Tentu saja ini akan memberikan asupan semangat supaya kamu lebih serius dan fokus lagi. Namun, jangan terlalu berlebihan ketika melakukan peregangan, ya!

Meskipun demam panggung bisa datang kapan saja. Ternyata, kamu bisa mengantisipasi dan meredam supaya rasa canggung dan khawatir itu bisa terminimalisir. Jadi, kira-kira kamu sudah siap untuk melakukan presentasi atau belum, nih? Apa saja faktor yang sering membuatmu demam panggung?

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Menutup Presentasi yang Akan Bikin Sangat Berkesan

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya