Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Dirimu ketika Sering Dibandingkan

Biar gak sedih lagi

Hampir semua orang pasti pernah merasakan bagaimana pahitnya dibandingkan dengan orang lain. Dikatain kurang mampu, tidak pintar, tak bisa lakukan apa-apa, miskin, gak pandai bergaul dan lain sebagainya. Tentu saja, itu bisa menyakiti perasaan dan kesehatan mental kamu. Padahal, mereka yang suka membanding-bandingkan sering tidak sadar apa yang telah mereka lakukan salah walau niat sebenarnya baik.

Dalam situasi seperti ini, alangkah baiknya jika kamu bijak menyikapinya. Salah satunya dengan mengatakan hal positif pada dirimu sendiri. Yuk, langsung simak!

1. Yakinlah kamu itu hebat

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Dirimu ketika Sering Dibandingkanilustrasi orang percaya pada dirinya dan sekitarnya (pexels.com/Canva Studio)

Ada begitu banyak potensi dalam diri kamu yang harus dijelajahi dan dikembangkan. Jangan pernah menyalahkan dirimu atas kegagalan yang pernah terjadi. Percayalah kamu itu unik, kuat, dan luar biasa. 

Meskipun orang tua dan keluarga terus men-judge , berkomentar, dan membandingkan kamu dengan orang lain. Yakini dirimu sendiri bahwa kamu bisa bahkan jauh lebih hebat dari yang dibayangkan.

2. Tidak ada manusia yang sempurna 

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Dirimu ketika Sering Dibandingkanilustrasi orang menerima dirinya(unsplash.com)

Manusia diciptakan Tuhan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan kelebihannya, manusia dapat memudahkan hidupnya serta kekurangan juga manusia melengkapi satu sama lain. Justru kekurangan itu menegaskan kamu adalah manusia yang membutuhkan pertolongan Tuhan dan orang lain dalam hidupmu.

Namun, kekurangan bisa menjadi momok yang menakutkan bagi orang hidupnya tertekan, selalu memikirkan perkataan orang lain, dan senantiasa cemas akan segalanya. Mereka berusaha melakukan apapun bukan untuk dirinya melainkan demi pengakuan orang lain. Ingatlah tidak ada manusia yang sempurna.

3. Mereka berekspektasi, kamu yang menjalaninya

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Dirimu ketika Sering Dibandingkanilustrasi anak yang lelah memenuhi ekspektasi orang lain(pexels.com)

Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya.Namun, tak jarang orang tua mengultimatum masa depan anaknya agar sesuai harapan yang diimpikan. Sehingga anak terpaksa melakukan sesuatu di luar kemampuannya yang secara tidak langsung mengubur talenta luar biasa di bidang lain. Ini jelas berdampak buruk terhadap perkembangan anak.

Teruntuk kamu di luar sana yang sedang berjuang melawan stigma negatif para orang tua, tetap semangat! Raihlah mimpimu setinggi langit dengan usaha yang sama tingginya. Orang-orang boleh membandingkan dirimu dengan anak lain, tapi kamu harus tetap menjadi diri sendiri. Buktikan kalau kamu hidup bukan untuk memenuhi ekspektasi orang tuamu.

Baca Juga: Antara Keluarga dan Karier, Terapkan 12 Tips Ini Agar Hidup Seimbang

4. Satu-satunya orang yang paling tahu tentang kamu adalah dirimu sendiri

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Dirimu ketika Sering Dibandingkanilustrasi seorang wanita yang suka melukis(pexels.com)

Ingatlah di Bumi ini yang paling tahu apa yang kamu sukai, inginkan, takuti, dan impikan adalah dirimu sendiri. Kamu tahu apa yang ingin kau lakukan dan kamu melakukan apa yang kau sukai.

Jujurlah pada orang tua terutama dirimu mengenai perasaanmu sesungguhnya. Biarkan orang tua tahu isi hatimu. Lalu, bersinarlah dengan kemampuan yang lebih dari sekadar 'bisa'.

5. Kamu tidak sendirian

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Dirimu ketika Sering Dibandingkanilustrasi remaja saling berbagi cerita (pexels.com)

Tak peduli apapun karyamu pasti terlihat salah dan kurang di mata orang-orang yang membandingkan. Oleh karena itu, kamu jadi ragu-ragu dalam melakukan sesuatu. Pikiranmu terbebani membuat kamu jadi kurang percaya diri. 

Itu terjadi karena mereka belum mengenal baik dirimu.Tidak usah paksakan dirimu untuk  menunjukkan kebolehan di hadapan mereka. Sebab bukannya diakui yang ada malah ketidaknyamanan. Namun, percayalah kamu tidak sendirian mengalaminya. Ada banyak orang yang bisa berbagi cerita denganmu.

Demikianlah lima hal yang harus dikatakan pada dirimu sendiri ketika dibanding-bandingin sama orang tua. Selain itu, peluk hangat dirimu karena kamu layak bahagia. Inilah hal positif yang dapat kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Christina smtp Photo Writer Christina smtp

Seseorang yang terbuka lewat tulisan dan perlu belajar banyak hal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya