Comscore Tracker

5 Pekerjaan Profesional yang Tugasnya Mencicipi dan Mencium Aroma

Terlihat menyenangkan, namun juga ada efek sampingnya

Ada banyak jenis pekerjaan di dunia ini, mulai dari pekerjaan yang terlihat biasa-biasa saja, pekerjaan ekstrem/berbahaya, sampai pekerjaan unik seperti pencicip dan pencium aroma. Nah, khusus pekerjaan atau profesi yang tugasnya mencicipi dan mencium aroma, ini terbilang cukup langka dan gajinya sudah pasti tinggi. Namun tidak semuanya terlihat mengasyikkan, karena tentu ada efek samping yang akan mereka alami di waktu yang akan datang.

Uniknya lagi, ternyata bukan hanya makanan manusia saja yang bisa dicicipi secara profesional. Makanan kucing dan anjing ternyata juga memiliki pencicip dan pencium profesionalnya sendiri.

Kira-kira apa saja ya pekerjaan profesional yang tugasnya mencicipi dan mencium aroma?

1. Sommelier (Pencicip wine profesional)

5 Pekerjaan Profesional yang Tugasnya Mencicipi dan Mencium Aromadecanter.com

Sommelier bukan hanya bertugas sebagai pelayan wine, lebih dalam lagi, profesi ini bertugas sebagai pencicip citarasa dari sebuah wine atau minuman anggur. Hampir semua restoran, terutama di Barat, menyediakan wine sebagai minuman wajib.

Tidak sembarang orang bisa melakukan profesi ini. Seperti dikutip dari jurnal Decanter, tidak sembarang orang mampu mencicipi citarasa sebuah wine, butuh pengalaman lama yang cukup intens terhadap citarasa wine atau minuman anggur berkualitas. Salah satu Sommelier terbaik di dunia adalah Raimonds Tomsons, seorang kepala pencicip anggur dari Latvia.

Rata-rata penghasilan Sommelier profesional adalah US$ 70.000 pertahun, setara Rp980 juta pertahun atau Rp81 juta perbulan. Gimana, kamu tertarik menjadi Sommelier profesional?

2. Pencicip cokelat profesional

5 Pekerjaan Profesional yang Tugasnya Mencicipi dan Mencium Aromamirror.co.uk

Wanita paruh baya bernama Sue Stone ini bisa jadi adalah orang yang beruntung di dunia pekerjaan. Bagaimana tidak, ia bekerja sebagai pencicip cokelat profesional selama 27 tahun! Sungguh sebuah pekerjaan yang di idam-idamkan banyak orang.

Laman Mirror mencatat bahwa Sue Stone telah mencicipi 20 varian coklat setiap harinya, selama 27 tahun. Namun untuk terhindar dari diabetes, Sue juga harus mengimbanginya dengan banyak bergerak, ia selalu berjalan kaki berkilo-kilo meter ketempat ia bekerja setiap harinya.

3. Water Sommelier (Pencicip air mineral profesional)

5 Pekerjaan Profesional yang Tugasnya Mencicipi dan Mencium Aromakcet.org

Pekerjaan yang menyenangkan, menyehatkan, dan digaji tinggi, kamu mau? Jadilah Water Sommelier alias pencicip air mineral profesional. Tapi kualifikasi untuk pekerjaan ini sangatlah sulit. Seorang profesional pencicip air mineral, harus memiliki lidah yang sangat peka terhadap aroma berbeda sekecil apapun itu, dari setiap tegukan air yang ia cicipi.

Seperti dipublikasikan di laman Reuters, adalah Martin riese seorang pencicip air mineral kenamaan asal Jerman, mengatakan bahwa air mineral juga wajib di cicipi sebelum dijual kepasaran. Dengan sekali cicip, ia akan tahu mana air mineral biasa dan mana air mineral yang berkualitas tinggi.

4. Pencicip makanan kucing dan anjing profesional

5 Pekerjaan Profesional yang Tugasnya Mencicipi dan Mencium Aromatheplaidzebra.com

Apakah kamu memiliki peliharaan anjing atau kucing dirumah? Jika kamu rutin memberikan peliharaanmu makanan jadi/pabrik, maka berterima kasihlah kepada mereka yang telah menjadi pencicip makanan hewan peliharaan profesional. Pekerjaan ini juga bukan sembarang pekerjaan, karena akan dituntut untuk mengetahui bagaimana citarasa makanan hewan peliharaan, sehingga bisa diketahui apakah anjing dan kucing bakalan suka atau tidak.

Seperti yang diberitakan dalam artikel di majalah online Top Dog Tips, perusahaan makanan anjing telah banyak merekrut para pencicip makanan anjing profesional. Tugasnya adalah menilai sejauh mana makanan itu akan disukai oleh anjing. Hebatnya lagi, menurut berbagai sumber, profesi ini digaji sekitar Rp70 juta perbulan!

5. Pencium aroma ketiak profesional

5 Pekerjaan Profesional yang Tugasnya Mencicipi dan Mencium Aromaparhlo.com

Pekerjaan ini terbilang sangat aneh, atau bisa jadi sedikit menjijikkan. Namun pekerjaan sebagai pencium ketiak profesional memang ada, dan tugas mereka cukup beragam, mulai dari penelitian di dunia medis, sampai dunia komersial seperti perusahaan-perusahaan parfum dan deodorant terkenal. Hal ini dilakukan karena tiap-tiap manusia memiliki aromanya sendiri-sendiri.

Seperti dilansir dalam laman Well and Good, hasil atau hipotesa yang mereka dapat, akan sangat membantu kebanyakan perusahaan pembuat deodorant untuk menentukan jenis deodorant mana yang cocok digunakan oleh konsumennya.

Nah bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi profesional dibidang pencicip dan pencium aroma?

Baca Juga: 5 Cara Kerja Profesional yang Patut Diterapkan Fresh Graduate

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You