Comscore Tracker

5 Tips agar Pembaca Betah Membaca Novelmu di Platform Online

Seperti apa ya tips yang bisa kamu lakukan?

Ada beberapa cara untuk mempublikasikan naskah novel. Saat ini, yang makin ramai digemari yaitu platform online.

Sudah banyak platform online yang mempersilakan penulis untuk membagikan karya mereka. Tentunya, menulis di platform online dan yang akan tercetak dalam bentuk fiksi pun berbeda. Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan jika ingin pembaca setia mengikuti kelanjutan novelmu di platform online.

Nah, lima poin berikut akan menjabarkan tips untuk membuat pembaca betah membaca novelmu di platform online. Langsung saja kita simak yuk!

1. Membuat judul, cover, dan blurb yang menarik 

5 Tips agar Pembaca Betah Membaca Novelmu di Platform Onlineilustrasi membuat desain (unsplash.com/Milad Fakurian)

Sebelum membahas mengenai isi cerita, maka yang utama adalah sampulnya. Ya, agar pembaca tertarik dan penasaran dengan karyamu, maka judul dan cover novel harus dibuat semenarik mungkin. 

Begitu pun dengan blurb. Blurb ialah rangkaian kalimat yang biasa ada di belakang sampul buku. Blurb juga sangat menentukan apakah novelmu menarik pembaca atau tidak. Jadi, perlu membuat blurb yang singkat tapi juga memunculkan pertanyaan yang membuat penasaran.

 

2. Membuat alur yang tak tertebak 

5 Tips agar Pembaca Betah Membaca Novelmu di Platform Onlineilustrasi mengetik (unsplash.com/Amelia Bartlett)

Di sinilah kepiawaian seorang penulis akan terlihat. Sususan kalimat yang menyimpan teka-teki akan membuat pembaca penasaran. Tidak harus genre thriller atau science fiction untuk membuat adegan menegangkan, genre romance juga bisa diolah untuk menyajikan plot twist, lho!

Nah, untuk itu di setiap bab yang di-publish ke platform online perlu memperhatikan adanya sesuatu yang membuat pembaca ingin terus mengikuti jalan cerita. Salah satunya yaitu dengan memberikan sedikit clue untuk menuju ke konflik utama.

 

Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!

3. Membuat cliffhanger ending 

5 Tips agar Pembaca Betah Membaca Novelmu di Platform Onlineilustrasi terkejut (unsplash.com/jaikishan patel)

Cliffhanger ending merupakan istilah yang mengartikan akhir yang menggantung. Maksudnya, di setiap akhir bab perlu dibuat suatu konflik atau pertanyaan, yang jawabannya ada di bab selanjutnya. Dengan begitu akan membuat pembaca penasaran.

Pembuatan cliffhanger ending tentunya bisa dipelajari. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan tanda tanya.

Contohnya, bab di novel menceritakan tentang adegan penculikan. Nah, di akhir bab bisa dituliskan keraguan si tokoh utama yang berkata dalam batin 'Pria berambut hitam legam dan berkumis tebal, siapakah dia?'

 

4. Menggunakan tata cara kepenulisan yang benar 

5 Tips agar Pembaca Betah Membaca Novelmu di Platform Onlineilustrasi membuat tujuan (unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Kerapian dalam menulis juga sangat memengaruhi pembaca untuk melanjutkan cerita. Tidak selalu soal ide cerita yang menarik, kemampuan menulis sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) juga berperan di dalamnya. Berbagai kosakata yang sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) juga harus diperhatikan. 

Jika kerapian tulisan sudah diterapkan, pembaca juga akan mudah memahami cerita dan mengikuti alurnya. Tentunya, semua tanda baca juga perlu untuk diperhatikan. Perbedaan peletakan tanda titik dan koma saja bisa memberikan arti yang berbeda. Jadi, meski novel adalah karya fiksi, tetap harus berpedoman pada PUEBI dan KBBI.

5. Membangun interaksi dengan pembaca

5 Tips agar Pembaca Betah Membaca Novelmu di Platform Onlineilustrasi berbincang (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Adanya hubungan akrab antara penulis dan pembaca ternyata juga memengaruhi, lho! Banyak penulis yang memberikan panggilan khusus untuk pembaca bukunya, begitu pun sebaliknya.

Salah satu cara memulai membangun interaksi dengan pembaca yaitu dengan membalas setiap komentar baik.

Oh iya, jika menulis di platform online, disarankan untuk melakukan update cerita secara rutin sehingga pembaca sudah tahu kapan kelanjutan ceritanya dipublikasikan. Selain itu, ada beberapa platform online yang memberikan bayaran berdasarkan kerajinan update bab.

Semakin banyak pembaca, maka semakin banyak pula feedback yang bisa didapatkan oleh penulis. Maka dari itu, kenyamanan pembaca pun patut diperhatikan.

 

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tingkatkan Keterampilan Menulis, Temukan Mitra!

Alina Lin Photo Verified Writer Alina Lin

Dreamer, Learner, Future Writer (follow me: @alina_alinalin )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya