Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kenapa Basa-basi Diperlukan di Tempat Kerja

Namun pastikan basa-basimu bermutu ya

Bekerja di suatu tempat tentu akan membuat kita bertemu dengan orang yang memiliki berbagai karakter. Berbeda dengan lingkup pertemanan yang bisa kita pilih, dalam pekerjaan kita gak bisa menyeleksi begitu saja rekan yang se-frekuensi dengan kita. Terkadang, ada momen di mana kita harus berbaur dengan semua rekan kerja tanpa bisa kita hindari.

Di sinilah diperlukan yang namanya basa-basi. Selain itu, ada beberapa alasan juga nih kenapa basa-basi cukup penting untuk dilakukan di tempat kerja.

1. Menambah kedekatan

Ini 5 Alasan Kenapa Basa-basi Diperlukan di Tempat Kerjaunsplash/Austin Distel

Berawal dari basa-basi, kamu bisa mulai menambah kedekatan secara personal dengan orang tertentu. Bukankah ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Jika gak dimulai dengan basa-basi, kamu gak akan bisa mengetahui kedekatan apa yang bisa terjalin antara kamu dan rekan kerja.

2. Mengurangi kekakuan dan perasaan canggung

Ini 5 Alasan Kenapa Basa-basi Diperlukan di Tempat Kerjaunsplash/NeONBRAND

Tanpa basa-basi yang dibiasakan, kamu akan terus merasa canggung dengan teman kerjamu. Karena, teman kerja adalah orang yang mau tidak mau harus berusaha kamu dekati. Mereka adalah orang yang akan kamu temui paling sering dalam hidupmu selama kamu bekerja di tempat tersebut. Gak mau kan kalau harus terus menerus merasa canggung?  

Baca Juga: Basa-Basi Boleh Aja, Tapi Cobalah Hindari Mengatakan 5 Kalimat Ini

3. Mencairkan suasana

Ini 5 Alasan Kenapa Basa-basi Diperlukan di Tempat Kerjathisisaustralia.com

Ketika suasana kantor terasa sepi dan kosong, di situlah basa-basi perlu untuk dilakukan. Suasana kantor yang tidak mengenakkan akan membuat kamu sendiri juga merasa tidak nyaman. Jangan sampai rasa tidak nyaman ini kemudian memicu perasaan tidak betah. Makanya, gak masalah kok untuk mulai mencairkan suasana dengan basa-basi terlebih dahulu.

4. Saling mengenal satu sama lain

Ini 5 Alasan Kenapa Basa-basi Diperlukan di Tempat Kerjaspeakup-usa.com

Basa-basi gak selamanya basi. Basa-basi juga bisa jadi gerbang untuk semakin mengenal karakter rekan kerja mu. Sehingga kamu bisa tahu siapa yang sefrekuensi denganmu dan mana yang gak. Kamu juga bisa memaklumi sifat-sifat tertentu yang dimiliki rekan kerjamu sehingga gak gampang terjadi kesalahpahaman.

5. Biar gak dicap sombong

Ini 5 Alasan Kenapa Basa-basi Diperlukan di Tempat Kerjamonster.com

Jarang berinteraksi juga akan membuat cap sombong melekat di dirimu. Jika kamu cukup peduli dengan hal ini, maka mulailah percakapan ringan dengan berbasa-basi. Gak ada ruginya kok untuk memulai duluan obrolan dengan rekan kerja. Meski akan terasa kurang nyambung pada awalnya, lama-kelamaan kalian akan menemukan topik pembicaraan yang ternyata cocok untuk dibicarakan.

Ada banyak orang yang menyepelekan basa-basi dan merasa hal itu gak cukup penting. Apalagi untuk dilakukan di tempat kerja. Padahal, justru basa-basi bisa menjadikan suasana kantor menjadi lebih hangat dan bersahabat. Siapapun jadi senang berangkat bekerja setiap hari kalau begini, ya gak?

Baca Juga: Biar Gak Canggung, Ini 5 Tips Basa-basi "Aman" Tanpa Bikin Ilfeel 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya