Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Lingkungan yang Positif bagi Seorang Pebisnis

Meningkatkan motivasi dan menambah semangat!  

Bicara soal bisnis seringkali dikaitkan dengan berbagai strategi atau trik demi meraih kesuksesan dengan waktu yang singkat, atau cara mengatasi kegagalan agar menjadi batu loncatan ke langkah yang selanjutnya. Kita sering lupa bahwa dalam berbisnis, lingkungan yang positif dan mendukung juga sama pentingnya dengan berbagai strategi bisnis tersebut.

Apa sih kelebihan dari memiliki lingkungan yang positif bagi kesuksesan bisnis kita? Ini nih lima di antaranya.

1. Untuk memotivasi dan memberi dukungan

5 Alasan Pentingnya Lingkungan yang Positif bagi Seorang Pebisnisunsplash/Tyler Nix

Sudah jelas, sebagai makhluk sosial kita gak bisa berdiri sendiri. Meskipun bisa, namun biasanya diperlukan perjuangan yang lebih keras jika kita gak memiliki siapa-siapa untuk mendukung keputusan dan pilihan yang kita ambil. Begitu pula dalam hal berbisnis, teman-teman dan keluarga yang memberi dukungan akan menjadi motivasi kuat bagi kita untuk meraih kesuksesan dalam bisnis apapun yang sedang kita tekuni.

2. Menjadi penyemangat saat niat kita mulai surut

5 Alasan Pentingnya Lingkungan yang Positif bagi Seorang Pebisnisunsplash/Maranda Vandergriff

Dalam proses menuju kesuksesan yang kita impi-impikan, tentu ada kalanya niat kita menjadi surut. Di sinilah lingkungan yang positif mengambil peran penting. Mereka yang mendukung kita dengan sepenuh hati, pasti gak akan letih untuk mengembalikan niat kita semula. Mereka yang tau kita luar dalam mungkin akan membiarkan kita beristirahat sejenak untuk kemudian kembali memulai rutinitas bisnis kita kembali.

Baca Juga: 6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? 

3. Menjadi pengingat ketika kita mulai tidak fokus

5 Alasan Pentingnya Lingkungan yang Positif bagi Seorang Pebisnisunsplash/Icons8 Team

Gak jarang juga nih, kita jadi kehilangan fokus dan mulai ingin beralih ke bisnis yang lain. Contohnya, jika dari awal kita sudah menekuni bisnis clothing, namun karena merasa tidak berjalan dengan lancar, kemudian kita mulai ingin berpindah ke bisnis kuliner. Lingkungan yang positif gak akan membuat kamu kehilangan fokus seperti ini.

Mereka akan membuat kamu memikirkan keputusan tersebut lebih dalam lagi dan berusaha meyakinkanmu bahwa sebuah bisnis memang gak akan langsung melejit. Tentu ada perjuangan-perjuangan yang harus dilakukan dan ada pengorbanan yang gak sedikit demi meraih kesuksesan.

4. Menambah jumlah relasi bisnis kita

5 Alasan Pentingnya Lingkungan yang Positif bagi Seorang Pebisnisunsplash/Brooke Cagle

Yang namanya bisnis, tentu kita memerlukan relasi. Lingkungan yang positif sebisa mungkin akan mengusahakan kamu memperoleh relasi yang semakin luas agar bisnismu bisa semakin berkembang. Selayaknya bisnis-bisnis kecil yang baru merintis, mungkin kamu masih kesusahan menemukan pelanggan, lingkungan yang positif pasti akan ikut membantumu dalam hal yang satu ini.

5. Pengalaman bisnis juga jadi bertambah melalui cerita orang-orang ini

5 Alasan Pentingnya Lingkungan yang Positif bagi Seorang Pebisnisunsplash/Kate Kalvach

Semakin bertambahnya orang-orang positif di sekitarmu, kamu juga pasti akan mulai menambah pergaulanmu. Lingkungan pertemanan yang semakin luas akan memungkinkan kamu bertemu dengan mereka yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Cerita-cerita kegagalan yang dilalui orang-orang ini akan menjadi motivasi bagimu untuk semakin tidak takut pada yang namanya gagal. Selain itu, kamu juga jadi bisa menghindari melakukan kesalahan yang sama seperti yang sudah mereka lakukan. 

Dalam bisnis, kesuksesan tentu menjadi tujuan utama kita. Definisi sukses bagi setiap pebisnis pun sebenarnya sangat beragam. Namun satu hal yang pasti, kesuksesan tersebut gak akan bisa kita raih sendirian. Akan selalu ada orang-orang positif yang setia mendukung dan mendorong kita untuk selalu maju dan pantang menyerah. Bener gak?

Baca Juga: 5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam Hidupmu

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You