Comscore Tracker

5 Alasan Kudu Berteman dengan Orang Produktif

Agar 'tertular' semangat produktif yang ia miliki

Memilih teman yang ingin kita dekati itu penting banget. Ibaratnya, ketika berteman dengan penjual parfum, sedikit banyak kita akan ketularan wanginya. Begitulah jika kita berteman dengan orang yang punya kebiasaan baik. Pasti banyak sisi positifnya, kan? 

Salah satunya adalah memiliki kedekatan dengan mereka yang hidupnya terbiasa produktif. Hari-hari yang dimiliki orang produktif pastilah gak akan diisi dengan sesuatu yang gak penting. Sebisa mungkin mereka akan memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk melakukan hal yang bermanfaat. 

Makanya lima hal positif berikut pasti akan kita rasakan jika berteman dekat dengannya. Jangan kaget kalau akhirnya kita juga terbiasa untuk produktif, ya. 

1. Membuka pikiran kita soal produktivitas

5 Alasan Kudu Berteman dengan Orang Produktifilustrasi pasangan sibuk (Pexels.com/cottonbro)

Punya teman dekat yang produktif akan bikin kita lebih bisa melihat produktivitas sebagai sesuatu yang wajar. Bukan malah melelahkan. Kita akan bisa menormalkan orang yang bekerja 8 jam sehari atau lebih dan merasa itu semua sebagai sesuatu yang gak salah sama sekali. 

Berbeda jika kita punya teman yang hobinya rebahan, kan? Bekerja dan berusaha terlihat seperti sesuatu yang cuma bikin capek dan bikin badan sakit-sakitan. Padahal, apapun yang kita lakukan hari ini pasti akan kita petik hasilnya suatu saat nanti. 

2. Mengurangi rasa malas yang ada dalam diri

5 Alasan Kudu Berteman dengan Orang Produktifilustrasi orang bekerja (Pexels.com/RF._.studio)

Rasa malas juga akan jauh berkurang jika kita memiliki teman yang produktif. Gak cuma karena dia memberikan contoh yang baik, tapi kita juga akan malu jika terus malas-malasan ketika dia sedang mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Rasanya pasti seperti diajak secara gak langsung untuk mengisi hari dengan lebih produktif.

Rasa malas yang menggoda iman kita untuk enggan bekerja pun jadi bisa diabaikan.  ebab kita merasa punya teman dalam hal menjadi lebih produktif. 

3. Jadi punya teman diskusi yang nyambung saat ingin menjadi produktif juga

5 Alasan Kudu Berteman dengan Orang Produktifilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Kindel Media)

Seringkali, yang menjadi penyebab kita gak produktif adalah kurangnya motivasi atau teman yang bisa diajak berdiskusi. Ujung-ujungnya kita jadi merasa sendirian dalam berusaha. Apalagi jika teman-teman kita kebanyakan adalah mereka yang hanya suka bersenang-senang dan menghabiskan waktu untuk nongkrong atau bermain game seharian. 

Jelas pola pikir kita akan berbeda jika punya teman yang suka melakukan hal-hal bermanfaat. Ngobrol pun akan membuat kita mendapat pencerahan dan gak sekadar haha-hihi atau bergosip.

Baca Juga: Beda dengan Sibuk, Ini 5 Ciri Orang Produktif

4. Ada yang mengingatkan saat kita mulai malas

5 Alasan Kudu Berteman dengan Orang Produktifilustrasi orang bekerja (Pexels.com/fauxels)

Teman yang produktif juga bisa jadi pengingat yang ampuh saat kita mulai diserang rasa malas. Memang yang namanya hidup, kadang kita begitu bersemangat dalam melakukan sesuatu, namun di lain waktu kita juga bisa merasakan rasa malas. Itulah gunanya teman dalam kondisi seperti ini. 

Terlebih jika teman kita mampu memberikan contoh aksi yang nyata. Gak sekedar mengingatkan dan menyuruh aja. Pasti jadi lebih gampang untuk kembali bersemangat, kan? 

5. Keberhasilannya akan jadi penyemangat nyata bagi kita

5 Alasan Kudu Berteman dengan Orang Produktifilustrasi orang bersalaman (pexels.com/fauxels)

Teman yang produktif juga akan membuat kita semakin bersemangat ketika melihat kesuksesannya secara langsung. Sebab kita tahu seberapa keras dia berjuang setiap harinya untuk selalu melakukan hal-hal bermanfaat yang membuatnya semakin dekat dengan impiannya. 

Ketika suatu saat nanti dia lebih dulu meraih keberhasilan, kita jadi tahu bahwa apapun yang diusahakan tentu akan memperlihatkan hasil. Kita hanya perlu bersabar sembari terus berusaha dan berjuang. 

Bagaimanapun juga, jangan sembarangan dalam memilih teman. Sebab sedikit banyak mereka akan memberi pengaruh dalam hidup kita. Jadi carilah teman yang baik, agar kita juga jadi orang yang baik. Setuju? 

Baca Juga: 10 Kualitas Hidup yang Hanya Dimiliki Orang Produktif, Yuk Cari Tahu!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya