Comscore Tracker

5 Cara agar Gak Kehabisan Ide untuk Ditulis, Produktif Terus!

Yuk dicoba dan lihat hasilnya!

Menulis menjadi salah satu kegiatan dalam masa pandemik ini yang bisa bikin kamu terus produktif. Entah itu untuk sekadar mengisi blog, menulis cerita fiktif, atau juga menulis artikel demi mendapatkan pundi-pundi rupiah. Apapun tujuanmu dalam menulis, terkadang ada masa di mana kita kehabisan ide.

Sebenarnya, ada lima rahasia nih yang bikin kamu bisa terus produktif tanpa kehabisan ide. Kamu mau mencoba?

1. Perbanyak membaca

5 Cara agar Gak Kehabisan Ide untuk Ditulis, Produktif Terus!straitstimes.com

Membaca dan menulis adalah dua kesatuan yang gak bisa dipisahkan. Jika kamu ingin pandai menulis cerita fiksi, maka perbanyaklah membaca novel, cerita pendek, dan lain sebagainya. Begitupun jika kamu ingin mahir menulis puisi, maka memperkaya kosa kata lewat membaca berbagai puisi wajib kamu lakukan. 

2. Selalu terbuka pada berbagai saran dan masukan

5 Cara agar Gak Kehabisan Ide untuk Ditulis, Produktif Terus!retaildietitians.com

Seorang penulis yang handal gak pernah menutup diri dari masukan dan saran yang diberikan oleh orang lain. Bahkan sebuah komentar negatif pun bisa jadi ide jika kita mau meluangkan waktu untuk memikirkannya dari sudut pandang yang berbeda, lho. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menulis Tidak Hanya Dijadikan Sebatas Hobi 

3. Fokus dan tanamkan tekad yang kuat

5 Cara agar Gak Kehabisan Ide untuk Ditulis, Produktif Terus!unsplash/David Iskander

Kita akan bisa mendapat ide ketika fokus untuk mencari ide tulisan. Maka, fokuslah dan terus tanamkan tekad yang kuat. Hanya dengan tekad tersebutlah kamu akan bisa mewujudkan keinginanmu untuk terus produktif dalam menulis.

4. Buatlah target tulisan yang ingin kamu hasilkan dalam sehari

5 Cara agar Gak Kehabisan Ide untuk Ditulis, Produktif Terus!pexels/Bruno Bueno

Buatlah target dalam sehari berapa tulisan yang ingin kamu hasilkan. Kemudian usahakan untuk memenuhi target tersebut. Jangan menyerah dan selalu pegang teguh prinsipmu dalam memenuhi target yang ada. Ingat, terus semangat ya!

5. Terus berlatih sampai akhirnya kamu terbiasa

5 Cara agar Gak Kehabisan Ide untuk Ditulis, Produktif Terus!unsplash/Glenn Carstens-Peters

Langkah terakhir adalah untuk membiasakan diri. Ketika menulis menjadi suatu kebiasaan, kamu bahkan gak perlu berpikir keras ketika harus melakukannya. Kamu akan dengan mudah menciptakan sebuah ide menjadi tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain.

Menulis memang gak mudah pada awalnya. Namun, lama-kelamaan kamu akan jatuh cinta sama kegiatan yang satu ini. Apalagi jika dari hobi ini kamu bisa mendapat uang jajan tambahan, pasti jadi semakin semangat, kan? Sudah menulis hari ini?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Writer’s Block Ketika Sedang Menulis Artikel

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya