Comscore Tracker

6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkan

Pekerjaan terberat tanpa dibayar!

Baru-baru ini, viral sebuah konten yang memandang sepele pekerjaan ibu rumah tangga. Banyak sekali reaksi yang diberikan netizen terhadap konten tersebut. Tentunya, reaksi paling vokal datang dari para ibu rumah tangga itu sendiri. 

Dianggap sebagai pekerjaan paling gampang, banyak ibu-ibu yang merasa gak terima. Pasalnya, apa yang mereka lakukan setiap harinya adalah pekerjaan berat yang justru jarang mendapatkan apresiasi.

Nah, biar kita semakin sadar akan beratnya perjuangan seorang ibu rumah tangga, yuk simak poin penjelasannya berikut ini. 

1. Berjuang melawan nyinyiran orang lain soal pekerjaannya ini

6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkanilustrasi keluarga (Pexels.com/cottonbro)

Yang pasti, perjuangan pertama adalah melawan komentar negatif dan pandangan meremehkan yang datang dari orang sekitar. Pekerjaan ibu rumah tangga sangat dianggap sepele di masyarakat kita dan gak pernah benar-benar dihargai. Entah karena gak menghasilkan uang, atau karena selalu berdiam diri di rumah, banyak sekali ibu rumah tangga yang dipandang sebelah mata. 

2. Ijazah dan gelar yang dia dapatkan rela dikesampingkan demi anak dan suami

6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkanilustrasi ibu rumah tangga (Pexels.com/Yan Krukov)

Ada banyak sekali perempuan yang sudah bersekolah hingga tingkat tinggi dan memperoleh ijazah serta gelar yang telah dia perjuangkan mati-matian, namun tetap memilih untuk menjadi ibu rumah tangga.

Semua itu adalah demi suami dan anak yang bisa mendapatkan perhatian penuh darinya, menikmati makan masakan rumah buatannya dan tinggal di rumah yang bersih dan nyaman. Ijazah dan gelarnya dia kesampingkan walaupun telah susah payah dia dapatkan. 

3. Berusaha untuk tetap sehat secara mental walaupun kekurangan waktu me-time

6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkanilustrasi ibu rumah tangga (Pexels.com/Gustavo Fring)

Seorang ibu rumah tangga pasti gak punya banyak waktu untuk mengurus dirinya sendiri. Belum lagi kalau anaknya masih kecil-kecil dan masih perlu perhatian penuh. Dijamin, pada fase ini seorang ibu rumah tangga akan gampang stress dan tertekan. Support system yang luar biasa dari orang terdekat sangat dia butuhkan. 

4. Walau fisiknya lelah, dia berusaha menikmati rutinitasnya meskipun membosankan

6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkanilustrasi ibu rumah tangga (Pexels.com/Elina Fairytale)

Kata siapa jadi ibu rumah tangga itu gampang? Terjebak dengan rutinitas itu-itu aja tentu akan membuat siapapun gampang merasa bosan. Ditambah lagi kalau setiap harinya dia harus ekstra menjaga buah hatinya seorang diri. Yakin masih meremehkan pekerjaan berat ini? 

Baca Juga: 5 Pertimbangan sebelum Melepas Karir dan Menjadi Ibu Rumah Tangga

5. Mengesampingkan kebutuhan pribadi demi keluarganya

6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkanilustrasi ibu rumah tangga (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski sudah jadi ibu, seorang perempuan kadang juga tetap ingin memiliki masa-masa emasnya saat masih gadis. Belanja tas, sepatu, pakaian, makeup, dan lainnya sudah tentu dia damba-dambakan.

Namun apalah daya, karena pekerjaannya hanya di rumah, ibu rumah tangga harus mengesampingkan semua itu dan mengutamakan untuk berbelanja kebutuhan rumah, suami, dan anaknya. 

6. Gak punya teman selain anak dan suaminya

6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkanilustrasi keluarga kecil (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terlalu sibuk selama 24 jam mengurus rumah, suami dan anak akan membuat seorang ibu rumah tangga gak punya waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain, baik itu tetangga ataupun teman lama. Alhasil, teman yang dia miliki hanyalah suami dan anaknya aja. Jadi ibu rumah tangga emang rentan banget mengalami kesepian. 

Terlihat seperti pekerjaan yang sepele, nyatanya menjadi ibu rumah tangga gak semudah itu. Namun di balik semua susah payah itu, ada kepuasan tersendiri saat melihat anak tumbuh sehat dan cerdas, serta suami yang selalu rapi saat berangkat bekerja. 

Meski jarang di apresiasi, menjadi ibu rumah tangga adalah tugas mulia yang gak semua orang bisa melakukannya. Semangat buat para ibu rumah tangga di luar sana. Kalian hebat! 

Baca Juga: 5 Bukti Kehebatan Ibu Rumah Tangga, Bukan Pekerjaan Mudah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya