Comscore Tracker

Lakukan Hal Simple Ini Agar Bahagia Walau Bekerja Tidak Sesuai Passion

Terkadang kita emang gak bisa memilih sesuai keinginan hati

Di zaman sekarang, banyak sekali ucapan-ucapan motivasi agar kita mengejar passion dan bekerja di bidang yang kita sukai. Tapi terkadang, hidup gak semudah itu. Gak banyak orang yang bisa benar-benar meraih mimpinya dengan bekerja di bidang yang dia minati. 

Jika kamu adalah salah satunya, tenang guys, kamu gak sendiri. Baik karena alasan perekonomian yang sudah terdesak, atau karena memang gak memungkinkan bagi kita untuk bekerja di bidang yang kita minati karena satu dan lain hal. Apapun itu, kebahagiaan tentu tetap menjadi prioritas.

Jadi, cara terbijak untuk menyikapi pekerjaan yang tidak sesuai passion ini adalah dengan berusaha bahagia menjalaninya. Gimana caranya?

1. Tetap tekuni hobi mu di waktu senggang

Lakukan Hal Simple Ini Agar Bahagia Walau Bekerja Tidak Sesuai Passionpexels.com/rawpixel.com

Jika passion mu berada di bidang seni, misalnya. Kamu tetap bisa berkarya di waktu senggang atau di hari libur. Hal ini dilakukan agar kamu tidak kehilangan jati dirimu. Juga, ini berguna untuk tetap mempertahankan bakat dan kemampuanmu. Disamping itu, kamu juga bisa menjadikan hobi ini sebagai sampingan yang mungkin suatu saat bisa kamu tekuni bersungguh-sungguh sebagai pekerjaan utamamu.

2. Bersyukurlah dengan pekerjaan yang ada karena di luar sana masih banyak orang yang belum bekerja

Lakukan Hal Simple Ini Agar Bahagia Walau Bekerja Tidak Sesuai Passionpexels.com/rawpixel.com

Sekali-kali, melihat ke bawah, kepada orang-orang yang tidak seberuntung kita, itu perlu banget lho. Dengan begitu kita akan mudah bersyukur dan merasa cukup dengan apapun yang sedang kita kerjakan saat ini. Meski tidak sesuai passion, setidaknya kita bisa memiliki penghasilan yang lebih dibanding orang-orang di bawah sana. 

3. Carilah hal yang bisa kamu sukai dari pekerjaan ini, misalnya teman atau lingkungan kerja

Lakukan Hal Simple Ini Agar Bahagia Walau Bekerja Tidak Sesuai Passionpexels.com/Buro Millennial

Jika kamu tidak menyukai pekerjaannya, paling tidak carilah bagian lain dari pekerjaan itu yang bisa kamu sukai. Misalnya jam kerjanya yang gak terlalu ketat, atau teman-teman yang menyenangkan, dan lainnya. Dengan memikirkan hal ini, kamu jadi gak terlalu fokus pada apa yang tidak kamu sukai. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga Gak Perlu Dibedakan

4. Jangan mengeluh, hal itu hanya akan membuat mu merasa semakin lelah

Lakukan Hal Simple Ini Agar Bahagia Walau Bekerja Tidak Sesuai Passionpexels.com/Yury Kim

Kurangi mengeluh dan berkata "aduh". "Aduh kerjaan banyak banget nih gak selesai-selesai," atau "aduh, gak betah deh kerja disini, gak aku banget," dan lain-lain. Mengeluh seperti ini gak akan ada habisnya. Kalau suka mengeluh, bekerja di tempat yang sesuai passion pun kamu akan tetap mengeluh juga. Stop kebiasaan ngeluh ya gengs.

5. Jadikan orang terdekatmu sebagai motivasi untuk terus bahagia menjalani pekerjaan ini

Lakukan Hal Simple Ini Agar Bahagia Walau Bekerja Tidak Sesuai Passionpexels.com/Agung Pandit Wiguna

Menjadikan orang terdekat sebagai motivasi juga bisa, lho. Terutama kalau kamu sudah berkeluarga dan pekerjaan ini adalah sumber menghidupi mereka. Nah, kamu tetap harus semangat dan bahagia dalam bekerja demi mereka. 

Gak semua orang bisa bekerja sesuai passion, kok. Yakinlah bahwa pekerjaan apapun itu, selama halal dan dilakukan dengan cara yang baik, akan selalu mendatangkan kebaikan juga. Tetap semangat!

Baca Juga: Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantor

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You