Comscore Tracker

Gak Perlu Resign untuk Keluar dari Zona Nyaman, Ini 5 Solusi Lainnya

Keluar dari zona nyaman gak mesti pindah tempat kerja, kok

Banyak orang yang mengartikan bahwa resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan yang ada merupakan solusi jika ingin keluar dari zona nyaman. Mungkin ada benarnya juga, tapi hanya untuk kasus-kasus tertentu. Seperti misalnya toxic people yang sudah gak bisa tertahankan lagi, atau alasan krusial lainnya.

Sementara, masih banyak kok beberapa solusi lain untuk keluar dari zona nyaman, tapi tetap pada pekerjaan yang ada. Mau tau apa aja? IDN Times sudah rangkumkan buat kalian nih, guys.

1. Menantang diri sendiri lakukan bagian dari pekerjaan yang selama ini ditakuti

Gak Perlu Resign untuk Keluar dari Zona Nyaman, Ini 5 Solusi Lainnyapexels/rawpixel.com

Selama bekerja, tentu ada beberapa pekerjaan yang selalu kamu hindari dan takuti untuk dilakukan. Padahal, kamu mungkin gak tau manfaat apa yang tersembunyi di balik melakukan pekerjaan yang satu itu.

Misal untuk kamu yang bekerja di sekolah sebagai pengajar, kamu selalu menghindar setiap diminta memegang tanggung jawab sebagai wali kelas. Nah, hal seperti ini bisa kamu coba sebagai langkah awal keluar dari zona nyaman, lho.

2. Pandai membaca peluang dan tawarkan dirimu untuk tugas yang lebih berat

Gak Perlu Resign untuk Keluar dari Zona Nyaman, Ini 5 Solusi Lainnyapexels/rawpixel.com

Jika masih belum cukup, kamu bisa kok menawarkan diri kepada atasan untuk pekerjaan lain yang lebih berat dibanding pekerjaanmu selama ini. Pandailah membaca peluang, dan persiapkan dirimu, kemudian buktikan bahwa kamu bisa melakukan hal itu. Bukankah kamu mau keluar dari zona nyaman yang membuat kamu selama ini gak berkembang?

Baca Juga: 7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerja

3. Melakukan hal lain di luar jam kerja

Gak Perlu Resign untuk Keluar dari Zona Nyaman, Ini 5 Solusi Lainnyapexels/rawpixel.com

Jika urusan pekerjaan terasa memusingkan, kamu juga boleh berusaha keluar dari zona nyaman dengan melakukan hal lain di luar jam kerja. Misal, kamu bisa menekuni hobimu yang selama ini terabaikan. Hobi yang ditekuni dengan baik, lama kelamaan bisa jadi peluang bisnis juga, lho.

4. Temukan hal yang belum pernah tapi sangat ingin kamu lakukan

Gak Perlu Resign untuk Keluar dari Zona Nyaman, Ini 5 Solusi Lainnyapexels/Pixabay

Ingin mencoba melakukan hobi, tapi kok rasanya kamu gak punya passion pada hal tertentu? Gak usah khawatir, kamu bisa mulai memikirkan hal yang belum pernah tapi sangat ingin kamu lakukan. Mungkin bisnis online bisa jadi salah satu solusinya? Coba deh mulai perlahan, siapa tahu ternyata kamu punya bakat berdagang yang terpendam.

5. Asah kemampuan multi-tasking mu dengan belajar menekuni dua bidang sekaligus

Gak Perlu Resign untuk Keluar dari Zona Nyaman, Ini 5 Solusi Lainnyapexels/Lukas

Keluar dari zona nyaman juga bisa banget dilakukan dengan melatih kemampuan multi-taskingmu. Misal, selama ini kamu hanya fokus pada satu pekerjaan. Maka kamu harus memberanikan diri mencoba membagi fokus pada dua pekerjaan. Tapi ingat, memulainya secara perlahan aja ya. Nanti otakmu bisa kaget kalau terlalu dipaksakan.

Gimana, sudah siap melangkah keluar dari zona nyaman tanpa perlu mengundurkan diri dari pekerjaan yang ada?

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam Tim

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You