Comscore Tracker

Masih Nganggur? Lakukan 5 Hal Ini Biar Memudahkanmu Dapat Pekerjaan

Ayo, tingkatkan kualitas diri kita

Setelah mendapatkan gelar sarjana, selanjutnya kita akan sibuk dengan melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Selama kita menanti panggilan kerja dari perusahaan tersebut, kita akan masuk ke dalam fase menganggur.

Efeknya, perasaan gundah mudah sekali muncul jika panggilan kerja tak kunjung datang. Belum lagi, jika kita melihat teman-teman yang lain sudah mulai mendapatkan pekerjaan.

Alih-alih cemas merasa di buru waktu dan umur, ada baiknya jika kita melakukan 5 tips di bawah ini agar lebih semangat menjalani hari-hari.

1. Baca buku tentang bagaimana cara mendapatkan pekerjaan

Masih Nganggur? Lakukan 5 Hal Ini Biar Memudahkanmu Dapat PekerjaanPixabay/Free-Photos

Tujuan awalmu adalah mendapatkan pekerjaan. Banyak membaca buku mengenai "how to get a job" akan sangat membantumu untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan agar mendapatkan pekerjaan.

Jadi, kamu tidak terhenti dalam kebingungan. Tidak harus membeli bukunya, kamu bisa dengan mudah meminjamnya di perpustakaan yang ada di sekitarmu.

2. Menambah pengalaman kerja dengan magang

Masih Nganggur? Lakukan 5 Hal Ini Biar Memudahkanmu Dapat PekerjaanPixabay/skeeze

Sekarang ini, banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan sebagai anak magang untuk para fresh graduate. Sebelum kita mendapatkan pekerjaan tetap, ada baiknya kamu menambah pengalaman dengan bekerja sebagai magang terlebih dahulu di berbagai perusahaan yang membutuhkannya.

Hal itu akan sangat membantu untuk membiasakan pikiran dan fisikmu jika mendapatkan pekerjaan tetap nantinya.

Baca Juga: 5 Skill Tambahan di Masa Kuliah Ini Bantu Kamu Survive di Dunia Kerja

3. Belajar bagaimana cara membuat CV yang menarik perhatian HRD

Masih Nganggur? Lakukan 5 Hal Ini Biar Memudahkanmu Dapat PekerjaanPixabay/Free-Photos

Curriculum Vitae, adalah salah satu faktor pendukung yang membantumu untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Kamu dapat menjelaskan data diri dan tentunya pengalamanmu dengan singkat di halaman CV tersebut.

CV yang memiliki isi berkualitas akan sangat menguntungkan. Mulailah mencari situs di internet yang dapat membantumu untuk membuat CV dengan baik dan benar.

Hal tambahan lainnya, selama kamu menganggur perbanyaklah aktivitas yang menambah pengalaman kita. Misalnya, mengikuti organisasi sosial atau kepemimpinan yang membuatmu berinteraksi dengan banyak orang.

4. Bertemu dengan teman-teman yang sudah memiliki pekerjaan

Masih Nganggur? Lakukan 5 Hal Ini Biar Memudahkanmu Dapat PekerjaanPixabay/StockSnap

Bertemu dengan temanmu yang sudah bekerja bukannya semakin mempersulit keadaanmu yang masih pengangguran. Malah sebaliknya, akan menambah luas wawasanmu mengenai dunia kerja.

Kamu bisa menanyakannya langsung pada mereka yang jelas sudah menjalaninya. Pertahankan untuk tetap saling berkomunikasi dengan mereka. Siapa tahu, mereka dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan untukmu.

5. Bekerja tidak harus di kantor, kamu juga bisa membuka usaha kecil di rumah dari hobimu

Masih Nganggur? Lakukan 5 Hal Ini Biar Memudahkanmu Dapat PekerjaanPixabay/Mediamodifier

Yakinlah, menganggur tidak berarti langkahmu pun harus terhenti. Mulailah untuk berpikir lebih maju. Memiliki usaha yang berdasarkan hobi kita akan sangat menyenangkan bukan?

Inilah saatnya kita untuk mengembangkan hobi tersebut. Untuk kamu yang hobi memasak, membuat kue, membuat kerajinan tangan, asah terus kemampuanmu. Siapa tahu kamu bisa menjual hasil karyamu dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Media online siap membantumu mempromosikannya. Selama kita punya banyak waktu luang, pergunakanlah waktu itu dengan sebaik mungkin. Sehingga umurmu tidak berlalu sia -sia.

Semangat berjuang dan bersiaplah meraih karier yang cemerlang!

Baca Juga: Kamu Orang yang Sensitif? 7 Pekerjaan Ini Ini Bisa Menjadi Pilihanmu

Dea An Nissa Photo Writer Dea An Nissa

Menulis membuat saya lebih bahagia. Instagram : @deannissa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya