Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat Lamaran

Kalau ngelamar kerja harus sopan, guys!

Mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah di zaman sekarang. Meski curriculum vitae kamu bagus, surat lamaran adalah bagian yang penting. Tetapi, kalau kamu tidak menuliskan surat lamaran dengan benar itu akan percuma.

Membaca surat lamaran adalah hal pertama yang akan dilakukan oleh staf perekrut. Dari surat lamaran, perekrut akan memiliki gambaran umum dari calon pelamar.

Jika surat lamaran saja tidak menarik, bagaimana dengan berkas penting yang lainnya? Yuk, simak poin penting dalam membuat surat lamaran.

1. Pastikan nama perusahaan benar

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat LamaranPexels.com/lexphotography

Sebagai seorang pencari kerja, pasti banyak sekali perusahaan yang ingin kamu daftar. Biasanya karena tergesa-gesa calon pelamar lupa tidak mengganti nama perusahaan yang dituju. Jika nama perusahaan saja salah bagaimana yang lainnya?

2. Tanggal pembuatan

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat LamaranPexels.com/picjumbocom

Kesalahan lain yang sering dilakukan calon pelamar adalah salah tanggal. Karena terburu-buru pelamar tidak memeriksa tanggal ditulisnya surat lamaran tersebut. Hal ini akan membuat staf perekrut menilaimu ceroboh.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Tips Terhindar dari Penipuan Info Lowongan Kerja

3. Informasi lowongan

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat LamaranPexels.com/kaboompicscom

Pada paragraf pertama kamu harus mengisinya dengan informasi yang kamu dapatkan mengenai lowongan tersebut. Seperti dari mana dan posisi yang ingin kamu isi. Informasi ini berguna untuk perekrut agar tidak terjadi salah paham menempatkan posisi pelamar.

4. Gambaran umum diri

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat LamaranPexels.com/andrewneel

Setelah menjelaskan informasi mengenai posisi, pada paragraf kedua kamu bisa menuliskan gambaran tentang dirimu secara singkat. Jika kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, jelaskan 3 pekerjaan terakhir yang pernah kamu lakukan beserta deskripsi singkat pekerjaanmu.

5. Periksa kembali

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat LamaranPexels.com/lukas

Baca kembali surat lamaran kamu dari awal hingga akhir. Pastikan tidak ada typo dan semua informasi yang dibutuhkan sudah kamu tuliskan dengan baik. Jangan lupa untuk memberikan tanda tangan.

Dengan mengirimkan surat lamaran yang informatif dan menarik, staf perekrut akan mengetahui gambaran dirimu secara umum. Ini akan lebih memudahkan staf perekrut untuk menyeleksi calon pelamar. Semoga beruntung!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

dea merina Photo Writer dea merina

blog : gadisberbingkai.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya