Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Kecanduan Medsos, Mulai Tegas Pada Diri Sendiri!

Waktunya untuk rehat dari dunia maya

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang-orang memiliki berbagai macam alasan untuk menggunakan media sosial (medsos). Seperti untuk berinteraksi, mengisi waktu luang, mencari konten hiburan, dan ingin mengetahui berita atau peristiwa terkini. Akan tetapi, kegiatan seru di dunia maya sering kali membuat orang lupa pada kegiatan penting yang harus dilakukan di dunia nyata.

Hal itu akan menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk lepas dari media sosial, bahkan ketika akan tidur dan bangun tidur sekalipun. Mulailah untuk tegas pada diri sendiri, supaya kehidupanmu lebih seimbang. Berikut lima tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan medsos yang tengah kamu alami sekarang. 

1. Beri batasan waktu dalam penggunaan media sosial

5 Tips Mengatasi Kecanduan Medsos, Mulai Tegas Pada Diri Sendiri!ilustrasi seseorang meletakkan gadget (pexels.com/Eren Li)

Bermain medsos dalam jangka waktu yang lama tidak hanya membuat jiwa menjadi tak bersemangat, tetapi juga kesehatan mata yang akan terganggu. Untuk itu, mulailah memberi batasan waktu dalam menggunakan media sosial demi kesehatanmu.

Kamu bisa melakukan manajemen waktu, misalnya menetapkan durasi bahwa kamu hanya boleh menggunakan medsos selama 5–6 jam sehari. Kamu juga bisa memberi sanksi pada diri sendiri, jika kamu melanggarnya. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa tegas terhadap diri sendiri dan tidak menoleransi kebiasaan buruk tersebut.

2. Lakukan puasa media sosial

5 Tips Mengatasi Kecanduan Medsos, Mulai Tegas Pada Diri Sendiri!ilustrasi media sosial (pexels.com/Brian Ramirez)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan puasa medsos. Kamu tidak harus melakukan puasa medsos langsung dalam jangka waktu yang lama.

Mulailah sedikit-sedikit tapi tetap konsisten, dengan cara menonaktifkan beberapa aplikasi yang kemungkinan besar membuat kamu berlama-lama berada di depan layar gadget. Setidaknya lakukan puasa medsos selama tiga hari dalam seminggu. Apabila kamu sudah mulai terbiasa, tidak ada salahnya untuk menambah durasi waktu puasa.

Baca Juga: Suka Berkomentar Buruk di Medsos? 5 Hal Ini Akan Menghantuimu

3. Usahakan untuk melakukan interaksi secara langsung dengan beberapa orang

5 Tips Mengatasi Kecanduan Medsos, Mulai Tegas Pada Diri Sendiri!ilustrasi sekelompok orang berkumpul (pexels.com/cottonbro)

Salah satu alasan seseorang semakin gemar menggunakan medsos selama berjam-jam adalah untuk berinteraksi. Untuk mengatasinya, lakukan banyak interaksi komunikasi secara langsung.

Jika ada hal yang ingin kamu bicarakan, usahakan untuk melakukan itu secara tatap muka. Meskipun kamu bisa menggunakan aplikasi panggilan video untuk berinteraksi, tapi percayalah bahwa berinteraksi secara langsung akan jauh lebih seru dan menyenangkan, lho.

4. Lakukan kegiatan positif yang disukai

5 Tips Mengatasi Kecanduan Medsos, Mulai Tegas Pada Diri Sendiri!ilustrasi seorang wanita sedang memotret (pexels.com/David Bartus)

Ketika kamu memiliki waktu luang cukup banyak, kamu tidak harus menghabiskan waktu berhargamu itu hanya dengan bermain medsos seharian. Kamu bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan positif yang kamu sukai, yaitu dengan menyalurkan hobi. Hal itu akan membuat kamu semakin produktif dan fokus pada kegiatan yang sedang kamu jalani.

5. Perbanyak waktu untuk diri sendiri

5 Tips Mengatasi Kecanduan Medsos, Mulai Tegas Pada Diri Sendiri!ilustrasi wanita melakukan meditasi (pexels.com/olia danilevich)

Terkadang, seseorang lupa untuk memberi waktu pada dirinya sendiri. Padahal me time itu penting lho untuk kesehatan mental, daripada berlama-lama bergelut dengan medsos yang tak ada habisnya.

Dengan waktu luang yang kamu miliki, kamu bisa menenangkan pikiran dan instrospeksi diri. Misalnya dengan bermeditasi, menulis diari, jalan-jalan atau sekadar minum teh di teras rumah sambil mendengarkan lagu favorit. Meski terdengar sederhana, tapi itu bisa menjadi salah satu cara untuk menyayangi dirimu sendiri.

Melepaskan kebiasaan buruk dari gadget memang tidak mudah ya, tapi bukan berarti tidak bisa. Oleh karena itu, yuk mulai tegas pada diri sendiri untuk tidak lagi ketergantungan pada media sosial. Semoga lima tips untuk mengatasi kecanduan medsos di atas, bisa membantu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Bandingkan Hidup dengan Tampilan di Medsos

Delvi Ayuning Photo Verified Writer Delvi Ayuning

Menulis bukan hanya menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya