Comscore Tracker

#GreenBeauty Daur Ulang Zaman Now dengan Aplikasi eRecycle, Coba Yuk! 

Setiap satu langkah kecil sangat bermakna #onegreenstep

Sampah adalah benda-benda yang sudah tidak kita gunakan lagi dan tidak lagi memiliki nilai di mata kita. Oleh karena itu kita selalu ingin menyingkirkan sampah tersebut dari pandangan kita dengan membuangnya di tempat sampah. Namun, tahukah kamu dengan apa yang akan dilakukan terhadap sampah tersebut ?

Menurut Data dari  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2019, jumlah sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai sekitar 64 juta ton dimana sekitar 60% sampah hanya diangkut dan ditimbun di TPA, 10% didaur ulang, dan 30% tidak dikelola sehingga mencemari lingkungan.

Artinya, hanya sekitar 10% dari total sampah yang berhasil didaur ulang atau dilakukan recycle. Apabila ini terus berlanjut, maka akan membuat pencemaran lingkungan semakin tinggi dan lambat laun membuat kapasitas penampungan semakin berkurang.

Masalah utama dari rendahnya tingkat recyle ini adalahnya kurangnya pemilahan sampah dan kurangnya akses masyarakat untuk melakukan daur ulang, terutama sampah-sampah berupa plastik, kertas, dan kaca. Lalu, kira-kira apakah yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi masalah recycle sampah ini?

Kini sudah ada solusinya, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Digital Waste Management bernama eRecycle yang merupakan aplikasi di mana kamu bisa berpartisipasi dalam program daur ulang sampah dengan imbalan Rupiah, lho!

Penasaran seperti apa aplikasi ini ? Pada artikel kali ini #GarnierxIDNTimes akan membahasnya untuk kamu. Let's check it out!

1. Apa itu eRecycle ?

#GreenBeauty Daur Ulang Zaman Now dengan Aplikasi eRecycle, Coba Yuk! aplikasi eRecycle (erecycle.id)

eRecycle adalah aplikasi Digital Waste Management yang dapat kamu unduh dengan gratis di smartphone kamu. Dengan aplikasi ini kamu dapat menjual sampah yan tidak terpakai dengan klik "Pilah Sampah" pada menu utama, lalu memilih sampah yang akan dijual. Sampah yang bisa kamu jual bisa berupa botol plastik, botol kaca, buku, hingga kaleng. 

2. Sampah dijemput langsung di tempatmu

#GreenBeauty Daur Ulang Zaman Now dengan Aplikasi eRecycle, Coba Yuk! ilustrasi tempat sampah (unsplash.com/ Sigmund)

Aplikasi eRecycle memiliki armada yang siap menjemput sampah yang ingin kamu jual. Setelah kamu membuat order, armada penjemput tersebut akan tiba di tempatmu dalam waktu 1-2 hari. Setelahnya dia akan mengonfirmasi jumlah dan membawa sampah tersebut pergi. Dengan begini kamu tidak perlu repot-repot untuk menghabiskan waktu, tenaga dan biaya untuk membawa sampah itu ke tempat daur ulang, mudah dan praktis bukan?

Tapi, untuk saat ini layanan penjemputan ini hanya baru berlaku di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk kota-kota lainnya akan segera menyusul agar gerakan #onegreenstep, yang meski kecil tapi jika disatukan maka akan menghasilkan perubahan yang nyata untuk lingkungan hidup kita. 

Baca Juga: #GreenBeauty 10 Langkah Selamatkan Bumi bagi Generasi Muda

3. Seluruh hasil daur ulang akan didonasikan

#GreenBeauty Daur Ulang Zaman Now dengan Aplikasi eRecycle, Coba Yuk! ilustrasi aplikasi daur ulang (pexels.com/ready made)

Setiap jenis sampah yang kamu serahkan untuk dilakukan recycle akan dinilai per kilogramnya dengan poin, dimana setiap 1 poin setara dengan 1 Rupiah. Aplikasi eRecycle bekerja sama dengan XSProject, sebuah Yayasan non-profit, yang mendukung edukasi dan anak-anak di komunitas pemulung di sekitar Jakarta.Tidak hanya edukasi, tetapi juga kesehatan dengan menyediakan vitamin dan medical check up. Nantinya, semua hasil penjualan sampah tersebut akan didonasikan ke XSProject ini.

4. Bekerja sama dengan berbagai mitra

#GreenBeauty Daur Ulang Zaman Now dengan Aplikasi eRecycle, Coba Yuk! ilustrasi daur ulang sampah (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

eRecycle bekerja sama dengan berbagai mitra seperti Bank Sampah Induk Rumah Harum dan berbagai pabrik daur ulang yang nantinya akan melakukan recycle sampah yang dikumpulkan menjadi produk yang lebih bernilai seperti furnitur rumah tangga, reusable packaging, dll.

5. Wujud kampanye Garnier menuju Green Beauty

#GreenBeauty Daur Ulang Zaman Now dengan Aplikasi eRecycle, Coba Yuk! eRecycle Garnier (erecycle.id)

Garnier yang merupakan brand kecantikan alami terkemuka di dunia, memiliki kampanye #GarnierGreenBeauty untuk melakukan transformasi bisnis agar dapat mengurangi dampak lingkungan dan turut menciptakan planet yang lebih hijau.

Salah satu aksi nyata Garnier adalah dengan aktif membantu polusi plastik di Indonesia. Melihat adanya potensi dari teknologi digital, Garnier bekerjasama dengan aplikasi eRecycle yang memudahkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan daur ulang sampah.

Tidak hanya melalui aplikasi eRecycle saja. Untuk mewujudkan #GarnierGreenBeauty, Garnier juga melakukan transformasi dari seluruh rantai produksi dari manufaktur, formula, hingga packaging untuk memastikan agar Bumi kita tetap terlindungi. Aksi nyata Garnier dalam mewujudkan Garnier Green Beauty ini dapat kamu lihat lebih detail di https://www.garnier.co.id/green-beauty.

Jadi, apakah kamu sudah siap berkontribusi untuk melakukan recycle agar lingkungan hidup kita semakin nyaman ditinggali ? Jika iya, segera unduh aplikasi eRecycle secara gratis di smartphone kamu sekarang.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Mengenali Produk Ramah Lingkungan, Wajib Tahu

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya