Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Dedikasi pada Pekerjaan Tetap Terjaga

Dedikasimu tak akan sia-sia

Banyak orang menganggap remeh dedikasi pada pekerjaan. Padahal, ada banyak tokoh besar di luar sana yang mencapai kesuksesan karena dedikasinya.

Dedikasi bukan sekadar perjanjian di atas kertas. Ini perlu diimbangi dengan keuletan serta kegigihan dalam bekerja. Tak jarang, rasa semangat dalam berdedikasi menemui titik terendah. Agar dedikasi pada pekerjaan tetap terjaga, kamu perlu menerapkan lima hal berikut ini.

1. Siapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang. Petakan tujuan yang ingin kamu raih

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Dedikasi pada Pekerjaan Tetap Terjagapixabay/Pexels

Banyak jalan menuju Roma. Kamu sudah pasti tahu peribahasa satu ini. Ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan pada pekerjaan yang digeluti.

Agar berhasil, kamu perlu menyusun rencana jangka pendek atau panjang. Ini agar kamu konsisten dengan apa yang ingin digapai. Semuanya disusun berdasarkan keinginan dan kondisimu saat ini.

2. Jangan mudah putus asa bila hasil belum didapat. Semuanya gak selalu datang dengan cepat

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Dedikasi pada Pekerjaan Tetap Terjagaunsplash/balazscsaba2006

Jika sudah berusaha tapi belum ada hasilnya, lantas apa perlu menyerah begitu saja? Jawabannya adalah tidak. Ingat! Segala sesuatu tidak bisa langsung terlihat hasilnya dengan cepat.

Bila saat ini belum menemui hasil yang diinginkan, maka janganlah cepat putus asa. Kamu hanya perlu konsentrasi pada pekerjaan, sembari melihat kembali apa yang mesti ditingkatkan dalam bekerja.

3. Fokus pada pekerjaan saat ini. Jangan lakukan hal yang bukan sepenuhnya kewajibanmu

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Dedikasi pada Pekerjaan Tetap Terjagaunsplash/ikukevk

Terkadang, ada beberapa pekerjaan yang didelegasikan kepada kita. Pada posisi tersebut, kamu berhak memutuskan apakah mau mengambilnya atau tidak. Hal ini penting karena bisa jadi beberapa tugas bukanlah kewajiban. Ketegasan sangat dibutuhkan agar fokus tidak teralihkan pada hal yang tidak perlu.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Ini 5 Faktor Penyebab Kamu Sulit Fokus Saat Bekerja!

4. Jangan ragu mengevaluasi diri. Bila perlu, mintalah saran dan kritik pada orang lain

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Dedikasi pada Pekerjaan Tetap Terjagapixabay/rawpixel

Saat sedang menuntaskan sebuah pekerjaan, terkadang kita cenderung puas dengan kinerja diri sendiri. Seolah-olah tidak ada yang butuh dikoreksi. Hal semacam ini perlu diwaspadai karena bisa saja ada kesalahan yang tak disadari.

Untuk itu, kita perlu meminta saran kepada orang lain untuk menilai hasil kerja kita. Dari hal tersebut, kita bisa mendapatkan masukan yang bermanfaat dalam meningkatkan kinerja.

5. Mulailah pekerjaanmu sesegera mungkin. Satu langkah kecil mungkin sepele, tapi akan mengantarkan kesuksesan

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Dedikasi pada Pekerjaan Tetap Terjagapixabay/pixel2013

Banyak orang takut memulai sesuatu. Ketika diberikan sebuah tugas yang sesuai dengan kemampuan, ada rasa cemas berbuat salah. Jika terkurung dalam perasaan semacam itu, maka kamu tak akan ke mana-mana. 

Semua orang pasti melakukan kesalahan, termasuk dalam pekerjaan. Janganlah takut untuk memulai karena waktu tak bisa diulang. Langkah kecil kita amat menentukan di hari esok.

Menjaga dedikasi tidak hanya bisa diterapkan dalam pekerjaan. Kita bisa menerapkannya dalam keseharian. BIla ingin menguasai bahasa asing, kita perlu mencurahkan dedikasi untuk belajar. Kalau ingin diet, kita tidak boleh setengah hati untuk melakukannya. Jadi, sudahkah kita berdedikasi pada pekerjaan?

Baca Juga: Ingat Lagi 5 Hal ini saat Kamu Ingin Resign Karena Stres Bekerja

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya