Comscore Tracker

5 Tips Menemukan Pekerjaan Sampingan yang Tepat Sesuai Kepribadianmu

Yuk, tingkatkan produktivitasmu demi jaminan di masa depan!

Pekerjaan gak semata-mata hanya demi uang saja, banyak pelajaran hidup dan pengalaman yang membantu seseorang menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. Karena itu gak ada salahnya kalau kamu tertarik mencari pekerjaan sampingan.

Itu akan mendatangkan lebih banyak pengalaman, pelajaran dan membuka lebar kesempatan untuk bisa melangkah jauh di kemudian hari. Buat kamu yang lagi bingung bagaimana cara menemukan pekerjaan sampingan yang tepat, simak tipsnya di bawah ini ya!

1. Mengukur seberapa banyak waktu senggang yang dimiliki  

5 Tips Menemukan Pekerjaan Sampingan yang Tepat Sesuai Kepribadianmuunsplash.com/@neonbrand

Jika ingin mendapatkan pekerjaan sampingan yang tidak merepotkan atau mengganggu pekerjaan utama, kamu sebaiknya mengukur terlebih dahulu seberapa banyak waktu senggang yang dimiliki. Misalnya saat pulang kantor di sore hari sampai malam hari. Dari situ baru lah tentukan langkah selanjutnya.

2. Melihat potensi apa yang kiranya bisa dikembangkan  

5 Tips Menemukan Pekerjaan Sampingan yang Tepat Sesuai Kepribadianmuunsplash.com/@mann_pantoja

Supaya pekerjaan sampingan itu memiliki nilai yang berharga, ada satu hal yang mesti kamu pertimbangkan yaitu melihat potensi apa yang kiranya bisa dikembangkan. Sehingga gak hanya menghasilkan uang tambahan tapi secara kemampuan dan kualitas diri juga ikut terasah. Caranya bisa dengan melihat apa hobi atau hal yang kamu sukai dan bagaimana peluang bisnisnya di masa depan. 

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang

3. Mencari yang sesuai dengan hobi  

5 Tips Menemukan Pekerjaan Sampingan yang Tepat Sesuai Kepribadianmuunsplash.com/@anastasiiachepinska

Seperti yang sudah disebutkan tadi, salah satu cara melihat potensi adalah dengan melihat apa hobi atau hal yang kamu sukai. Mengapa mengambil pekerjaan sampingan sebaiknya yang sesuai hobi? Karena di luar jam kerja semangat dan kinerja akan cenderung menjadi santai, jika bukan karena hal yang kamu sukai alhasil semua bisa berujung berantakan.

Jadikan pekerjaan sampingan ini sebagai penyaluran hobi, dijamin gak bakal keberatan dan justru menikmati setiap prosesnya.

4. Lebih mempertimbankan pengalaman dibanding penghasilan 

5 Tips Menemukan Pekerjaan Sampingan yang Tepat Sesuai Kepribadianmuunsplash.com/@purzlbaum

Jangan melulu melihat angka, penghasilan yang kecil bukan jadi masalah bila itu bisa membantu kalian menciptakan skill yang mumpuni. Nasib manusia di kemudian hari gak ada yang tahu, bukan hal mustahil bila suatu saat pekerjaan sampinganmu justru menjadi batu loncatan bisnis yang perlahan-lahan berkembang.

Yang namanya pekerjaan sampingan umumnya memang hanya memberi 'sedikit' tambahan uang. Anggap saja semua ini semata-mata tabungan yang menjamin prospek penghasilanmu di masa depan bukan masa sekarang. 

5. Manfaatkan situs pekerja lepas di internet 

5 Tips Menemukan Pekerjaan Sampingan yang Tepat Sesuai Kepribadianmuunsplash.com/@glenncarstenspeters

Nah, yang terakhir dan paling penting adalah dengan memanfaatkan situs pekerja lepas di internet. Bukan berarti kamu gak boleh mengambil pekerjaan yang langsung terjun ke lapangan, tapi dengan cara ini dari segi tenaga dan pekerjaan pun lebih efektif.

Energi yang dikeluarkan bisa dihemat bila pekerjaan sampingan yang kamu ambil bisa dikerjakan dari rumah. Sekarang juga sudah banyak lho situs pekerja lepas dengan berbagai jenis pekerjaan yang tersedia.

Memiliki lebih dari satu pekerjaan tidak berarti menunjukan sifat serakah atau gak mau bersyukur, tapi dengan begini waktu yang kita miliki bisa digunakan dengan maksimal dan menghasilkan baik secara finansial atau pengalaman.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukan

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya