Comscore Tracker

Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini di Tempat Kerja Biar Produktif

Fokus sajalah pada tujuanmu bekerja!

Saat kamu mulai terjun ke dunia kerja, maka kamu akan sering berhadapan dengan bermacam temperamen yang ada dalam diri masing-masing karyawan. Selain itu, kamu juga akan sering menyaksikan drama yang kerap terjadi di lingkungan kerjamu.

Nah, untuk terciptanya suasana kerja yang nyaman dan damai, sebaiknya kamu hindari 5 hal di bawah ini.

1. Hindari membuat geng di kantor

Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini di Tempat Kerja Biar Produktifunsplash/Tim Gow

Hal unik yang banyak sekali terjadi di lingkungan kerja adalah di mana para karyawannya seolah bisa terpecah menjadi dua kubu. Anggaplah dua kubu itu terdiri dari kelompok A dan kelompok B. Masing-masing kubu memiliki pemikiran yang berseberangan dan suka saling menyerang di belakang.

Kalau dikulik lagi alasan kenapa ada karyawan senang membaur membentuk sebuah kelompok, tak lain agar mereka juga punya power. Duh, padahal interaksi semacam ini sangat gak sehat, lho. Lebih baik kamu gak perlu ikutan gabung dalam sebuah geng, agar kamu tidak tertular jiwa-jiwa yang toxic.

2. Jangan perlakukan karyawan junior sesuka hati

Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini di Tempat Kerja Biar Produktiffreepik/senivpetro

Kita juga gak akan asing menemui pemandangan di mana karyawan senior sesuka hati memerintah karyawan junior untuk keperluan pribadi mereka. Misalkan, menyuruhnya membelikan makan siang, mengambilkan barang, bahkan membantu menyelesaikan pekerjaan yang bukan tugas utamanya.

Duh, jangan dibiasakan deh. Jangan bersikap dominan di antara yang lain. Apalagi ini juga bukanlah cerminan perilaku yang baik. Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Andaikan itu kamu yang ada di posisi sebagai karyawan junior, apakah kamu juga akan terima diperlakukan seperti itu?

Baca Juga: 6 Cara Tangani Emosi yang Meninggi supaya Tetap Profesional di Kantor

3. Jangan suka cari muka dengan atasan

Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini di Tempat Kerja Biar Produktifunsplash.com/rawpixel

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Psychology mengulas bahwa mereka yang menghabiskan waktu cari muka dengan atasan biasanya memiliki sifat dan sikap yang buruk dibandingkan karyawan lain yang tidak melakukan hal tersebut.

Gak jarang pula kita bisa mendapati karyawan yang gemar cari simpati dari atasan. Bahkan ia tak ragu memanfaatkan segala cara agar mendapat nilai plus meski mengorbankan rekan kerja lainnya.

Secara gak langsung sifat ini menunjukkan kualitas dirimu yang buruk. Bahkan bisa membuat rekan-rekan kerjamu yang lain jadi kehilangan respek padamu.

4. Jangan suka melempar kesalahan pada karyawan lain

Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini di Tempat Kerja Biar ProduktifUnsplash.com/Rawpixel

Faktor ini juga merupakan penyebab utama sesama karyawan bisa saling bersitegang satu sama lain. Karena tak mau disalahkan sendirian atas kelalaiannya seorang karyawan bisa saling melemparkan kesalahan ke orang lain.

Daripada banyak menuntut dan mencari-cari kesalahan orang lain lebih baik sama-sama tuk saling introspeksi dan evaluasi diri. Masalah gak akan selesai dengan saling mengkambinghitamkan satu sama lain.

5. Kurang bisa mengendalikan emosional dalam diri selama bekerja

Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini di Tempat Kerja Biar Produktifunsplash.com/rawpixel

Emosi para pekerja kantoran umumnya lebih terang-terangan. Dikenal mudah sekali sensi dan blak-blakan bila menemui hal yang kurang sreg di hatinya. Makanya bila seseorang punya mental lemah dan baperan pasti sulit tuk dapat bertahan lama.

Meskipun di tempat kerja kamu akan selalu bertempur dengan tugas dan segudang masalah internal lainnya, kamu juga perlu punya kontrol diri yang baik. Segala hal yang pakai emosi gak akan menyelesaikan masalah yang ada. Justru itu tanda kalau kamu kurang dewasa dalam mengendalikan hati dan pikiran. 

Demi terciptanya lingkungan kerja yang aman dan terhindar dari hal-hal yang gak diinginkan. Sebaiknya kamu jauhi 5 hal seperti yang sudah diulas di atas.

Baca Juga: Ini Lho 5 Keuntungan Kalau Suka Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantor

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You