Comscore Tracker

Kena PHK? 5 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan Agar Tetap Berpenghasilan

Jangan putus asa meski susah cari kerja!

Berita mengenai Pemutusan Hubungan Kerja akibat pandemik COVID-19 sudah tidak asing lagi di telinga kita. PHK besar-besaran ini menjadi tanda bahwa lapangan pekerjaan semakin sempit. Namun, semangat tetap tak boleh padam. Meski susah cari kerja, 5 hal berikut ini bisa jadi pilihan agar kamu bisa tetap berpenghasilan.

1. Manfaatkan skill yang kamu miliki

Kena PHK? 5 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan Agar Tetap Berpenghasilanpexels.com/knownasovan

Situasi seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah sekaligus mengembangkan skill yang kamu miliki. Jika kamu menyukai fotografi, desain, atau dunia kepenulisan, kamu bisa ambil job yang sesuai dengan keterampilanmu itu. Kamu punya skill masak yang oke? Bisa jadi peluang usaha juga nih!

Tak hanya soal pendapatan, menghasilkan uang dari hal yang kamu sukai juga bisa menghadirkan kepuasan tersendiri.

2. Buka usaha sendiri

Kena PHK? 5 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan Agar Tetap Berpenghasilanpexels.com/ivan-samkov

Membuka usaha sendiri juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin tetap berpenghasilan. Jangan lupa, perhatikan modal yang kamu punya dengan memanfaatkannya sebaik mungkin. Siapa tahu dari sinilah awal mula kamu menjadi pengusaha sukses nantinya. Semangat!

Baca Juga: 7 Alternatif Kegiatan Produktif Buat Kamu yang Lagi Butuh Penghasilan

3. Menjadi reseller atau dropshipper

Kena PHK? 5 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan Agar Tetap Berpenghasilanpexels.com/bongkarn-thanyakij-683719

Nah, jika kamu tidak memiliki modal yang cukup untuk buka usaha sendiri, hal ini bisa jadi pilihan. Tinggal cari supplier yang produknya menarik untuk kamu jual kembali, dan pastikan kamu memilih supplier yang tepat agar pembeli tidak kecewa. Jika pelayanan dan barang yang dijual mendapat feedback memuaskan, kemungkinan besar pembeli akan belanja lagi nantinya.

4. Menjual barang preloved

Kena PHK? 5 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan Agar Tetap Berpenghasilanpexels.com/olly

Sambil berbenah isi rumah, kamu juga bisa mendapat uang tambahan nih! Coba deh buka lemari pakaian, rak buku, atau lihat sudut-sudut rumahmu. Jika masih banyak barang-barang bagus namun jarang bahkan tidak pernah digunakan, ada baiknya kamu jual saja. 

5. Buka jasa titip

Kena PHK? 5 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan Agar Tetap Berpenghasilanpexels.com/olly

Diskon besar-besaran yang diberikan oleh toko online maupun offline bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa titip. Dengan modal sedikit, kamu bisa memperoleh keuntungan yang lumayan. Biasanya, mereka juga menawarkan diskon tambahan untuk metode pembayaran tertentu. Kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk mendapat keuntungan lebih. 

Itulah 5 hal yang bisa jadi pilihan agar kamu tetap berpenghasilan meski sedang susah cari kerja. Ingat, penghasilan boleh tidak tetap, yang penting tetap berpenghasilan. Semangat!

Baca Juga: 8 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mama Muda Biar Tetap Cuan

Dhini Chalista Photo Writer Dhini Chalista

Perempuan biasa yang hobi diskusi dan menuangkan isi kepala dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya