Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangatmu Tetap Terjaga Setelah PHK

PHK bukan akhir dari segalanya

Pemutusan hubungan kerja merupakan hal yang tidak pernah diinginkan oleh siapa pun, terlebih jika terjadi secara tiba-tiba dan belum ada persiapan pekerjaan pengganti untuk ke depannya. 

Kekhawatiran yang datang pasca PHK merupakan hal yang sangat wajar. Namun, jangan penuhi dirimu dengan pikiran negatif saat hal ini terjadi. Tidak perlu galau berlebihan! Lakukan 5 hal ini agar semangatmu tetap terjaga pasca PHK.

1. Menerima dengan ikhlas

Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangatmu Tetap Terjaga Setelah PHKpexels.com/goumbik

Hal paling pertama yang harus ditanamkan saat kamu mengalami PHK yaitu ikhlas. Terima saja dulu ketetapan yang telah diberikan kepadamu. Yakinkan diri bahwa ini adalah jalan terbaik untukmu. Akan selalu ada hal baik di balik apa pun yang terjadi. 

2. Tidak perlu overthinking

Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangatmu Tetap Terjaga Setelah PHKpexels.com/dana-tentis-118658

Kekhawatiran pasca PHK memang sangat wajar terjadi. Terlebih jika kamu memiliki tanggungan seperti membiayai keluarga atau adik-adikmu. Namun, overthinking merupakan salah satu hal yang harus dihindari. Alih-alih mendapat jalan keluar, kamu malah akan stress memikirkan hal itu sepanjang hari.

Setelah ikhlas menerima ketetapan bahwa kamu di PHK, yakinlah bahwa segala kebutuhanmu pasti tercukupi. Tuhan mengetahui apa saja yang kamu butuhkan. Overthinking hanya akan menghambat segalanya dan membuat kamu meratapi keadaan terus-menerus hingga lupa bahwa masih banyak usaha yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Cerita Tulang Punggung Keluarga Jadi Korban PHK Dampak Virus Corona

3. Explore skill

Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangatmu Tetap Terjaga Setelah PHKpexels.com/knownasovan

Sambil mencari pekerjaan baru, kamu bisa explore skill untuk mengetahui bidang apalagi yang bisa kamu tekuni. Barangkali, kamu bisa memperoleh uang tambahan dengan menjadi pekerja paruh waktu dengan skill barumu ini, kan?

4. Jangan patah semangat

Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangatmu Tetap Terjaga Setelah PHKpexels.com/olly

Tidak ada hal yang bisa meruntuhkan semangatmu jika kamu tidak membiarkannya. Maka dari itu, jangan berhenti melakukan yang terbaik. Jaga semangatmu! Tidak ada usaha yang sia-sia. Patah semangat hanya akan membuatmu jalan di tempat. 

5. Yakinlah bahwa ada hal baik setelahnya

Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangatmu Tetap Terjaga Setelah PHKpexels.com/olly

Pasca PHK dan merasakan serangkaian drama yang menyertainya, kamu akan mendapat banyak pelajaran berharga. Mulai dari soal kesiapan diri dalam menghadapi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi, hingga soal ikhlas dan pentingnya pengendalian diri. Pastinya, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bijak dan tangguh setelahnya. 

Itulah hal-hal yang perlu kamu lakukan pasca PHK agar semangatmu tetap terjaga. Tetap semangat ya!

Baca Juga: Pesan Ketua DPR di Hari May Day: Pengusaha Jangan PHK Buruh

Dhini Chalista Photo Writer Dhini Chalista

Perempuan biasa yang hobi diskusi dan menuangkan isi kepala dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya