Comscore Tracker

5 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat, Ternyata Banyak Dicari!

Banyak perusahaan membutuhkan, nih

Program studi Kesehatan Masyarakat mengalami peningkatan peminat di awal tahun 2000-an. Padahal, prodi ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1965 lho! Universitas Indonesia adalah kampus pertama yang membuka program tersebut.

Termasuk dalam lingkup ilmu saintek, prodi ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin mendalami bidang kesehatan. Peluang kerjanya pun sangat luas. Mulai dari peneliti hingga bidang pemasaran, bisa dilakoni. Berikut adalah lima peluang kerja lulusan kesehatan masyarakat yang banyak dicari.

1. Epidemiolog

5 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat, Ternyata Banyak Dicari!freepik/pressfoto

Meski termasuk prodi saintek yang identik dengan kegiatan praktik, laboratorium mahasiswa Kesehatan Masyarakat bukanlah ruangan tertutup dengan peralatan gelas dan senyawa-senyawa kimia.

Lingkungan hidup masyarakat adalah laboratorium mereka. Prodi ini berfokus pada kajian dan analisis kondisi kesehatan masyarakat luas. Maka, profesi epidemiolog sangat cocok untuk lulusan Kesehatan Masyarakat.

Epidemiolog adalah orang yang meneliti dan mengkaji insiden, penyebaran, hingga pengendalian penyakit pada suatu populasi. Secara singkat, tugasnya adalah mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta faktor yang memengaruhinya. Data yang dikumpulkan olehnya sangat berguna untuk memperhitungkan dan meminimalkan risiko yang mengancam kesehatan masyarakat.

2. Biostatistisi

5 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat, Ternyata Banyak Dicari!Pexels/Lukas

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga berpeluang menjajal profesi biostastisi. Pekerjaan ini berdasarkan ilmu biostastiska yang digunakan untuk menghimpun data fenomena kesehatan dari masyarakat dan memetakannya. Seperti epidemiolog, data yang dihimpun oleh seorang biostastisi sangat berguna untuk pengembangan di bidang kesehatan.

Dalam sepuluh tahun ke depan, peluang kerja profesi ini makin menjanjikan, lho! Ini karena ledakan jumlah penduduk pasti akan berimbas pada pola kesehatan masyarakat.

3. Promotor kesehatan

5 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat, Ternyata Banyak Dicari!timmyglobalhealth.org

Meski berada di bawah lingkup ilmu saintek, lulusan Kesehatan Masyarakat juga dibekali kemampuan manajemen dan pemasaran. Mereka akan berhadapan langsung dengan masyarakat, seperti melakukan sosialisasi dan tindakan persuasif lainnya.

Kemampuan ini bisa diaplikasikan oleh promotor kesehatan. Perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, akan banyak membutuhkan lulusan Kesehatan Masyarakat. Kegiatan promosi yang dilakukan pun beragam. Mulai dari produk hingga kampanye program kesehatan tertentu. Pekerjaan yang seru dan menantang buat millennial dan Gen Z, nih!

Baca Juga: 9 Jurusan Kuliah Sepi Peminat, Padahal Peluang Kerjanya Besar!

4. Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

5 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat, Ternyata Banyak Dicari!freepik/kalinovskiy

Ini dia profesi yang membuka peluang paling banyak bagi lulusan Kesehatan Masyarakat. Namanya adalah Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat atau Healthcare Administrator. Tugasnya adalah menganalisis kondisi di sekitar fasilitas kesehatan hingga merencanakan program yang lebih efektif dan berkualitas.

Kondisi yang dipantau olehnya meliputi fungsi layanan kesehatan, kinerja tenaga medis, hingga perekonomian masyarakat di sekitarnya. Healthcare Administrator tersebar di institusi pemerintah, rumah sakit, dan layanan kesehatan lainnya.

5. Staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja

5 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat, Ternyata Banyak Dicari!pexels/nappy

Siapa bilang lulusan Kesehatan Masyarakat hanya bisa bekerja di bidang kesehatan? Hampir semua perusahaan membutuhkan Sarjana Kesehatan Masyarakat untuk mengisi bagian K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Tugas bagian ini adalah merancang sistem dan prosedur kerja yang aman serta menyejahterakan pekerja. Selain itu, staf K3 juga bertugas menganalisis risiko bahaya atau kecelakaan yang mungkin terjadi berikut langkah-langkah penanganannya.

Ternyata, peluang kerja lulusan Kesehatan Masyarakat luas juga ya? Buat kamu yang sedang menempuh pendidikan di program studi ini, profesi nomor berapa yang paling menarik?

Baca Juga: 6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Just For You