Comscore Tracker

Awas, 5 Ekspektasi Ini Bikin Kamu Gak Bahagia di Tempat Kerja Baru

Gak bagus buat kesehatan mentalmu, lho

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan seseorang ingin pindah tempat kerja. Pastinya ingin mendapat yang lebih baik, tapi jangan sampai ekspektasi ini menjadi jebakan merugikan. 

Seperti lima hal berikut ini, ekpektasi yang berlebihan bisa bikin kamu gak bahagia di kantor baru nantinya. Yuk, simak agar bisa kamu antisipasi sebelum memutuskan pindah tempat kerja.

1. Merasa sudah berpengalaman, kamu mengharap kenaikan gaji

Awas, 5 Ekspektasi Ini Bikin Kamu Gak Bahagia di Tempat Kerja BaruUnsplash/Nick Pampoukidis

Harus diakui, gaji masih menjadi alasan utama mayoritas orang ingin pindah tempat kerja. Bagi yang sudah memiliki masa kerja di atas dua tahun, ada harapan bisa mendapat kenaikan gaji di tempat kerja yang baru. Apalagi jika kamu mengisi posisi yang sama atau mirip dengan tempat kerja sebelumnya.

Tapi jangan terlalu fokus pada besaran gaji. Ekspektasi ini bisa membuatmu gak nyaman bekerja di tempat yang baru. Lakukan saja yang terbaik.

2. Atasan yang lebih menyenangkan

Awas, 5 Ekspektasi Ini Bikin Kamu Gak Bahagia di Tempat Kerja BaruPexels/Christina Morillo

Alasan lain yang biasanya mendasari karyawan ingin pindah kerja adalah hubungan kurang baik dengan atasan. Tapi bukan berarti di tempat kerja baru bakal mendapatkan atasan yang lebih menyenangkan, lho.

Terlalu mengharapkan hal ini gak baik untuk dirimu. Masalah dengan atasan bisa terjadi di mana pun tempatmu bekerja. Justru momen mendapat pekerjaan baru bisa dimanfaatkan untuk menciptakan suasana kerja yang lebih baik.

3. Hubungan nyaman dengan rekan kerja

Awas, 5 Ekspektasi Ini Bikin Kamu Gak Bahagia di Tempat Kerja Baruunsplash/campaign_creator

Setelah gaji dan sikap atasan, hubungan dengan rekan kerja juga sering menjadi alasan di balik keputusan karyawan ingin pindah tempat kerja. Jika hal ini yang mendasarimu mencari pekerjaan baru, coba pikirkan ulang deh.

Selagi masalahnya bisa dibicarakan baik-baik, sebaiknya pertahankan pekerjaanmu saat ini. Libatkan atasan atau rekan kerja lain untuk membantumu menguraikan masalah.

Pindah tempat kerja gak menjamin kamu terbebas dari masalah serupa, lho. Namanya bertemu hampir setiap hari, berinteraksi, bekerja bersama, pasti akan selalu ada potensi masalah yang bisa terjadi.

Baca Juga: 8 Tipe Karyawan Baru Menurut Golongan Darahnya, Kamu yang Mana?

4. Kenaikan jabatan

Awas, 5 Ekspektasi Ini Bikin Kamu Gak Bahagia di Tempat Kerja Barupexels/rawpixel.com

Beberapa orang memutuskan pindah kerja karena ingin mendapat kenaikan jabatan. Biasanya karyawan dengan masa kerja di atas lima tahun yang memikirkan hal ini.

Tempat kerja saat ini dianggap stuck, jenjang kariernya seperti jalan di tempat. Ada harapan jika berpindah ke perusahaan baru yang bergerak di bidang serupa, pengalaman kerjamu bisa dipertimbangkan untuk posisi yang lebih tinggi.

Sebaiknya jangan gegabah. Mungkin jenjang kariermu nampak jalan di tempat, belum ada kenaikan jabatan yang berarti. Tapi coba perhatikan fasilitas lain yang kamu dapatkan selama bekerja di sana, ada peningkatan gak setiap tahunnya?

Perusahaan punya berbagai cara, lho dalam mengapresiasi kinerja karyawannya.

5. Kesan lebih bergengsi

Awas, 5 Ekspektasi Ini Bikin Kamu Gak Bahagia di Tempat Kerja BaruPexels/Minervastudio

Nah, ini dia alasan ingin pindah kerja yang kini sering dirasakan para karyawan millennial. Ada keinginan untuk mendapatkan pekerjaan atau tempat kerja yang lebih bergengsi.

Masih banyak anak muda yang beranggapan bahwa gengsi sangat memengaruhi eksistensi. Ada kebanggaan tersendiri ketika bisa bekerja di perusahaan yang sudah punya nama besar. Kamu juga memikirkan hal ini gak?

Gak ada salahnya, kok ingin mendapat pekerjaan yang lebih baik dan bergengsi. Tapi jangan terlalu fokus pada hal ini. Bekerja di mana pun asal dilakukan dengan sebaik-baiknya, kelak bakal membuatmu dikenal hebat di mata banyak orang.

Sedang kepikiran ingin pindah tempat kerja? Ngaku, deh harapan nomor berapa yang paling sering muncul di benakmu?

Baca Juga: Hari Pertama Kerja, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Jadi Karyawan Baru

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You