Comscore Tracker

Sering Disalahartikan, Justru Ini 5 Tanda Atasan Menyukai Kinerjamu

Ternyata maksudnya begini

Ada banyak hal yang memengaruhi kenyamanan karyawan di kantor, salah satunya adalah sikap atasan. Bos yang bersikap kaku akan menciptakan suasana kurang nyaman. Apalagi di masa sekarang, saat generasi millennial makin banyak mengisi formasi karyawan di berbagai sektor usaha.

Tapi di balik sikap atasan yang kadang kurang menyenangkan, sebenarnya ada beberapa tanda bahwa ia menyukai kinerjamu. Karyawan yang kadung kesal dan merasa dirugikan sering menyalahartikan sikap atasan.

Biar gak salah paham, simak deh lima sikap atasan yang sebenarnya menunjukkan kepuasan terhadap kinerjamu.

1. Menelepon di luar jam kerja untuk membahas pekerjaan

Sering Disalahartikan, Justru Ini 5 Tanda Atasan Menyukai Kinerjamuunsplash/ Taylor Grote

Kesal gak, sih kalau atasan tiba-tiba menelepon di luar jam kerja? Apalagi di saat kamu beristirahat, atau pada hari libur yang sedang kamu nikmati bersama orang-orang tersayang.

Pembicaraannya pun serius, membahas masalah pekerjaan yang menurutmu bisa dibahas nanti saat di kantor. Tunggu dulu jangan langsung larut dalam rasa kesal, justru sikap ini bisa jadi tanda atasan menyukai kinerjamu.

Dia melihatmu sebagai sosok yang bisa diandalkan. Wajar jika kamu menjadi orang pertama yang dia hubungi saat terjadi hal genting. Apalagi jika masalah itu berhubungan dengan divisimu.

2. Memberikan pekerjaan tambahan di luar divisimu

Sering Disalahartikan, Justru Ini 5 Tanda Atasan Menyukai KinerjamuPexels/Startup Stock Photos

Sikap atasan yang satu ini gak kalah menyebalkan. Tiba-tiba dia memberi tugas tambahan yang sebenarnya bukan bagian divisimu.

Sebelum bertambah kesal, coba tanya ke dirimu sendiri, “Apakah kamu mampu mengerjakan tugas yang diberikan?” Jika jawabannya mampu, maka atasanmu pun beranggapan yang sama.

Dia melihatmu sebagai sosok yang serba bisa. Menguasai beberapa hal di luar jobdesc-mu dan bisa mengerjakannya dengan baik. Mungkin bukan pujian yang terlontar darinya, tapi kepercayaan yang diberikan kepadamu sudah lebih dari pujian.

3. Selalu meninggalkan pesan saat akan dinas ke luar

Sering Disalahartikan, Justru Ini 5 Tanda Atasan Menyukai Kinerjamufreepik/prostooleh

Kamu bukan sekretaris, bukan juga petugas keamanan, api atasanmu selalu pamit dan meninggalkan pesan sebelum dia berangkat dinas ke luar. Merasa aneh, gak?

Bukan bermaksud memberimu tugas atau tanggung jawab baru, justru sikap ini menandakan bahwa kamu adalah sosok spesial di matanya.

Kamu termasuk orang yang dipercaya untuk mengetahui jadwal kegiatannya. Barangkali nanti ada orang yang datang untuk mencarinya, atasanmu percaya bahwa kamu bisa menjelaskan dengan baik ke mana dia pergi.

Baca Juga: 5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerja

4. Mendiskusikan masalah perusahaan yang gak ada kaitannya dengan divisimu

Sering Disalahartikan, Justru Ini 5 Tanda Atasan Menyukai Kinerjamupexels.com/nappy

Gak ada angin gak ada hujan, tiba-tiba atasan mengajakmu berdiskusi tentang masalah perusahaan. Mengherankannya lagi, masalah yang dibahas gak ada kaitannya dengan divisimu. Wah, pertanda apa, nih?

Jajaran direksi dan kepala bagian biasanya menyeleksi orang-orang yang berkesempatan mengetahui rahasia perusahaan. Gak semua karyawan bisa tahu masalah apa yang sedang dihadapi perusahaan.

Jika kamu termasuk orang yang mendapat kesempatan ini, berarti atasan sudah menganggapmu spesial. Gimana, senang gak?

5. Banyak memberi kritik dan saran untukmu

Sering Disalahartikan, Justru Ini 5 Tanda Atasan Menyukai Kinerjamufreepik/senivpetro

Apa yang kamu rasakan ketika atasan sering memberi kritik dan saran? Mungkin sebagian besar merasa gerah, menganggap atasan seperti mencari-cari cela dari kinerjamu.

Tunggu dulu, bedakan mana kritik mana celaan. Amati dengan baik bagaimana cara atasan mengatakannya padamu. Justru sering memberi kritik dan saran artinya dia memperhatikan kinerjamu, lho.

Dia peduli dengan hasil kerja dan kondisimu di kantor. Kalau bukan karena peduli, mana mungkin orang penting di perusahaan sering menghampirimu hanya untuk memberi kritik dan saran.

Ternyata berpikir positif di tempat kerja sangat penting untuk dilakukan. Kalau pikiranmu dipenuhi nuansa negatif, pasti gak bakal ketebak maksud baik di balik lima sikap atasan di atas.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Meski CV Masih Kosong Pengalaman

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You