Comscore Tracker

Eksplorasi 5 Hal Ini Agar Hidupmu Tak Hanya Jalan di Tempat

Kesuksesan itu dijemput, bukan ditunggu

Ketidakpastian sekaan telah menjadi teman akrab, terlebih selama pandemi berlangsung. Namun, roda kehidupan masih terus berjalan begitu dinamis, membawa banyak perubahan yang terjadi dalam waktu sekejap. 

Apalagi, saat ini mungkin kamu baru saja memasuki dunia kuliah atau kerja, pasti terdapat begitu banyak perubahan yang mengagetkan mental dan bikin kamu panik. Tenang, no need to worry guys.

Alih-alih merasa tertinggal daripada yang lain, IDN Times sudah menyiapkan lima tips yang bisa kamu terapkan untuk upgrade kualitas diri agar hidupmu tak hanya jalan di tempat. Keep scrolling sampai tuntas, ya!

1. Mencoba tapi gagal adalah hal yang wajar

Eksplorasi 5 Hal Ini Agar Hidupmu Tak Hanya Jalan di TempatIlustrasi merasa lelah bekerja. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Setiap orang pasti mengharapkan jalan yang mulus dan hasil yang memuaskan, kan? Namun, mematok target atau ekspektasi yang terlalu tinggi justru lebih berisiko. Jika kelak di kemudian hari menemui hambatan atau kegagalan, rasa kecewanya bakal lebih mendalam.

Jika kamu pernah mengalami masa sulit, jangan buru-buru menyerah dan merasa terpuruk. Mencoba lalu mengalami kegagalan adalah hal yang wajar, jauh lebih baik ketimbang gak pernah berani mencoba sama sekali.

Baca Juga: 6 Tips Kembangkan Diri untuk Upgrade Karier, Wajib Tahu! 

2. Puaskan rasa ingin tahumu

Eksplorasi 5 Hal Ini Agar Hidupmu Tak Hanya Jalan di TempatIlustrasi bekerja dengan laptop. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Agar hidupmu tidak terasa seperti jalan di tempat, beranikan diri untuk memuaskan rasa ingin tahumu. Pelajari hal-hal yang punya daya tarik tersendiri bagimu. 

Memuaskan rasa ingin tahu bisa membuat kita mempelajari banyak hal baru. Dalam prosesnya, kita bisa mendapat pengetahuan dan wawasan baru di luar hal-hal yang sedang kita pelajari. 

Kamu juga berpeluang bertemu beberapa sosok inspiratif saat menggali informasi. Banyak peluang bagus yang bakal terbuka lebar jika kamu aktif bergerak.

3. Perluas circle pertemanan untuk berkolaborasi

Eksplorasi 5 Hal Ini Agar Hidupmu Tak Hanya Jalan di TempatIlustrasi kerja tim. (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memperluas jaringan pertemanan adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Semakin banyak orang yang kita kenal dan temui, makin banyak hal menarik yang bisa kita pelajari dari mereka.

Punya circle pertemanan yang luas memudahkan kita untuk menjalin kolaborasi, lalu menghasilkan karya atau sesuatu yang lebih besar. Kita bisa bertukar informasi dengan mereka, memadukan bakat dan kemampuan yang berbeda dari tiap orang, lalu berkolaborasi menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani saat membuka Seminar Tingkat Tinggi dengan tajuk Strengthening Global Collaboration for Tackling Food Insecurity, sebagai bagian dari Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20 ketiga pada 11-17 Juli 2022 di Bali.

Kolaborasi antar negara dan organisasi internasional sangat diperlukan untuk mengatasi beberapa masalah kesejahteraan di seluruh dunia, seperti kemiskinan dan kerentanan pangan sebagai dampak dari pandemik.

4. Jangan terlalu lama menunggu

Eksplorasi 5 Hal Ini Agar Hidupmu Tak Hanya Jalan di TempatMenteri Keuangan menghadiri Seminar Tingkat Tinggi Strengthening Global Collaboration for Tackling Food Insecurity (Dok. Kemenkeu)

Musuh besar saat ingin memulai atau mencoba hal baru adalah rasa ragu. Keraguan dan kekhawatiran seringnya muncul dari dalam diri sendiri, yang membuat kita jadi takut melangkah. Banyak orang yang menunda atau batal menjalankan rencana karena hal ini.

Cobalah untuk lebih bergegas dan berani, jangan menunggu terlalu lama sampai merasa siap. Kesiapan bisa dibangun sambil berproses, kok. Mungkin kamu bisa memulai dengan langkah kecil atau rencana-rencana jangka pendek agar gak membebani diri sendiri.

Seminar Tingkat Tinggi yang berjudul Strengthening Global Collaboration for Tackling Food Insecurity pun mengusung prinsip yang sama. Jangan menunggu terlalu lama, kolaborasi antar negara dan organisasi internasional harus dilakukan secepatnya. Tantangan terhadap ekonomi global masih akan terus berlanjut, sehingga semua pihak yang terkait harus bergerak cepat.

Diskusi tingkat tinggi ini dimaksudkan untuk mendorong pembentukan sistem kolaborasi dan kerja sama global, untuk mengatasi masalah ketahanan pangan dan isu-isu terkait, di bawah Kepresidenan G20 Indonesia.

5. Tak usah merasa malu jika berbeda dengan yang lain

Eksplorasi 5 Hal Ini Agar Hidupmu Tak Hanya Jalan di TempatIlustrasi kekompakan. (Pexels.com/fauxels)

Poin yang gak kalah penting adalah jangan merasa malu untuk menjadi berbeda dengan yang lain. Beranikan diri menunjukkan sisi unikmu dan mengeksplor gagasan yang berbeda dengan orang-orang di sekitarmu.

Pemikiranmu yang berbeda ini bisa memberi warna baru bagi lingkungan sekitarmu. Tentu tantangannya akan lebih berat ketika melakukan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan orang. Namun ada sisi baiknya, keberanian dan kegigihanmu bisa jadi inspirasi positif bagi beberapa orang di sekelilingmu.

Gimana, siap jadi versi diri yang lebih baik dengan mengeksplor lima hal di atas? Jaga semangatmu, ya! (WEB)

Baca Juga: Kemenkeu dan Kemenkes Hadir di Pertemuan G20 JFHTF Ke-4

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya