Comscore Tracker

Ciptakan Peluang Kerja, Jobs.id Segera Gelar Job Fair Online Juni Ini!

#IDNTimesLife Kesempatan buat kamu nih

Di masa pandemik COVID-19 banyak masyarakat yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena adanya restriksi perusahaan. Meningkatnya angka pengangguran, juga membuat kebutuhan masyarakat akan lapangan kerja baru turut meningkat.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Jobs.id sebagai salah satu job portal di Indonesia, mengadakan acara bertajuk 'Jobs.id Virtual Week Session 2'. Kegiatan ini akan diselenggarakan secara daring pada 7-13 Juni mendatang.

Simak artikel berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait acara ini, ya!

1. Tingginya angka pengangguran di Indonesia melatarbelakangi diselenggarakannya 'Jobs.id Virtual Week Session 2'

Ciptakan Peluang Kerja, Jobs.id Segera Gelar Job Fair Online Juni Ini!Press Conference Jobs.id Virtual Week Session 2, Senin (31/05/2021) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Efisiensi kerja menjadi salah satu alasan berbagai perusahaan melakukan PHK. Hal ini menyebabkan banyaknya pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan baru. 

Jobs.id melalui virtual job fair akan menghubungkan pencari kerja dengan berbagai perusahaan. Hal ini juga sebagai bentuk komitmen Jobs.id untuk membantu masyarakat Indonesia memperoleh pekerjaannya kembali.  

Raynata, Vice President Director PT Qerja Manfaat Bangsa, dalam Konferensi Pers Jobs.id Virtual Week Session 2 (31/5/2021) mengatakan, “Jobs.id Virtual Week Session 2 diadakan sebagai dukungan atas program pemerintah dalam membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia, khususnya di masa pandemik COVID-19. Dengan menghadirkan berbagai lowongan pekerjaan, kami berharap dapat memberikan dampak sosial bagi seluruh masyarakat di Indonesia dengan menghadirkan kegiatan ini.”

2. #GerakanMencariKerja berupaya membantu masyarakat meraih pekerjaan impiannya

Ciptakan Peluang Kerja, Jobs.id Segera Gelar Job Fair Online Juni Ini!Press Conference Jobs.id Virtual Week Session 2, Senin (31/05/2021) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Gerakan ini akan menghubungkan pencari kerja dengan berbagai perusahaan yang ingin memenuhi kebutuhan tenaga kerja mereka. Gerakan ini juga akan membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pekerjaan sesuai dengan karier yang mereka impikan. 

Masih dalam acara yang sama, Geo Fany Suharwan, Head of Marketing and Product PT Qerja Manfaat Bangsa, mengutarakan, "Dengan #GerakanMencariKerja, kita ingin membangun satu gerakan atau kampanye di mana kita ingin membantu temen-temen kita yang sekarang mungkin kesulitan mendapat kerja karena adanya pandemik ini."

Bentuk kontribusi dari #GerakanMencariKerja adalah menghadirkan lebih dari 50 perusahaan dari berbagai segemen industri untuk ikut berpartisipasi, seperti Bank KB Bukopin, Bank Danamon, Ralali.com, Telkomsigma, AVANA Indonesia, Home Credit Indonesia, Orang Tua Group, Nippon Paint Indonesia, dan masih banyak lagi.

Tak sampai di situ, ada juga lebih dari 500 lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi untuk masyarakat usia 19-25 tahun. Dengan target 30ribu orang yang akan hadir, Jobs.id membuka peluang kerja untuk berbagai posisi yang tersedia di seluruh Indoensia.

Artiko Samudro, Chief Operational Officer PT Qerja Manfaat Bangsa, menambahkan, “Kami menghadirkan ratusan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan di berbagai sektor industri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia secara virtual, sehingga acara ini dapat diakses oleh seluruh pencari kerja yang tersebar di Indonesia.”

Baca Juga: Update Lowongan Kerja Terbaru di Perusahaan Marketplace Mei 2021

3. Tersedia berbagai fitur dan pengalaman baru bagi jobseeker dalam virtual job fair bersama Jobs.id

Ciptakan Peluang Kerja, Jobs.id Segera Gelar Job Fair Online Juni Ini!Press Conference Jobs.id Virtual Week Session 2, Senin (31/05/2021) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Jobs.id Virtual Week Session 2 memiliki rangkaian acara yang beragam dan menarik, mulai dari virtual job fair, virtual interview dengan perusahaan, live webinar dengan para profesional, serta flash vacancy.

Geo Fany menjelaskan, “Fitur-fitur ini dikemas secara digital guna memberikan pengalaman yang interaktif dan menarik, juga memudahkan para penyedia lowongan pekerjaan dan pencari kerja. Kami berharap para peserta dapat menemukan kandidat dan juga pekerjaan yang sesuai sehingga acara ini dapat memberikan dampak positif dan juga hasil yang berkualitas.”

Pengalaman tak biasa akan didapat pencari kerja yang mengikuti virtual job fair dengan Jobs.id. Ada fitur 3 Dimensi Virtual Booth yang memungkinkan HRD perusahaan untuk mengiklankan lowongan pekerjaan dan langsung mengakses CV para pelamar secara real time. Perusahaan juga bisa langsung melakukan live chat, video call, dan voice call untuk melakukan interkasi dengan HRD.

4. Flash vacancy jadi fitur baru yang membuka peluang kerja lebih besar dalam 'Jobs.id Virtual Week Session 2'

Ciptakan Peluang Kerja, Jobs.id Segera Gelar Job Fair Online Juni Ini!Press Conference Jobs.id Virtual Week Session 2, Senin (31/05/2021) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Flash vacancy menjadi fitur unik yang baru akan dibuka pada Jobs.id Virtual Week Session 2. Mengadaptasi konsep flash sale yang banyak dilakukan oleh e-commerce, Jobs.id menghadirkan flash vacancy sebagai terobosan baru dalam virtual job fair kali ini.

Flash vacancy akan membuka lowongan pekerjaan pada waktu tertentu secara terbatas. Kemudian, pelamar kerja akan melakukan tes yang diberikan oleh HR (Human Resources) perusahaan. Apabila skor kandidat memenuhi kriteria, maka kandidat tersebut berhak melanjutkan ke tahap rekruitasi berikutnya.

Geo menjelaskan bahwa flash vacancy memfasilitasi HR perusahaan untuk mendapatkan kandidat berkualitas dalam waktu yang singkat.

"Lowongan hanya akan dibuka 1-2 jam, pada jam tertentu. Pencari kerja harus cepat untuk lihat informasinya sebab ini limited seat. Jadi mungkin hanya 100-200 orang yang bisa apply ke satu perusahaan. Nah, ini yang dinamakan flash vacancy. Jadi, bener-bener HR akan melakukan screening ketat," katanya.

5. Jobs.id bantu mengedukasi melalui webinar untuk para pencari kerja

Ciptakan Peluang Kerja, Jobs.id Segera Gelar Job Fair Online Juni Ini!Press Conference Jobs.id Virtual Week Session 2, Senin (31/05/2021) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Tak hanya job fair, Jobs.id juga akan memberikan edukasi yang inspiratif melalui webinar sebagai bagian dari rangkaian acara. Ada 28 webinar dengan tema variatif yang akan mendorong jobseeker untuk meningkatkan peluang lolos tahap rekrutmen kerja.

Tersedia berbagai tema menarik yang menarik seperti public speaking, persiapan kerja, pengembangan diri, dan perkembangan industri. 

Sejumlah tokoh inspiratif akan mengisi acara ini, seperti Dea Goesti Rizkita (Runner-up 3 Puteri Indonesia 2017 dan Communication Practitioner), Guhfron Syarif (Pendiri Haus!), dan Handoko Hendroyono (Pendiri dan CEO M Bloc Space Creative Area).

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu tahu mengenai #GerakanMencariKerja dan Jobs.id Virtual Week Session 2. Acara ini terbuka untuk seluruh jobseeker di Indonesia, termasuk fresh graduate.

Bagi kamu yang berminat, bisa lalu mengakses acara ini melalui website www.jobs.id atau langsung melakukan pendaftaran pada link bit.ly/daftarjvw pada tanggal 24 Mei 2021. Gratis, lho!

Baca Juga: Daftar Lowongan CPNS 2021 yang Paling Sepi Peminat 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya