Comscore Tracker

Ingin Langsung Bekerja Setelah Wisuda? Lakukan 5 Trik Jitu Ini 

Pelajar dan mahasiswa wajib merapat

Setelah beberapa tahun menuntut ilmu, wisuda menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu mahasiswa. Kedua orangtua dan keluarga akan bangga karena anaknya mampu menyelesaikan kuliah dengan baik.

Namun, usai melepas toga, banyak yang merasa kebingungan akan mencari kerja di mana atau akan membuka usaha apa. Bagaimanapun juga, mencari kerja yang cocok bukanlah hal mudah jika tak dipersiapkan jauh-jauh hari. Yuk, lakukan lima trik jitu ini agar kamu bisa langsung bekerja setelah wisuda!

1. Ikut organisasi di kampus

Ingin Langsung Bekerja Setelah Wisuda? Lakukan 5 Trik Jitu Ini Pexels/Buro Millennial

Waktumu jangan dihabiskan untuk bermain game di kamar saja setelah seharian kuliah. Kamu harus membaur dengan mahasiswa lain dengan ikut organisasi dan unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Ada banyak UKM yang bisa kamu ikuti sesuai minat dan bakatmu, misalnya musik, tari, olahraga, kerohanian, fotografi, jurnalistik, hingga penelitian ilmiah. Kamu bisa belajar kerja sama tim, kepemimpinan, dan menambah koneksi yang nantinya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, lho!

2. Bangun jaringan selama kuliah

Ingin Langsung Bekerja Setelah Wisuda? Lakukan 5 Trik Jitu Ini Pexels/Fauxels

Jalin komunikasi yang baik dengan teman kampus, teman organisasi, teman di kos, bahkan dosen-dosen. Kamu gak tahu siapa yang kelak bakal memberimu informasi mengenai pekerjaan atau proyek yang bagus, kan?

Jangan ragu untuk menyapa kakak angkatan atau adik angkatan. Kamu juga bisa berkumpul dengan teman-teman yang memiliki minat yang sama denganmu. Bisa saja kalian akan sepakat membangun start-up impian, bukan?

Baca Juga: Lelah Kerja? 9 Cara Seimbangkan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

3. Kumpulkan portofolio selama masih kuliah

Ingin Langsung Bekerja Setelah Wisuda? Lakukan 5 Trik Jitu Ini Pexels/Anthony Shkraba

Kalau kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan, segera curi start dari mahasiswa lain. Caranya dengan mengumpulkan portofolio selama masih kuliah. Buatlah karya yang bagus secara konsisten.

Jika perlu, magang di perusahaan ketika libur panjang. Kini, banyak perusahaan yang menawarkan magang untuk mahasiswa melalui situs pencari kerja atau media sosial. Kalau pekerjaanmu di tempat magang dinilai bagus, beberapa perusahaan tak segan langsung memberi kontrak kerja ketika sudah lulus kuliah.

4. Serius selama mengikuti perkuliahan

Ingin Langsung Bekerja Setelah Wisuda? Lakukan 5 Trik Jitu Ini Pexels/Julia M Cameron

Sebagai mahasiswa, tugas utamamu adalah belajar. Oleh karena itu, belajarlah sungguh-sungguh dalam memahami materi yang disampaikan dosen. Jangan sampai kamu harus mengambil kursus keterampilan lagi setelah lulus kuliah karena saat kuliah kurang paham materinya.

Selain itu, semakin cepat menyelesaikan kuliah, semakin cepat kamu dapat bekerja. Kamu nggak mau dianggap sebagai “donatur kampus” gara-gara terlalu banyak membayar uang kuliah tetapi skripsi tak kunjung selesai?

5. Bekerja gak harus sejalan dengan jurusan kuliah

Ingin Langsung Bekerja Setelah Wisuda? Lakukan 5 Trik Jitu Ini Pexels/Ray Piedra

Kadang para sarjana terpaku untuk mencari pekerjaan sesuai jurusan kuliah. Padahal, untuk fresh graduate, gak selalu tersedia lapangan pekerjaan sesuai jurusan di perkuliahan.

Tak ada salahnya mulai dari bawah dulu untuk meniti karier. Meskipun gak berada di posisi yang kamu impikan, dengan bekal kemampuan dan koneksi, sedikit demi sedikit kamu dapat meraih posisi impianmu. 

Itulah lima kiat jitu yang bisa kamu lakukan agar cepat mendapatkan pekerjaan setelah wisuda. Semoga kamu dapat bekerja di perusahaan impian, ya!

Baca Juga: Ingin Kerja di Radio? 5 Lowongan Kerja Terbaru Ini Bisa Kamu Lamar!

Dita Restuti Photo Verified Writer Dita Restuti

Pengabdi Excel yang sedang mencari jati diri. Temukan lebih banyak di Instagram @ditarestuti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya