Comscore Tracker

Sepi Peminat, 5 Jurusan Kuliah Ini Justru Berpeluang Besar Jadi PNS

Bakal jadi idaman mertua nih!

Menjadi abdi negara merupakan salah satu profesi idaman di Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya antusias masyarakat yang mendaftar CPNS hingga menembus angka 5 juta jiwa. Gaji, tunjangan besar, jenjang karier jelas, hingga masa depan terjamin berkat dana pensiun tentu membuat kebanyakan orang mengidolakan jabatan ini.

Tak dapat dimungkiri jika persaingan untuk menduduki kursi CPNS sangat ketat. Namun, taukah kamu jika ada beberapa jurusan kuliah yang justru berpeluang besar untuk menjadi PNS? Apa saja jurusan tersebut? Yuk, simak!

1. Jurusan Tata Busana

Sepi Peminat, 5 Jurusan Kuliah Ini Justru Berpeluang Besar Jadi PNSPexels/Ray Piedra

Lulusan Tata Busana tak hanya dapat menjadi desainer baju saja, tapi berpeluang besar menjadi instruktur di Kementerian Perindustrian. Industri fashion di Indonesia berkembang pesat sehingga pemerintah banyak mengadakan pelatihan untuk karyawan-karyawan di perusahaan agar bersaing dengan SDM dari luar negeri.

Nah, lulusan Tata Busana inilah yang akan mengajar pelatihan-pelatihan dari Kementerian Perindustrian. Tak perlu ragu, gaji dan tunjangan untuk jabatan ini tergolong menggiurkan, lho!

2. Jurusan Kearsipan

Sepi Peminat, 5 Jurusan Kuliah Ini Justru Berpeluang Besar Jadi PNSPexels/Malte Luk

Beberapa kampus besar telah membuka jurusan Kearsipan. Sayangnya, banyak anak muda yang menganggap Jurusan Kearsipan kurang menarik dibandingkan Jurusan Ekonomi, Hukum, atau Teknik Industri. Padahal, banyak sekali lowongan CPNS yang dibuka untuk jurusan ini.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai arsiparis, pustakawan, atau analis berkas sengketa. Hampir di setiap kantor pemerintahan memiliki seorang arsiparis atau pustakawan sehingga peluangmu menjadi PNS lebih besar. Menarik, bukan?

Baca Juga: Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembali

3. Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan  

Sepi Peminat, 5 Jurusan Kuliah Ini Justru Berpeluang Besar Jadi PNSUnsplash/manny PANTOJA

Ilmu politik dan pemerintahan mempelajari tentang kebijakan dan politik dalam pemerintahan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan cita-citamu sebagai abdi negara.

Jika ingin lebih mudah menjadi PNS, kamu bisa mengambil jurusan ini. Kalau perlu, kamu bisa magang di kantor pemerintahan untuk menambah wawasan dan jaringan. Siapa tahu setelah lulus kuliah, kamu ditawari untuk bekerja di sana?

4. Jurusan Sastra Korea

Sepi Peminat, 5 Jurusan Kuliah Ini Justru Berpeluang Besar Jadi PNSasiasociety.org

Budaya dari Negeri Ginseng semakin digemari di seluruh dunia. Tak heran jika berbagai kampus membuka Jurusan Sastra Korea. Sayangnya, banyak yang ragu untuk masuk kuliah di jurusan ini karena tidak tahu prospek pekerjaannya di masa depan.

Meski belum banyak peminat, ternyata lulusan Sastra Korea bisa menjadi PNS, lho, khususnya bekerja di  Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai analis dan pengolah data di wilayah Asia Timur. Wah, keren banget bisa bekerja sebagai intelijen negara!

5. Jurusan Seni 

Sepi Peminat, 5 Jurusan Kuliah Ini Justru Berpeluang Besar Jadi PNSPexels/Anthony Shkraba

Siapa bilang lulusan Jurusan Seni hanya bisa jadi seniman? Ternyata, Jurusan Seni bisa menjadi analis di Badan Ekonomi Kreatif. Menariknya, masih sedikit seniman yang mengisi posisi ini saat pendaftaran CPNS. Kesempatan bagus nih!

Selain itu, kamu juga masih bisa terus berkarya di waktu senggangmu, lho! Bahkan, lulusan seni biasanya dipercaya untuk mengikuti proyek pembangunan karena memiliki selera yang bagus untuk desain interior maupun eksterior. Wah, cuan banget!

Meski sepi peminat, tak disangka jurusan-jurusan tersebut justru berpeluang besar menjadi PNS. Sayangnya, masih jarang orang yang tahu. Jika kamu bercita-cita ingin menjadi abdi negara, ini kesempatan emas untukmu!

Baca Juga: Kemendikbud Buka Peluang 1 Juta Guru Honorer Jadi PNS di 2021

Dita Restuti Photo Verified Writer Dita Restuti

Pengabdi Excel yang sedang mencari jati diri. Temukan lebih banyak di Instagram @ditarestuti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya